Cara Menggunakan WhatsApp di Laptop

Cara Menggunakan WhatsApp di Laptop

Pertama kali diluncurkan, sasaran utama WhatsApp adalah pengguna HP, khususnya Android. Tapi, semakin ke depan, WhatsApp sudah mulai bisa digunakan di laptop.

Saat WhatsApp hanya tersedia untuk HP saja, mungkin kita harus menggunakan emulator Android ya ketika hendak menggunakan WhatsApp di perangkat laptop.

Untuk saat ini, Anda benar-benar bisa menggunakan WhatsApp di laptop Windows 7, 8, ataupun 10 tanpa emulator apapun. Tertarik menggunakannya? Tenang, akan saya kupas tuntas!

Update: Karena beberapa alasan, saya memutuskan untuk menambahkan cara pada artikel ini yaitu menggunakan WhatsApp di laptop dengan emulator.

Cara Install WhatsApp di Laptop

Untuk menggunakan WhatsApp di laptop, Anda bisa menggunakan cara berikut ini:

WhatsApp Web

cara menggunakan wa di laptop dengan wa web

Pada cara pertama ini, Anda tidak perlu menginstall aplikasi karena yang digunakan adalah sebuah website. Anda hanya membutuhkan web browser seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox saja.

Cara menggunakan WhatsApp di laptop dengan WhatsApp Web adalah cara yang paling mudah dan efektif. Pasalnya, Anda hanya perlu melakukan scan barcode saja, setelah itu WhatsApp sudah bisa digunakan.

Untuk menggunakan WhatsApp Web, silahkan ikuti langkah berikut:

  1. Pertama, silahkan kunjungi website WhatsApp Web melalui browser Anda.
  2. Setelah itu, Anda akan melihat tampilan seperti gambar di bawah ini.
    cara menggunakan wa di laptop tanpa aplikasi
  3. Selanjutnya, buka aplikasi WhatsApp di HP Anda. Klik titik tiga di pojok kanan atas lalu pilih WhatsApp Web. Silahkan scan barcode yang ada pada website tadi.
    cara membuka whatsapp di laptop
  4. Jika proses scan berhasil, maka Anda sudah bisa menggunakan WhatsApp Web untuk mengirim pesan teks ataupun mengirim pesan media.
    cara install whatsapp di laptop
  5. Selesai.

Sekarang, Anda sudah bisa menggunakan WhatsApp di laptop tanpa aplikasi apapun, cukup menggunakan web browser saja. Bagaimana, sangat mudah, bukan?

Apakah Anda sudah tahu kalau dalam 1 HP bisa menggunakan 2 WhatsApp? Jika belum, buruan baca cara menggunakan 2 WhatsApp dalam 1 HP sekaligus.

Aplikasi WhatsApp

cara menggunakan wa di laptop tanpa wa web

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi WhatsApp. Saat ini, WhatsApp sudah resmi tersedia untuk laptop, baik itu Windows 8 dan Windows 10.

Mungkin ada yang bertanya, “Untuk laptop Windows 7 bisa atau tidak?” Berdasarkan keterangan website resmi WhatsApp, aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk Windows 8 ke atas.

Tapi tenang, nanti akan saya bagikan cara khusus untuk Anda yang ingin menggunakan WhatsApp di Windows 7.

Berikut adalah cara menggunakan aplikasi WhatsApp di laptop:

  1. Pertama, silahkan Anda kunjungi halaman download WhatsApp menggunakan browser.
  2. Setelah itu, silahkan Anda download aplikasi WhatsApp sesuai bit laptop Anda (32-bit atau 64-bit). Untuk mengetahuinya, silahkan baca cara mengetahui bit laptop.
    cara menggunakan whatsapp di laptop tanpa hp
  3. Setelah berhasil didownload, silahkan buka aplikasi tersebut dan secara otomatis akan melakukan instalasi dengan sendirinya.
  4. Jika proses sudah selesai, maka WhatsApp akan terbuka dan Anda akan menemui tampilan seperti gambar di bawah ini, mirip dengan WhatsApp Web sebelumnya.
    cara menggunakan whatsapp di windows
  5. Silahkan lakukan scan barcode melalui aplikasi WhatsApp di HP Anda.
    cara membuka whatsapp di laptop
  6. Setelah proses scan barcode selesai, maka Anda sudah bisa menggunakan aplikasi WhatsApp di laptop.
    cara install whatsapp di windows
  7. Selesai.

Nah, itulah cara menggunakan aplikasi WhatsApp di Windows 8 ataupun Windows 10. Lalu untuk Windows 7 bagaimana? Oke, silahkan simak caranya di bawah ini.

Ingin mendownload status WhatsApp punya teman? Bisa kok! Silahkan gunakan cara download status WhatsApp.

WhatsApp Windows 7

cara install whatsapp windows 7 32 bit

Secara resmi, aplikasi WhatsApp Windows memang hanya tersedia untuk versi Windows 8 dan Windows 10 saja, sedangkan untuk Windows 7 memang tidak tersedia.

Namun, banyak pengguna Windows yang sudah mencoba menginstall WhatsApp di Windows 7 dengan hasil yang berbeda-beda, ada yang berhasil dan ada yang gagal.

Berdasarkan pengalaman saya, aplikasi WhatsApp hanya bisa diinstall pada Windows 7 64-bit saja. Sedangkan untuk Windows 7 32-bit akan mengalami error.

Spesifikasi Windows yang saya gunakan untuk menginstall WhatsApp adalah Windows 7 Ultimate Service Pack 1 64-bit. Bagi Anda yang hendak menginstall WhatsApp di Windows 7, saya sarankan Anda menggunakan Windows 7 64-bit.

Untuk mengetahui spesifikasi Windows 7 yang Anda gunakan, silahkan ikuti langkah berikut:

  1. Pertama, klik icon Start di pojok kiri bawah lalu cari ketikkan System.
    cara menggunakan whatsapp di windows 7
  2. Setelah itu, Anda akan melihat spesifikasi Windows 7 yang Anda gunakan.
    cara install whatsapp di windows 7
  3. Selesai.

Jika Anda sudah menggunakan Windows 7 64-bit, maka Anda bisa mengikuti langkah ini. Bagi yang menggunakan Windows 7 32-bit, saya kurang tahu apakah bisa atau tidak, karena pengalaman saya adalah berhasil menginstall WhatsApp di Windows 7 64-bit.

Untuk menginstall WhatsApp di Windows 7, silahkan ikuti langkah berikut:

  1. Pertama, silahkan Anda kunjungi halaman download WhatsApp.
  2. Setelah itu, Anda akan melihat tampilan download seperti gambar di bawah ini. Tampilannya memang berbeda dengan saat Anda membuka website tersebut dengan Windows 8 ataupun 10. Silahkan download yang saya tandai.
    cara membuka whatsapp di windows 7
  3. Setelah berhasil didownload, silahkan buka aplikasi WhatsApp tersebut. Caranya, klik kanan pada aplikasi WhatsApp lalu pilih Run as Administrator, jika muncul jendela silahkan pilih Yes.
    whatsapp windows 7
  4. WhatsApp akan melakukan instalasi secara otomatis, silahkan tunggu. Setelah selesai, maka WhatsApp akan terbuka. Untuk tampilannya memang berbeda dengan WhatsApp Windows 8 ataupun Windows 10.
    aplikasi whatsapp untuk windows 7
  5. Terakhir, silahkan scan barcode yang ada pada aplikasi WhatsApp Windows 7 dengan HP. Klik titik tiga pada pojok kanan atas > pilih WhatsApp Web lalu scan barcode.
    cara membuka whatsapp di laptop
  6. Selesai.

Nah, sekarang Anda sudah bisa menggunakan WhatsApp di laptop Windows 7. Oh ya, Anda juga bisa mengganti background pada WhatsApp laptop ini loh. Tapi sayang, Anda belum bisa ganti tema WhatsApp seperti versi Androidnya.

Penting: Tidak semua laptop Windows 7 bisa menginstall aplikasi WhatsApp, saya juga kurang tahu apa penyebabnya. Namun, berdasarkan pengalaman saya, WhatsApp bisa diinstall pada Windows 7 64-bit.

Emulator (Tanpa HP)

emulator android untuk install whatsapp

Sebenarnya ada banyak emulator Android yang bisa Anda gunakan. Namun, dalam artikel ini saya akan menggunakan BlueStcks saja.

Kelebihan menggunakan emulator Android adalah Anda bisa menggunakan WhatsApp di laptop tanpa HP apapun. Selain itu, Anda juga bisa video call WhatsApp di laptop layaknya menggunakan Android.

Jika Anda tertarik, silahkan ikuti langkah berikut:

  1. Silahkan download BlueStacks terlebih dahulu.
  2. Setelah didownload, buka aplikasinya dan Anda akan melihat tampilan seperti ini. Silahkan klik Install now untuk memulai instalasi. Dalam tahap ini, Anda akan mendownload data sebesar 534 MB.
    cara install whatsapp di laptop dengan emulator
  3. Tunggu sampai proses instalasi selesai. Jika sudah, silahkan login menggunakan akun Google Anda. Langkah ini harus dilakukan agar bisa mendownload aplikasi WhatsApp.
    cara menggunakan whatsapp di laptop dengan bluestacks
  4. Setelah berhasil login, silahkan buka Google Play Store dan cari WhatsApp Messenger. Silahkan install WhatsApp tersebut dan tunggu sampai selesai.
    cara install whatsapp di laptop dengan bluestacks
  5. Jika sudah selesai, langsung buka WhatsApp tersebut. Silahkan lakukan pendaftaran seperti daftar WhatsApp di HP.
    whatsapp laptop
  6. Setelah Anda melakukan pendaftaran, sekarang Anda sudah bisa menggunakan WhatsApp tersebut.
    aplikasi whatsapp laptop
  7. Selesai.

Nah, itulah beberapa cara menggunakan WhatsApp di laptop. Silahkan pilih cara yang menurut Anda mudah dan bisa dipraktikkan di laptop Anda.

Khusus pengguna Windows 7 yang gagal menginstall aplikasi WhatsApp, silahkan gunakan WhatsApp Web saja, atau bisa juga menggunakan emulator Android yang 100% berhasil.

Mungkin cukup sekian artikel yang bisa saya sampaikan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu Anda dalam menginstall WhatsApp di laptop.

Featured Image Credit:
Icon dibuat oleh Smashicons dari www.flaticon.com
Dimodifikasi oleh penulis.

Sekadar bocah dari Magelang, Jawa Tengah yang suka dengan komputer dan menulis blog.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *