Cara Mempercepat Kinerja Windows

Cara Mempercepat Kinerja Windows

Kita pasti sepakat kalau Windows merupakan sistem operasi yang sudah tidak asing lagi. Kebanyakan komputer ataupun laptop yang kita temui, pasti menggunakan OS Windows.

Windows memiliki tampilan yang sangat modern. Hampir semua versi Windows, mulai dari Windows XP sampai Windows 10 nyaman dipandang mata. Mungkin itulah salah satu alasan kenapa Windows banyak digunakan.

Namun, dibalik tampilan Windows yang keren, banyak keluhan dari penggunanya perkara kinerjanya yang lemot. Disini saya katakan, kalau penyebab utama Windows lemot adalah spesifikasi hardware yang kurang.

Cara Mempercepat Windows Agar Tidak Lemot

Nah, bagi Anda yang masih menggunakan laptop ataupun komputer dengan spesifikasi rendah, misal processor masih Intel Core 2 Duo ataupun Intel Core i3 Generasi 5 ke bawah dengan RAM kurang dari 4GB, kali ini saya akan memberikan tips agar kinerjanya meningkat.

Komputer ataupun laptop lemot tentu akan membuat kita jengkel. Terlebih, perangkat tersebut sedang digunakan untuk keperluan penting seperti mengerjakan tugas ataupun lainnya.

Oleh karena itu, Anda sebagai pengguna harus melakukan beberapa langkah agar kinerja laptop bisa meningkat. Ya paling tidak lebih cepat daripada sebelumnya. Oh ya, cara ini tanpa harus upgrade hardware ya, cukup memanfaatkan fitur bawaah Windows.

Matikan Visual Efek

Perlu Anda ketahui, Windows memberikan opsi kepada penggunanya untuk mengatur visual efek sesuai keinginan. Semakin banyak visual efek yang digunakan, maka perangkat akan bekerja semakin keras.

Nah, solusi agar kinerja laptop semakin cepat, yang harus kita lakukan pertama kali adalah mematikan visual efek yang sekiranya tidak diperlukan atau bisa mematikan semuanya. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Pertama, masuk ke Control Panel > ubah view by menjadi Small icon > pilih System.
    cara mempercepat kinerja windows 10
  • Setelah masuk ke system, silahkan pilih Advanced system settings.
    cara mempercepat kinerja windows 7
  • Di tab Performance, silahkan klik Settings. Untuk memaksimalkan kinerja dengan mengesampingkan visual efek, silahkan pilih Custom lalu centang seperti di gambar saja.
    cara mempercepat kinerja windows 8
  • Jika sudah, silahkan klik Apply lalu Ok.

Sebenarnya, jika Anda memilih Adjust for best performance, kinerjanya akan semakin cepat. Tapi, nanti tampilannya terlalu sederhana karena semua visual efek dimatikan.

Hal ini termasuk juga dengan thumbnail yang tidak muncul di Windows. Oleh karena itu, saya tetap menyarankan untuk mengaktifkan beberapa fitur agar tampilannya tetap keren.

Gunakan Antivirus

Antivirus memiliki peran yang sangat penting pada Windows, karena Windows merupakan OS yang bisa terserang virus. Berbeda dengan Linux yang memiliki sistem keamanan lebih dibandingkan Windows.

Untuk antivirusnya, Anda bebas mau menggunakan apa saja. Yang pasti, Anda harus benar-benar yakin kalau antivirus tersebut memang mumpuni untuk mengantisipasi serangan virus.

Kalau saya pribadi menyarankan untuk menggunakan antivirus bawaan Windows, yaitu Windows Defender. Bagi Anda yang sebelumnya sudah menonaktifkan Windows Defender, silahkan diaktifkan lagi saja.

Yang perlu diingat, Anda hanya perlu menggunakan satu antivirus saja. Karena jika Anda menggunakan Windows Defender dan antivirus lain, yang ada laptop Anda malah semakin lemot kinerjanya.

Setelah itu, lakukan pemindaian secara berkala untuk mengantisipasi virus yang menyerang sistem komputer. Agar lebih paham tentang macam-macam virus, silahkan baca jenis virus komputer yang berbahaya.

Bersihkan Hardisk

Hardisk merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan data secara permanen. Data yang disimpan bukan hanya data pengguna dan sistem operasi saja, melainkan file sampah juga.

Ketika sampah pada hardisk sudah terlalu banyak, bukan tidak mungkin kinerja Windows akan semakin menurun. Agar laptop tidak lemot, maka Anda harus membersihkan sampah tersebut secara berkala.

Kita bisa menggunakan tool bawaan Windows untuk membersihkan sampah tersebut. Berikut caranya:

  • Pertama, silahkan klik Start lalu ketikkan Disk Cleanup.
    cara agar windows tidak lemot
  • Setelah jendela terbuka, pilih disk yang akan dibersihkan (contoh C:) lalu klik Ok.
    disk cleanup agar windows tidak lemot
  • Selanjutnya, centang file yang akan Anda hapus lalu klik Ok.
    cara agar windows cepat
  • Tunggu proses selesai.

Sampah pada hardisk akan selalu ada. Jadi, silahkan atur jadwal kapan mau melakukan disk cleanup lagi, misal seminggu sekali atau dua minggu sekali.

Defrag Hardisk

Defrag merupakan fitur yang digunakan untuk menyusun atau mengatur kembali file-file pada hardisk. Hal ini dikarenakan setiap Anda menghapus dan memindah file, install aplikasi, ataupun aktivitas lainnya, data pada hardisk akan berantakan.

Ibarat buku dalam almari, jika tidak Anda susun kembali setelah mengambil ataupun meminjamkannya pada teman, maka buku tersebut akan berantakan sehingga Anda membutuhkan waktu lumayan lama untuk mencari data tersebut.

Begitu juga dengan hardisk, jika Anda tidak rutin dalam melakukan defrag, maka kinerja Windows akan lebih lama karena proses pencarian file-file tersebut. Nah, untuk melakukan defrag hardisk, silahkan simak cara di bawah ini:

  • Pertama, silahkan klik Start lalu ketikkan Defragment.
    defrag hardisk untuk mempercepat kinerja windows
  • Selanjutnya, klik disk yang akan di defrag. Setelah itu silahkan klik Analyze dan tunggu proses selesai. Jika sudah, klik Optimize dan tunggu proses selesai.
    cara agar laptop windows tidak lemot
  • Jika semua proses defrag selesai, maka tombol stop akan hilang dan tampilan kembali seperti awal lagi.

Sebenarnya Windows akan melakukan defrag secara otomatis setiap seminggu sekali. Namun, jika Anda merasa hardisk sudah memerlukan defrag, maka Anda bisa melakukannya secara manual.

Uninstall Aplikasi

Langkah terakhir yang bisa dilakukan untuk mempercepat kinerja Windows adalah melakukan uninstall aplikasi. Aplikasi yang dimaksud adalah aplikasi yang sudah tidak pernah digunakan sama sekali.

Ini termasuk aplikasi yang sudah ada sejak laptop diberli (bloatware). Dengan melakukan uninstall aplikasi yang tidak digunakan, maka hardisk akan lebih longgar dan kinerja Windows bisa ringan.

Bagi Anda yang belum tahu cara uninstall aplikasi, silahkan simak cara di bawah ini:

  • Pertama, masuk ke Control Panel > ubah view by menjadi Small icon > pilih Programs and Features.
    mempercepat kinerja laptop
  • Setelah itu, klik kanan pada aplikasi yang akan diuninstall lalu pilih uninstall.
  • Ikuti langkah yang diberikan dan tunggu proses selesai.

Itulah beberapa cara mempercepat kinerja Windows. Mungkin masih ada cara lain ya, tapi disini saya hanya menuliskan cara yang pernah saya lakukan saja, dan pastinya memang terbukti. Oh ya, cara ini juga berlaku untuk mengatasi laptop hang ya.

Cara yang paling berpengaruh dalam kinerja Windows adalah cara pertama, yaitu dengan mematikan beberapa visual efek. Namun kelemahannya adalah tampilan dan transisi yang muncul tidak sebagus sebelumnya.

Mungkin cukup sekian artikel yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel singkat ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mempercepat kinerja laptop Windows.

Seorang pembelajar dari Magelang, Jawa Tengah yang suka dengan komputer dan menulis blog.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *