Cara Mengunci Aplikasi di HP Android (Privasi Aman 100%)

Saat ini, banyak orang yang suka kepo dengan privasi orang lain, termasuk di HP Android. Hal yang sering dikepoin oleh sebagian besar orang adalah chat, foto di galeri, dan masih banyak lainnya.

Nah, sebagai pemilik HP tersebut, sudah pasti Anda tidak ingin apa yang menjadi privasi diketahui orang lain ya? Untuk itu, Anda perlu memberikan pertahanan pada aplikasi yang Anda anggap banyak privasinya.

Tenang, di Android, Anda bisa kok mengunci aplikasi agar tidak bisa dibuka oleh orang lain. Mau tahu caranya? Oke, silahkan simak artikel ini sampai selesai ya.

Cara Mengunci Aplikasi di HP Android

Pada artikel ini, saya hanya akan memberikan satu cara saja, yaitu mengunci aplikasi menggunakan aplikasi LOCKit. Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

Install LOCKit

cara mengunci aplikasi di hp samsung

LOCKit adalah salah satu aplikasi “pengunci aplikasi” terbaik yang bisa Anda gunakan untuk mengamankan privasi Anda di HP Android. Aplikasi ini bisa Anda dapatkan secara gratis di Google Play Store.

Oh ya, aplikasi di atas juga tidak memerlukan akses root. Jadi, pengguna yang belum melakukan root tetap bisa menggunakan aplikasi ini.

Ingin mengubah jenis tulisan di Android tapi belum tahu caranya? Gampang kok, silahkan ikuti cara mengganti font Android.

Konfigurasi Aplikasi

Setelah berhasil download dan menginstall aplikasi LOCKit, biasanya akan disuruh melakukan konfigurasi awal seperti pengaturan pola dan beberapa pengaturan lain.

Ikuti langkah berikut:

  1. Setelah aplikasi terbuka, silahkan klik Izinkan untuk melanjutkan proses.
  2. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengatur pola. Oh ya, Anda juga bisa mengubah tipe keamanan menjadi PIN. Jadi, silahkan atur keamanan sesuai keinginan saja.cara mengunci aplikasi
  3. Selain keamanan berupa PIN dan pola, Anda juga disuruh mengatur pertanyaan. Pada bagian Lindungi aplikasi, silahkan centang semua aplikasi dan pilih Lindungi.cara mengunci aplikasi wa
  4. Selesai.

Pengaturan Perizinan

Sebelum benar-benar bisa menggunakan aplikasi ini dengan baik, Anda harus melakukan beberapa perizinan. Saya pernah mencoba mengabaikan perizinan ini, namun saat aplikasi berjalan, tiba-tiba muncul notif perizinan lagi.

Untuk mengizinkan LOCKit, berikut caranya:

  1. Setelah melakukan konfigurasi, Anda akan menemui tampilan seperti ini. Silahkan klik Izinkan dan aktifkan Izinkan pelacakan penggunaan.cara mengunci aplikasi di hp oppo
  2. Selanjutnya, Anda juga akan menemui jendela seperti gambar di bawah ini. Lakukan hal yang sama, klik Pengaturan lalu izinkan dengan menekan toggle hingga aktif.cara mengunci aplikasi di hp samsung a10
  3. Satu lagi, nanti akan muncul jendela Mode hemat daya, silahkan klik Aktifkan. Setelah pengaturan terbuka, klik Layanan terinstal.cara mengunci aplikasi di hp vivo
  4. Setelah itu Anda akan menemui beberapa aksesibilitas yang ada, silahkan pilih LOCKit. Pada pengaturan LOCKit, silahkan klik toggle untuk mengaktifkannya.cara mengunci aplikasi di hp android
  5. Selesai.

Baca Juga: Cara Menghapus Virus di Android (Dengan/Tanpa Aplikasi)

Kunci Aplikasi

Setelah melakukan konfigurasi di atas, maka Anda sudah bisa mengunci aplikasi di Android. Anda bisa mengunci aplikasi mana saja yang ingin dikunci.

Untuk mengunci aplikasi dengan LOCKit sebenarnya sangat mudah, Anda tinggal klik Kunci Aplikasi lalu cari aplikasi yang ingin dikunci. Jika sudah ketemu, klik icon gembok di sebelah kanan aplikasi.

cara mengunci aplikasi di hp

Nah, itulah cara mengunci aplikasi di HP Android menggunakan LOCKit. Sebenarnya ada banyak aplikasi lain yang bisa digunakan. Jika Anda ingin mencoba aplikasi lainnya, silahkan coba rekomendasi dari imls.net di bawah ini.

App Lock Master – Lock Apps & PIN & Pattern Lock

cara mengunci aplikasi

App Lock Master merupakan pengunci aplikasi dengan jenis keamanan PIN, pola, dan sidik jari. Hanya dengan sekali klik saja, Anda sudah bisa mengamankan privasi aplikasi yang dipilih dari tangan orang iseng.

Aplikasi ini juga menyediakan fitur lainnya yaitu Intruder Selfie & Hide AppLock Icon. Dengan intruder selfie, jika ada orang yang membuka pola dan salah sebanyak 3x, secara otomatis akan dipotret oleh aplikasi.

Sedangkan untuk Hide AppLock Icon, fitur ini memiliki maksud dan tujuan agar icon aplikasi disembunyikan dari menu. Dengan begitu, tidak akan ada orang lain yang berusaha mengunistall App Lock Master.

Tidak sebatas itu saja, tema halaman lock juga bisa Anda ganti dengan varian yang sudah disediakan maupun menggunakan foto sendiri. Tentu, fitur ini akan membuat HP Anda terlihat lebih keren.

Nama AplikasiApp Lock Master
Ukuran9.0MB
Rating4.5
DeveloperDual Space Group

AppLock – Fingerprint

pengunci aplikasi

Meskipun namanya adalah App Lock – Fingerprint, fitur kunci aplikasi yang ditawarkan bukan hanya sidik jari saja. Tipe keamanan seperti PIN dan pola juga akan Anda temukan pada aplikasi ini.

Sama dengan aplikasi sebelumnya, App Lock -Fingerprint juga memiliki fitur yang dapat mengambil gambar seseorang yang berusaha membuka kunci namun salah sebanyak 3x. Jadi, Anda bisa mengetahui siapa orang tersebut.

Oh ya, Anda juga bisa mengatur kunci yang berbeda untuk setiap aplikasi. Misal pada WhatsApp menggunakan PIN, Instagram menggunakan pola, Facebook menggunakan fingerprint, dan semacamnya.

Nama AplikasiApp Lock – Fingerprint
Ukuran3.7MB
Rating4.3
DeveloperSpSoft

AppLock – Fingerprint & Password, Gallery Locker

kunci aplikasi

Tidak jauh berbeda dengan 2 aplikasi sebelumnya, App Lock – Galery Locker juga menyediakan tipe keamanan yang sama yakni PIN, pola, dan fingerprint. Dengan begitu, Anda bebas memilih jenis keamanan sesuai keinginan.

Seperti namanya, aplikasi ini juga mampu mengunci media seperti foto dan video yang berada di galeri. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika terdapat foto yang bersifat pribadi dan hanya Anda saja yang boleh melihatnya.

Untuk jumlah rating, App Lock – Galery Locker mendapatkan bintang 4.6 (sama dengan LOCKit) di Google Play Store. Dari rating tersebut bisa disimpulkan kalau pengguna aplikasi ini merasa puas sehingga memberikan rating tinggi.

Nama AplikasiApp Lock – Galery Locker
Ukuran12MB
Rating4.6
DeveloperSailingLab

Selain mengunci aplikasi, Anda juga bisa menyembunyikan aplikasi yang menurut Anda bersifat pribadi. Untuk lebih lengkapnya, silahkan baca cara menyembunyikan aplikasi Android.

Demikianlah artikel yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Charis

Sebatas bocah Magelang yang suka dengan komputer, smartphone, dan menulis blog.

Tinggalkan komentar