Cara Mempercepat Kinerja Windows

Cara Mempercepat Kinerja Windows

Kita pasti sepakat kalau Windows merupakan sistem operasi yang sudah tidak asing lagi. Kebanyakan komputer ataupun laptop yang kita temui, pasti menggunakan OS Windows.

Windows memiliki tampilan yang sangat modern. Hampir semua versi Windows mulai dari Windows XP sampai Windows 10 nyaman dipandang mata. Mungkin itulah salah satu alasan kenapa Windows banyak digunakan.

Namun, tampilan Windows tersebut ternyata memakan sumber daya yang tidak sedikit. Banyaknya visual efek serta grafis yang bagus tentu akan menuntut perangkat bekerja lebih keras lagi, sehingga tidak jarang perangkat menjadi lemot.

Cara Mengatasi Windows Lemot

Komputer ataupun laptop yang lemot tentu akan membuat kita jengkel. Terlebih, perangkat tersebut sedang digunakan untuk keperluan penting seperti mengerjakan tugas ataupun lainnya.

Komputer yang lemot bisa disebabkan oleh virus ataupun spesifikasi hardware yang masih rendah. Yang akan kita bahas kali ini lebih menyinggung pada laptop dengan spesifikasi rendah. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Perlu diketahui, Windows memberikan opsi kepada penggunanya untuk mengatur visual efek sesuai keinginan. Semakin banyak visual efek yang digunakan, maka perangkat akan bekerja semakin keras.

Nah, solusi agar kinerja laptop semakin cepat (tanpa upgrade hardware), yang harus kita lakukan hanyalah mematikan visual efek yang sekiranya tidak diperlukan atau bisa mematikan semuanya. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pertama, masuk ke Control Panel > ubah view by menjadi Small icon > pilih System.
  2. Setelah masuk ke system, silahkan pilih Advanced system settings.
  3. Di tab Performance, silahkan klik Settings. Untuk memaksimalkan kinerja dengan mengesampingkan visual efek, silahkan pilih Adjust for best performance.
  4. Jika sudah, silahkan klik Apply lalu Ok.

Dengan menonaktifkan semua visual efek pada Windows, maka sudah pasti kinerjanya akan semakin cepat. Cara ini cukup ampuh, bahkan bisa dikatakan sangat ampuh untuk mempercepat kinerja Windows.

Namun, dampak dari cara ini adalah tampilan Windows sudah tidak smooth seperti sebelumnya karena visual efek dimatikan semua. Tapi tidak mengapa, yang penting laptop tidak lemot.

Mungkin hanya ini saja artikel yang dapat saya sampaikan. Semoga artikel singkat ini bisa membantu Anda dalam mengatasi laptop ataupun komputer yang lemot.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *