Cara Mengatasi Laptop Hang

Cara Mengatasi Laptop Hang

Laptop merupakan computer portable yang simple untuk dibawa ke mana saja dan sangat berguna dalam menunjang berbagai macam pekerjaan. Mulai dari pekerjaan kantor, tugas sekolah atau kuliah, bahkan untuk berjualan secara online.

Oleh karena itu, ketika terjadi masalah saat laptop digunanakan seperti tiba-tiba nge-hang tentu saja akan sangat menghambat pekerjaan-pekerjaan. Maka dari itu, perlu dicari cara mengatasi laptop hang supaya pekerjaan kembali lancar.

Apalagi di zaman yang semakin modern ini game-game online pun semakin menarik dan menantang untuk dijajaki. Oleh karena itu kadang kita lupa berapa kapasitas laptop kita dan memasukkan aplikasi-aplikasi yang semakin memberatkan laptop.

Seperti koleksi game yang memiliki memory yang lumayan besar. Sehingga kinerja laptop menjadi lemot, dan aplikasi yang benar-benar kita butuhkan untuk pekerjaan malah terganggu.

Laptop hang memang tidak selalu harus laptop lama atau baru karena kadang laptop baru pun akan mengalami hang. Tentu saja karena ada yang salah baik dari program software laptop itu sendiri.

Biasanya dikarenakan software yang tidak support dengan kapasitas laptop itu sendiri atau RAM yang terlalu kecil. Bagaimana cara mengatasi laptop hang karena pemasangan aplikasi software yang tidak support agar bisa dapat digunakan kembali?

Laptop hang biasanya terjadi pada Windows 8 atau Windows 10. Tidak aneh pastinya bagi pemakai Windows 8 atau Windows 10 akan mengalami bagaimana rasanya laptop tiba-tiba nge-hang. Untuk mengetahui kenapa laptop tiba-tiba hang, maka harus dicari dulu apa penyebabnya.

Penyebab Laptop Hang

Berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan laptop menjadi sering hang:

#1. Minimnya Memory

Karena kecilnya RAM yang terdapat pada laptop, sebelum menginstal ini-itu lebih baik di cek dulu berapa kapasitas RAM yang dimiliki oleh laptop kita. Jangan sampai aplikasi yang di terapkan menjadi beban dan masalah dan memberatkan kinerja laptop. Sehingga ketika dipakai laptop tiba-tiba saja hang. Ada baiknya apabila kita upgrade memory supaya memiliki kapasitas yang lebih besar.

#2. Terlalu Banyak Aplikasi

Masih berhubungan dengan poin pertama, dengan banyaknya aplikasi yang terinstal di laptop membuat memory menjadi penuh sehingga laptop menjadi berat. Oleh karena itu, seleksi aplikasi mana saja yang benar-benar diperlukan dan yang tidak terlalu penting. Supaya beban pada memory laptop menjadi lebih ringan.

#3. File Temporary yang Terlalu Lama Disimpan

Terlalu banyak file temporary yang lama tersimpan pun menjadi salah satu penyebab laptop menjadi hang. Sebaiknya selalu cek file-file yang kira-kira tersimpan lama di memory laptop dan selalu membersihkannya, sehingga tidak mengganggu kinerja laptop.

Jika sudah terlanjur mengganggu kinerja laptop, maka Anda harus segera melakukan tindakan. Sebagai referensi, Anda bisa membaca cara mempercepat kinerja laptop Windows.

#4. Banyak Program dan Service yang Sedang Berjalan

Ini juga menjadi salah satu penyebab kenapa laptop selalu tiba-tiba hang. Dengan banyaknya progam yang berjalan di laptop tentu saja akan membuat laptop kita “lelah” bekerja sehingga membuatnya lemot dan tiba-tiba hang.

Untuk menonaktifkan program-progam atau aplikasi yang sedang berjalan missal pada Windows 10, buka task manager dan arahkan ke startup. Di sana akan muncuk beberapa program atau aplikasi yang sedang berjalan, lihat statusnya, apabila tertulis enable, maka kita klik saja menjadi disable. Begitu seterusnya sampai program yang ingin dinonaktifkan menjadi nonaktif semua.

#5. Terdapat Virus Malware atau Spyware

Bukan hal aneh memang apabila laptop kita terkena virus yang dapat menggangu kinerja laptop. Biasanya terdapat virus malware yang menyerag pada sistem. Oleh karena itu, ada baiknya menggunakan Windows Safe Mode.

Fasilitas System Restore dimatikan saja dan gunakanlah program pembersih virus untuk menghapus virus-virus yang ada pada laptop. Selain itu lakukanlah update pada sistem operasi dan kenali juga jenis virus komputer berbahaya.

#6. Adanya Corrupt Pada Files

Hal ini juga mejadi salah satu penyebab laptop menjadi sering hang. Ketika laptop pernah atau sedang terimfeksi virus, dan menyerang file-flie yang terdapat didalamnya maka file-file tersebut akan rusak dan bahkan menghilang.

Oleh karena itu, hal yang harus dilakukan adalah dengan merepair sistem operasi yang biasa digunakan. Hal ini tentu berbeda dengan file biasanya yang bisa diatasi dengan cara memperbaiki rar corrupt.

#7. Banyaknya Program Antivirus/Security Program

Untuk memproteksi laptop dari bahaya virus yang masuk memang dibutuhkan security program atau program antivirus. Namun, apabila terlalu banyak program antivirus yang digunakan dalam sekali waktu, malah akan membuat kinerja laptop menjadi ekstra dan banyaknya program berjalan.

Maka hal inilah yang membuat laptop tiba-tiba hang. Oleh karena itu, pakailah program antivirus yang sesuai dengan kebutuhan dan selalu update program antivirus agar tetap aktif memproteksi laptop dari serangan virus.

Bagi pengguna Windows 10 yang sebelumnya pernah menonaktifkan Windows Defender, alangkah lebih baiknya diaktifkan lagi saja. Soalnya antivirus tersebut sudah bisa dikatakan cukup untuk memproteksi file Anda.

#8. Terdapat Masalah Pada Harddisk

Bukan hanya dari aplikasi atau program pada laptop saja yang menjadi masalah laptop hang. Masalah bisa juga terjadi karena adanya kesalahan pada hardisk laptop itu sendiri. Beberapa diantaranya karena space pada hardisk terlalu sedikit sedangkan aplikasi yang terinstal ada banyak.

Cara mengatasi laptop hang karena sebab ini adalah dengan mengupgrade hardisk bisa dengan mnggantinya atau dengan menambah kapasitasnya. Kemudian melakukan defragmameter pada hardisk secara berkala.

Satu hal lagi yang penting adalah menghindarkan hardisk dari guncangan yang keras, panas, dan juga debu agar hardisk tidak cepat rusak. Namun, jika sudah terlanjur rusak, Anda bisa membaca artikel cara memperbaiki hardisk rusak.

#9. Terdapat Masalah Pada Konektivitas Jaringan

Traffic jaringan yang tinggi dapat menjadikan laptop hang atau adanya virus yang mencoba masuk ke sistem laptop. Cara untuk mengatasinya adalah dengan merestart switch/hub dan gunakan port scanner guna melihat data apa saja yang saat ini keluar dan masuk dari laptop.

#10. Hardware yang Overheat

Ini merupakan masalah yang seringkali terjadi dan menjadi penyebab laptop menjadi hang. Masalah hardware yang overheat bisa terjadi pada CPU, processor, hardisk, dan VGA Card. Hal ini secara umum dapat memberatkan laptop sehingga menurunkan kinerja laptop itu sendiri yang akhirnya laptop menjadi hang. Dan bahkan sering juga karna terlalu overheat laptop akan tiba-tiba merestart sendiri.

Oleh karena itu, selalu pastikan suhu laptop dalam keadaan stabil dengan cara memakaikan fan atau kipas angina khusus laptop supaya bagian CPU mendapatkan sirkulasi udara yang cukup dan dapat berjalan dengan baik. Sehingga kinerja laptop dapat bekerja secara optimal. Selain itu, jaga laptop dari debu dan kotoran juga.

Cara Mengatasi Laptop Hang Saat Baru Dinyalakan

Saat menggunakan computer atau laptop, hal yang sangat dihindari saat pemakaian yaitu lambat, lemot, macet atau Hang. Adanya masalah itulah bisa menjadikan masalah lain yang akan ditimbulkan.

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, penyebab laptop menjadi hang bisa diakibatkan oleh banyak hal. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa memperkecil kemungkinan tersebut dengan mengetahui beberapa penyebab utamanya.

Laptop yang hang ini bisa terjadi karena adanya masalah software, hardware, hardisk hingga kerusakan pada windowsnya juga bisa bisa pemicunya. Gejala awal laptop yang tiba-tiba hang (biasanya) adalah laptop restart lama.

Lalu, bagaimana cara mengatasi laptop ngehang ini?

Masuk ke Safe Mode

Jika sistem operasi yang digunakan pada laptop Anda merupakan sistem operasi Windows, maka salah satu cara memperbaiki laptop hang saat baru dinyalakan yaitu dengan masuk pada safe mode.

Safe mode sendiri menjadi opsi menyalakan sistem operasi yang hanya menggunakan driver maupun aplikasi khusus supaya bisa merestorasi atau mengembalikan windows.

Dengan memasuki safe mode, terkadang bisa menjadi cara yang tepat untuk menyelesaikan masalah laptop ngehang. Terlebih jika disebabkan karena driver yang tidak cocok atau terjadi kerusakan pada file windows.

Uninstall Driver yang Tidak Cocok

Penyebab laptop hang bisa dikarenakan driver yang tidak cocok dengan jenis sistem operasi maupun perangkat keras yang terinstal pada laptop Anda yang menyebabkan kendala saat baru dinyalakan. Untuk itu, cara memperbaiki laptop yang hang yang bisa Anda lakukan yakni dengan menguninstall driver yang sekiranya tidak cocok dari laptop Anda.

Hal yang perlu Anda lakukan supaya bisa terhindar masalah ini yakni Anda perlu mengetahui bit laptop yang sesuai dengan driver, baca juga ya cara melihat bit laptop. Dan untuk menemukan driver yang cocok Anda bisa melihat pada Device Manager.

Install Ulang Sistem Operasi

Jika laptop sering hang disertai dengan munculnya pesan-pesan error yang menunjukkan bahwa windows Anda mengalami kerusakan karena terdapat file yang corrupt atau semacamnya, maka hal tersebut menandakan Anda perlu melakukan perbaikan pada file windows tersebut.

Jika Anda memiliki pernah melakukan backup system, mungkin Anda bisa merestorenya. Namun, jika Anda belum pernah melakukannya, maka langkah yang harus Anda lakukan adalah menginstall ulang sistem operasi.

Proses install ulang sistem operasi sebenarnya sangat mudah. Jika masih bingung, Anda bisa membaca cara install Windows 10 sebagai panduan yang bisa Anda ikuti.

Mengganti RAM

RAM menjadi perangkat keras yang diperlukan pada laptop supaya bisa bekerja secara maksimal. Apabila terjadi kerusakan pada RAM maka akan menjadikan kinerja pada system laptop Anda menjadi terhambat.

Bahkan RAM yang rusak akan mendatangkan beberapa masalah seperti laptop menjadi eror, hang dan masih banyak lagi. Nah, adanya hal tersebut Anda bisa mengeceknya di bagian RAMnya yang bisa saja mengalami kerusakan sehingga saat diakses oleh prosessor tidak berjalan dengan optima dan kerap membuat laptop menjadi hang.

Nah, apabila sudah dipastikan bahwa kendala tersebut terjadi pada RAM nya, Anda hanya perlu menggantinya RAM yang terpasang pada laptop Anda. Anda tidak perlu khawatir karena memasang atau mengganti RAM terbilang mudah, sedangkan harga RAM saat ini sudah semakin terjangkau harganya. Dengan mengganti RAM maka masalah laptop hang bisa diselesaikan.

Setelah diketahui beberapa penyebab laptop hang, maka dapat dicari bagaimana cara mengatasi Laptop Hang tersebut dan telah dijelaskan pula satu persatu pada poin-poin di atas. Selain masalah yang terjadi di atas, sering dijumpai laptop yang tiba-tiba not responding.

Hal ini bisa diatasi dengan cara tekan Ctrl+Shift+Esc, kemudian pilih program yang not responding dan klik End Task. Atau Ctrl+Alt+Del dan lakukan hal yang sama. Apabila kita mengetahui penyebab dan cara mengatasi laptop yang tiba-tiba sering hang maka tidak perlu panik lagi saat hang terjadi.

Seorang pembelajar dari Magelang, Jawa Tengah yang suka dengan komputer dan menulis blog.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *