Cara Mengatasi RAM Tidak Terbaca

Cara Mengatasi RAM Tidak Terbaca

RAM merupakan salah satu hardware komputer yang memiliki peranan sangat penting, yaitu menyimpan data secara sementara. Jadi begini, ketika Anda menjalankan aplikasi Google Chrome misalnya, maka data Google Chrome itu akan tersimpan dalam RAM (selama aplikasi berjalan).

Dari penjelasan di atas, maka bisa disimpulkan kalau tanpa RAM maka sebuah aplikasi tidak akan bisa berjalan. Bukan hanya aplikasi, tanpa adanya RAM sistem operasi juga tidak akan bisa booting.

Penyebab komputer atau laptop gagal booting salah satunya adalah karena RAM tidak terbaca. Nah, maka dari itu perlu Anda ketahui apa saja penyebab dan cara mengatasi RAM tidak terbaca oleh laptop dan komputer.

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan artikel mengenai cara mengatasi RAM yang tidak terbaca. Artikel ini saya buat untuk berbagi pengalaman kepada Anda semua, dan berharap artikel ini bisa bermanfaat untuk orang lain.

Banyak sekali faktor penyebab kenapa RAM tidak terbaca, mungkin karena RAM kotor, slot RAM kotor, RAM rusak, slot RAM rusak, dan sebagainya. Masalah-masalah yang sering terjadi pada RAM juga sangat banyak, namun khusus postingan kali ini saya akan membahas kenapa RAM tidak terbaca.

Penyebab RAM Tidak Terbaca

Kalau pengalaman saya pribadi, kebanyakan penyebab RAM tidak terbaca adalah karena pin RAM kotor saja. Namun ada juga penyebab lain yang pernah saya alami. Di bawah ini adalah beberapa penyebab dan cara mengatasi RAM yang tidak terbaca.

1. Pin dan Slot RAM Kotor

Ini yang biasanya umum terjadi, kebanyakan yang mengalami RAM atau slot RAM kotor adalah pengguna yang jarang atau bahkan tidak pernah membersihkan perangkatnya.

Ya wajar saja sih kalau jadi kotor, soalnya lama kelamaan akan banyak debu yang masuk ke dalam perangkat dan menyebabkan hardware menjadi kotor.

+Cara Mengatasi

Untuk cara mengatasinya cukup mudah, silahkan lepas RAM dari slotnya. Kemudian bersihkan bagian pin (kuningan RAM) dengan menggunakan penghapus karet sampai bersih.

Bersihkan juga slot RAM menggunakan kuas sampai bersih. Setelah itu, silahkan pasang kembali RAM pada slotnya. Untuk langkah singkatnya kira-kira seperti ini.

  • Lepas RAM dari slotnya.
  • Bersihkan pin RAM menggunakan penghapus karet.
  • Bersihkan slot RAM menggunakan kuas.
  • Pasang kembali RAM pada slotnya.
  • Selesai.

Silahkan coba nyalakan perangkat Anda apakah RAM sudah terbaca atau belum. Jika memang belum, silahkan simak cara selanjutnya.

2. RAM atau Slot RAM Rusak

Kerusakan pada RAM dan Slot RAM bisa saja terjadi. Namun ketika Anda sudah mencoba cara pertana dan tidak bisa, jangan langsung beranggapan kalau RAM atau slot RAM Anda rusak karena itu belum pasti.

Di bawah ini akan saya berikan cara mengatasinya, sebenarnya bukan cara mengatasi sih, hanya sedikit tips saja.

+Cara Mengatasi

Silahkan coba RAM milik Anda di laptop atau komputer teman Anda yang memiliki slot RAM sama, jika RAM Anda DDR3 ya silahkan coba di slot DDR3. Jika ternyata bisa, kemungkinan slot RAM Anda yang bermasalah.

Namun tunggu dulu, silahkan coba pasang RAM teman Anda di laptop atau komputer Anda. Jika memang ternyata tidak bisa, silahkan simak cara selanjutnya.

Sekadar info tambahan, sebagian besar laptop saat ini sudah memiliki 2 slot RAM. Jadi, kita bisa cek menggunakan salah satu slotnya. Biasanya, proses shutdown dan restart akan lama ketika salah satu RAM tidak terbaca.

3. Tegangan Berbeda

Ini sering ditemui pada RAM DDR3. Mungkin Anda mengira bahwa semua RAM DDR3 itu sama saja, padahal tidak. Jika Anda perhatikan, RAM DDR3 ada 2 jenis yaitu DDR3 dan DDR3L.

Tambahan huruf L itu kepanjangan dari Low Voltage. Masalah ini biasanya terjadi pada laptop yang baru ganti RAM dan tidak memperhatikan apakah RAM tersebut biasa atau low voltage.

+Cara Mengatasi

Cara mengatasinya adalah memasang RAM yang sesuai dengan laptop Anda. Jika laptop Anda support RAM DDR3L ya pasang DDR3L. Jika support RAM DDR3 ya pasang DDR3. Karena jika RAM DDR3L dipasang di laptop RAM DDR3 tidak akan bisa.

Kenapa? karena tegangannya berbeda. RAM DDR3 memiliki tegangan 1.5 volt sedangkan DDR3L memiliki tegangan 1.3 volt. Kira-kira seperti itu.

Nah, mungkin hanya ini saja artikel mengenai cara mengatasi RAM tidak terbaca di laptop dan komputer. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *