Cara Mendinginkan Laptop yang Cepat Panas (Overheat)

Dibandingkan dengan komputer, perangkat laptop memang lebih cepat panas karena kipas yang digunakan untuk mendinginkan hardware memiliki ukuran lebih kecil. Hal ini tentu menjadi perhatian khusus bagi pemilik laptop.

Perlu diketahui sebelumnya, laptop yang memiliki suhu panas berlebihan biasanya akan menimbulkan beberapa permasalahan umum seperti laptop hang ataupun laptop mati sendiri. Pernahkah Anda mengalaminya?

Nah, jika saat ini Anda sedang mengalami masalah laptop yang cepat panas, maka Anda harus melakukan tindakan agar suhu laptop tersebut bisa normal kembali. Silahkan simak beberapa cara mendinginkan laptop berikut ini.

Cara Mendinginkan Suhu Laptop yang Berlebihan

Meskipun panas pada laptop adalah suatu hal yang wajar, jangan sampai menganggap sepele suhu panas berlebih pada perangkat ini. Agar tidak menyebabkan permasalahan yang silahkan praktikkan beberapa tips sederhana mendinginkan laptop berikut.

Gunakan Cooling Pad

gunakan cooling pad
Shopee

Karena kipas yang digunakan untuk mendinginkan laptop memang terbilang kecil, maka kita bisa menambahkan kipas eksternal atau cooling pad. Dengan tambahan perangkat ini, maka pendinginan pada laptop akan lebih optimal.

Cooling pad akan membantu pendinginan laptop dari bagian bawah atau bagian yang selalu terasa panas karena dekat dengan hardware utama laptop. Tentu ini menjadi cara yang sederhana namun sangat efektif untuk mendinginkan laptop.

Untuk tipe cooling pad, Anda bisa memilih dan menyesuaikannya dengan kebutuhan karena jenisnya memang cukup banyak. Atau kalau bingung, silahkan coba cek terlebih dahulu rekomendasi cooling pad berikut ini.

Bersihkan Ventilasi Laptop

bersihkan sirkulasi udara laptop

Bagian yang perlu mendapat perhatian lebih agar tetap bersih adalah ventilasi tempat keluar masuknya udara laptop. Bagian ini biasanya terletak pada samping laptop atau ada juga yang terletak pada bagian bawah.

Nah, jika pada ventilasi ini ternyata banyak debu yang menempel, bisa dipastikan laptop akan menjadi cepat panas daripada kondisi biasanya. Hal tersebut disebabkan karena sirkulasi udara yang tidak optimal.

Untuk itu, ada baiknya Anda bersihkan bagian tersebut secara teratur misal tiga bulan atau dua bulan sekali. Hal ini akan membantu menjaga laptop Anda agar tetap dalam kondisi suhu yang normal.

Cek Aplikasi yang Digunakan

Terkadang, banyak pengguna laptop yang sering lupa menutup aplikasi yang sudah tidak digunakan. Padahal, hal tersebut bisa berakibat kurang baik pada laptop, khususnya berhubungan dengan kinerja laptop.

Semakin banyak aplikasi yang digunakan, secara otomatis akan banyak juga resources hardware yang dibutuhkan. Ketika hardware laptop Anda sudah over untuk menjalankan aplikasi tersebut, biasanya suhu laptop akan semakin panas.

Untuk itu, ada baiknya Anda gunakan aplikasi yang memang benar-benar digunakan. Dengan begitu, laptop Anda tidak akan terlalu keberatan untuk menjalankan aplikasi. Cara ini juga bisa untuk mengantisipasi laptop yang lemot.

Perhatikan Spesifikasi Laptop

Sebagai pengguna, sudah sepatutnya kita mengetahui spesifikasi laptop yang digunakan. Bagi yang masih belum mengetahuinya, silahkan baca artikel cara melihat spesifikasi laptop yang pernah saya buat.

Tujuan mengetahui spesifikasi laptop yang kita gunakan adalah agar bisa memperkirakan kemampuan laptop tersebut. Jangan sampai kita terlalu memaksakan laptop untuk menjalankan program dengan spesifikasi minimum di atas laptop tersebut.

Jadi mulai sekarang, silahkan install aplikasi dan game yang sekiranya mampu dijalankan oleh laptop kita. Sebenarnya tidak masalah jika memang mau memaksakan, tapi akibatnya suhu laptop akan cepat panas.

Upgrade Hardware Laptop

Cara terakhir adalah dengan melakukan upgrade hardware agar kinerja laptop lebih optimal. Dengan melakukan upgrade pada beberapa hardware seperti RAM dan hardisk, maka kemampuan laptop akan semakin bertambah.

Lebih dari itu, suhu laptop juga tidak akan cepat panas ketika program yang dijalankan memang benar-benar mampu dijalankan sesuai spesifikasi.

Demikianlah artikel mengenai cara mendinginkan laptop yang cepat panas. Jika diantara Anda ada yang memiliki tips lainnya, silahkan bisa dibagikan melalui kolom komentar.

Pemuda Magelang yang suka dengan komputer dan menulis blog.

Update:

Tinggalkan komentar

shopee affiliates