Cara Memperbaiki Hardisk Rusak

Cara Memperbaiki Hardisk Rusak

Hardisk atau bisa disebut hard disk drive merupakan salah satu hardware komputer yang digunakan untuk menyimpan data. Pengguna komputer dapat menyimpan data-data pentingnya di hardisk tanpa harus takut kehilangan data. Hal itu dikarenakan hardisk memiliki sifat non-volatile memory atau data pada memori tidak akan hilang walaupun perangkat komputer dimatikan.

Hardisk menjadi salah satu perangkat keras yang paling penting di komputer ataupun laptop. Karena tanpa hardisk, perangkat tersebut tidak akan bisa digunakan. Namun, hardisk juga tidak selamanya bekerja dengan normal. Ada kalanya hardisk menjadi lambat, lama ketika menyimpan, tidak bisa untuk booting, bahkan tidak terbaca.

Jadi, sebagai pengguna komputer dan laptop yang bijak, sudah menjadi keharusan kita untuk merawat dan menjaga hardisk semaksimal mungkin. Jika tidak dirawat, biasanya akan berdampak buruk pada perangkat yang akan menjadi lambat dan performanya cenderung menurun.

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan rincian penyebab hardisk rusak, cara memperbaiki hardisk rusak, cara mengatasi hardisk tidak terbaca, serta cara perawatan hardisk.

Penyebab Hardisk Rusak

Agar dapat mengantisipasi kerusakan pada hardisk, maka kita harus tahu apa sih yang menjadi penyebab hardisk rusak. Berikut adalah rinciannya.

1. Panas yang Berlebihan

Panas yang berlebihan pada hardisk sudah pasti akan menyebabkan menurunnya kinerja atau bahkan bisa merusak komponen perangkat tersebut. Sebenarnya bukan pada hardisk saja, melainkan pada semua perangkat elektronik yang menggunakan listrik sebagai sumber tenaganya.

Maka tidak heran, hampir semua perangkat elektronik menggunakan kipas guna membantu pendinginan komponen didalamnya.

2. Penggunaan yang Berlebihan

Panas yang berlebih ini biasanya terjadi karena penggunaan yang berlebihan pula. Ketika komputer atau laptop digunakan secara terus-menerus dalam jangka waktu yang panjang, maka akan berdampak pada komponen yang cenderung menjadi cepat rusak.

Maka dari itu, paling tidak tetap beri waktu istirahat agar komponen seperti hardisk tidak terlalu panas.

3. Installasi yang Berlebihan

Installasi perangkat lunak maupun installasi sistem operasi jika dilakukan secara berlebihan atau terlalu sering, maka akan berdampak tidak baik. Karena, ketika proses installasi berjalan, hardisk akan bekerja lebih berat daripada biasanya.

Pokoknya, semua hal jika dilakukan secara berlebihan, pasti akan memiliki efek yang tidak baik.

4. Perangkat Sering Mati Mendadak

Ketika perangkat komputer atau laptop mati mendadak, maka semua komponen didalamnya juga akan berhenti bekerja, termasuk hardisk. Hardisk yang cara kerjanya adalah dengan berputar, tiba-tiba berhenti seketika dan itu bukan hal yang wajar. Hardisk butuh waktu untuk menghentikan pekerjaannya.

5. Sering Terjatuh

Komponen paling penting dalam hardisk adalah disk atau cakram. Ketika hardisk sering jatuh, biasanya ada hal-hal aneh yang terjadi. Salah satunya adalah hardisk tidak mau terbaca, dan parahnya bisa juga terjadi kerusakan pada hardisk. Maka dari itu, berhati-hatilah ketika membawa hardisk, terutama hardisk external.

6. Usia Hardisk

Hardisk juga memiliki jangka waktu penggunaan. Jika sudah waktunya diganti, biasanya hardisk akan memberikan tanda-tanda seperti laptop sering hang, laptop menjadi lemot, lama ketika menyimpan data, dan lain sebagainya.

7. MFT atau FAT Corrupting

Sistem file yang sering digunakan oleh pengguna windows yaitu NTFS dan FAT. Dan MTF sendiri berperan penting sebagai penyimpan file. Sehingga saat MFT mengalami kerusakan maka system NTFS hardisk eksternal tidak akan terbaca.

8. Infeksi Virus

Kenapa hardisk eksternal tidak terbaca juga bisa disebabkan oleh infeksi virus. Bagi Anda yang sering browsing di internet untuk mencari data pekerja atau hanya sekedar mencari hiburan harus waspada dan berhati-hati.

Terlebih jika Anda sering mendownload dari situs yang tidak terpercaya disarankan anti virus harus selalu update. Karena di dunia internet terkadang banyak masalah yang bisa timbul karena dunia maya mempunyai kebebasan tersendiri.

Salah satunya yakni adanya virus yang menginfeksi laptop atau computer Anda tanpa sadar yang bisa menyebabkan kerusakan pada partisi computer.

9. USB Drives Are Not Safely Removed From PC

Kasus ini biasanya terjadi saat Anda akan mengeluarkan hardisk eksternal. Keadaan ini yang mengharuskan kita untuk mencabut USB Drive pada computer secara paksa. Pencabutan paksa inilah yang akan menjadikan file system pada hardisk mengalami corrupt atau kerusakan.

Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Tidak Terbaca

Drive External baik berupa USB Flash maupun hardisk eksteral umumnya mudah digunakan. Namun dalam beberapa kasus, saat Anda menghubungkan drive pada computer atau pada perangkat lain mendapati bahwa Anda tidak menemukan hardware tersebut.

Saat penggunaan USB drive External, mungkin Anda pernah mendapati pemberitahuan pesan “File or directoy is corrupted and unreadable”. Bahkan, pesan tersebut mengarahkan untuk memformat hardisk tersebut.

Masalah satu ini memang kerap terjadi pada siapa saja saat mereka mencolokkan hardisk eksternal pada komputer. Namun, Anda tidak perlu bingung untuk mengatasi hdd external tidak terbaca apalagi langsung untuk memformat seperti yang diarahkan oleh pesan di atas.

Saat Anda mendapati hardisk eksternal tidak terbaca di explorer sebaiknya Anda jangan langsung memformatnya. Anda bisa mengecek kenapa hardisk tidak terbaca apakah disebabkan karena virus ataukah disebabkan oleh hal lain.

Untuk mengatasi hal tersebut, inilah cara memperbaiki hardisk eksternal yang tidak terbaca dan minta format untuk Anda coba.

Cara 1: Dengan CHKDSK

  • Anda bisa klik di pencarian dan ketik CMD
  • Setelah itu Anda bisa klik kanan pada command prompt, lalu klik Run as administrator.Cara Mengatasi Hardisk Tidak Terbaca
  • Di halaman command prompt yag sudah muncul, Anda bisa mengetik chkdsk/f e: dan tekan enter. Ingat, ganti E menjadi tempat partisi hardisk yang akan diperbaiki.Cara Memperbaiki Hardisk Tidak Terbaca
  • Tunggu sampai perintah chkdsk selesai, setelah itu keluarkan hardisk dan Anda bisa mencolokkan kembali hardisk tersebut pada computer atau laptop Anda.

Sebenarnya langkah di atas hanya untuk melakukan check saja. Namun, biasanya akan memancing hardisk agar terdetaksi jika permasalahannya bukan bad sector.

Cara 2: Dengan Sofware

Minitool Partition Wizard menjadi salah satu tool terbaik yang bisa Anda manfaatkan sebagai cara mengatasi hardisk eksternal tidak terbaca.

  • Setelah mengunduh aplikasi tersebut Anda bisa menginstalnya terlebih dulu.
  • Buka minitool dan cari lokasi hardisk lalu klik kanan pada hardisk yang mau di delete (hati-hati, jangan sampai salah pilih partisi) klik Delete All Partitions untuk menghapus hardisk. Cara Mengatasi Hardisk Minta Format
  • Pada Partition Management, silahkan klik Create Partition dan ganti file yang tadinya NTFS menjadi FAT32 dan klik OK.Cara Memperbaiki Hardisk Minta Format Terus
  • Tunggu hingga minitool partition untuk menyelesaikan pekerjaan.
  • Setelah semua langkah selesai Anda bisa membuka hardisk yang tadinya tidak terbaca pada my computer.

Ketika Anda menggunakan cara di atas, maka sudah bisa dipastikan semua data hardisk akan hilang karena yang dilakukan adalah menghapus semua partisi hardisk eksternal.

Cara Memperbaiki Hardisk Rusak

Kerusakan pada hardisk sebenarnya bermacam-macam. Namun, sebagian besar kerusakannya adalah hardisk bad sector. Hardisk bad sector terbagi menjadi dua, yaitu bad sector logic dan bad sector fisik. Apa sih itu?

Bad sector logic adalah kerusakan hardisk yang disebabkan karena faktor pemakaian atau bisa juga terinfeksi virus. Sedangkan bad sector fisik adalah kerusakan hardisk yang disebabkan karena komponen pada hardisk mengalami kerusakan.

Nah, dalam hal ini, yang bisa diperbaiki sendiri adalah hardisk bad sector logic saja ya. Karena kita tidak tahu apakah hardisk kita mengalami bad sector logic atau bad sector fisik, maka kita bisa langsung mencoba memperbaiki menggunakan sebuah software yaitu Low Level Format (bisa diunduh di Google).

Perhatian: Ketika menggunakan cara ini, maka hardisk Anda akan bersih total. Jadi, hardisk Anda akan diformat dan data-datanya akan hilang.

Sebelumnya, silahkan install terlebih dahulu software Low Level Format yang sudah diunduh. Jika sudah, silahkan simak langkah memperbaiki hardisk rusak karena bad sector.

  • Pasang hardisk yang rusak pada komputer yang normal (dalam komputer tersebut terdapat 2 hardisk, yang pertama hardisk yang normal, dan yang kedua adalah hardisk yang akan diperbaiki).
  • Buka software Low Level Format yang sudah diinstall tadi.
  • Pilih hardisk yang akan diformat (jangan sampai salah pilih, karena taruhannya adalah seluruh data hardisk utama, termasuk sistem operasi).Cara Memperbaiki Hardisk Eksternal Tidak Terbaca
  • Klik Continue > Low Level Format > Format This DeviceCara Mengatasi Hardisk Ekstenal Tidak Terbaca
  • Setelah itu, maka proses perbaikan akan dimulai.
  • Silahkan tunggu sampai proses selesai.
  • Langkah terakhir adalah membuat partisi baru, karena setelah melakukan proses ini, hardisk Anda tidak ada isinya sama sekali.

Nah, ketika sudah mengikuti langkah di atas namun hardisk masih tidak bisa digunakan, maka kemungkinan besar hardisk tersebut mengalami bad sector fisik. Jalan satu-satunya adalah membawanya ke tempat service hardisk.

Solusi Terbaik Memperbaiki Hardisk Rusak

Seperti yang saya katakan di atas, jika semua cara yang Anda coba di internet memang tidak bisa, solusi terbaiknya adalah dengan membawa hardisk Anda ke tempat service yang memang sudah berpengalaman.

Memang, biaya perbaikan hardisk rusak tidak murah. Tapi, jika data-data pada hardisk tersebut sangat penting, saya yakin biaya tidak akan menjadi kendala. Contohnya jika Anda seorang mahasiswa dan menyimpan skripsi di hardisk eksternal, apakah Anda rela tugas yang sudah dikerjakan susah payah hilang begitu saja?

Oleh karena itu, saya sarankan untuk membawa hardisk Anda ke tempat service yang terpercaya. Kalau perlu, lakukan pencarian terlebih dahulu tentang tempatnya, lihat bagaimana review yang diberikan oleh pelanggannya.

Tips Merawat Hardisk Agar Tidak Cepat Rusak

Perawatan pada hardisk sangat diperlukan. Mengecek kesehatan hardisk juga harus dilakukan secara berkala agar kita tahu kondisi hardisk kita. Tentu kita tidak mau kalau hardisk rusak, dan data-data didalamnya hilang tidak terselamatkan. Barikut ini adalah beberapa cara merawat hardisk paling mudah.

  1. Usahakan tidak mematikan komputer secara paksa (dengan menekan tombol power atau mencabut aliran listrik)
  2. Gunakan UPS, agar ketika listrik mati, Anda punya kesempatan untuk mematikan komputer sesuai prosedur.
  3. Jangan terlalu banyak menginstall aplikasi, install aplikasi yang benar-benar diperlukan saja.
  4. Jangan sering install ulang sistem operasi, karena saat proses installasi, hardisk akan berjalan lebih berat.
  5. Lakukan defrag hardisk di semua partisi, baik itu partisi sistem operasi maupun partisi data-data pribadi.
  6. Jangan sampai hardisk penuh tanpa space yang tersisa, usahakan tetap ada ruang kosong.
  7. Jaga fisik hardisk, jangan sampai jatuh atau tertindih benda berat.

Nah, itulah cara sederhana memperbaiki hardisk rusak bad sector dan hardisk tidak terbaca. Saya tidak menjamin cara di atas bisa 100% berhasil, karena kerusakan pada setiap hardisk berbeda-beda.

Oleh karena itu, alangkah baiknya kita menjaga hardisk sebaik mungkin. Jangan sampai ketika sudah terjadi kerusakan, baru kita sadar dan merasakan dampaknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *