Cara Root Android

Di Android, pengguna bisa mengoprek sistem operasi sesuai keinginan sehingga tampilan ataupun kinerja Android bisa lebih optimal. Namun, sebelum itu, pengguna harus melakukan root terlebih dahulu.

Menurut Wikipedia, root adalah sebuah proses untuk mengizinkan pengguna HP yang menjalankan sistem operasi Android untuk mendapatkan kontrol yang lebih tinggi pada subsistem Android.

Seperti contoh, di Android pada umumnya, Anda tidak bisa menghapus aplikasi bawaan. Namun, ketika Android sudah di root, maka Anda bisa menghapus aplikasi tersebut.

Persiapan Penting Sebelum Root

Sebelum melakukan root, Anda harus mengubah sedikit pengaturan pada Android. Tujuan dari langkah ini adalah agar aplikasi root bisa terinstall dengan baik di Android.

Silahkan ikuti langkah berikut:

HP Samsung

  1. Silahkan buka aplikasi Pengaturan di HP Samsung Anda.
  2. Setelah itu, klik pengaturan Biometrik dan Keamanan lalu pilih Install aplikasi yang tidak dikenal.pengaturan keamanan Samsung
  3. Karena nantinya akan menginstall aplikasi dari File Manager, maka kita izinkan install aplikasi dari File Manager. Silahkan pilih FIle Saya lalu aktifkan Izinkan dari sumber ini dengan klik toggle sampai aktif atau berwarna biru.aplikasi tidak dikenal Samsung
  4. Selesai.

HP Xiaomi

  1. Pertama, buka Pengaturan di HP Xiaomi Anda.
  2. Setelah itu, klik Setelan tambahan lalu pilih Privasi seperti gambar di bawah ini.pengaturan keamanan Xiaomi
  3. Selanjutnya, aktifkan Sumber tidak dikenal dengan cara klik toggle. Jika muncul jendela seperti gambar di bawah ini, silahkan klik Oke saja.sumber tidak dikenal Xiaomi
  4. Selesai.

HP Lain

Pada intinya, Anda hanya perlu masuk ke Pengaturan > Keamanan > aktifkan Sumber tidak dikenal.

Cara Root Android Tanpa PC

Di Android, ada berbagai macam cara yang bisa digunakan untuk melakukan root, baik itu dengan PC maupun tanpa PC. Pada artikel ini, saya akan membahas cara root Android tanpa PC.

Untuk aplikasinya sendiri, sebenarnya ada banyak sekali. Bahkan, setiap tahunnya pasti ada aplikasi terbaru yang bisa digunakan untuk root. Sayangnya, tidak semua aplikasi tersebut benar-benar berhasil digunakan.

Pada artikel ini, saya hanya akan membahas cara root Android dengan aplikasi yang pernah berhasil saya gunakan saja (berdasarkan pengalaman). Silahkan dicoba satu per satu, siapa tahu ada yang cocok dengan HP Anda.

KingRoot

Cara Root Android dengan KingRoot

KingRoot adalah aplikasi pertama yang saya gunakan untuk root Android. Saya pernah melakukan root dengan aplikasi ini pada HP Evercoss dan Samsung.

Tertarik mencoba? Silahkan ikuti langkah berikut:

  1. Pertama, silahkan Anda download dan install aplikasi KingRoot.
  2. Setelah itu, buka aplikasinya. Pada halaman awal, silahkan pilih Try It dan tunggu proses checking beberapa saat.cara root android dengan aplikasi kingroot
  3. Selanjutnya, klik Try Root untuk mulai proses rooting. Silahkan tunggu beberapa menit sampai proses selesai.cara menggunakan kingroot
  4. Jika proses selesai dan berhasil, maka tampilannya akan seperti gambar di bawah ini, ada tulisan Root gained.cara root samsung dengan kingroot
  5. Jika Anda klik menu (garis tiga di pojok kiri atas), maka akan muncul KingRoot Labs dengan keterangan Root successfully.
  6. Selesai.

Framaroot

Cara Root Android dengan Framaroot

Framaroot adalah aplikasi root yang sangat populer bagi pengguna HP Lenovo dan Smartfren. Kedua HP tersebut pasti berhasil di root dengan Framaroot.

Bagi yang ingin mencoba cara ini, berikut caranya:

  1. Download dan install aplikasi Framaroot terlebih dahulu.
  2. Setelah itu, silahkan buka aplikasinya.
  3. Cara penggunaan Framaroot cukup simpel. Anda cukup mengubah Select an action… menjadi Install SuperSU lalu klik Gandalf. Jika sukses, maka akan muncul jendela seperti gambar berikut.cara root android menggunakan framaroot
  4. Selanjutnya, restart HP Android Anda. Setelah direstart, maka akan muncul aplikasi SuperSu yang bisa Anda gunakan untuk mengatur perizinan aplikasi root.
  5. Selesai.

360 ROOT

Cara Root Android dengan 360 ROOT

360 ROOT ini juga aplikasi root yang cukup ampuh. Namun, kendala aplikasi ini adalah bahasanya yang susah dibaca karena menggunakan bahasa China.

Jika Anda kesulitan menggunakan 360 ROOT, silahkan ikuti panduan berikut:

  1. Pertama, silahkan download aplikasi 360 ROOT lalu install aplikasi tersebut.
  2. Setelah terinstall, buka aplikasinya dan tekan tombol pada halaman awal (cuma ada satu tombol saja kok).
  3. Setelah masuk ke halaman seperti gambar di bawah ini, klik ROOT dan tunggu prosesnya beberapa menit.cara root android menggunakan 360 root
  4. Jika muncul jendela Trying to access location, silahkan pilih Tolak saja. Selanjutnya Anda akan dibawa ke halaman awal aplikasi 360 ROOT lagi dengan tampilan yang berbeda dari sebelum di root.cara root android semua tipe
  5. Selesai.

Baca juga: Cara Upgrade OS Android (Root / Tanpa Root)

Cek Status Root HP Android

Jika sudah melakukan cara di atas, maka Anda harus melakukan pengecekan apakah proses rooting sudah berhasil atau belum. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan aplikasi Root Checker.

Berikut caranya:

  1. Pertama, download aplikasi Root Checker di Google Play Store.
  2. Setelah itu, buka aplikasinya sampai masuk halaman depan.
  3. Selanjutnya, klik Verifikasi Root dan tunggu beberapa saat. Jika HP Anda sudah di root, maka akan muncul pemberitahuan Congratulations… seperti gambar di bawah ini.Root Android
  4. Selesai.

Nah, apakah proses root di Android Anda berhasil?

Jadi, proses root di Android itu memang tidak sama setiap HP, ada yang mudah dan ada yang sulit banget. Bahkan ada HP yang hanya bisa di root menggunakan PC saja, itupun harus install TWRP terlebih dahulu.

Bagi Anda yang berhasil, saya ucapkan selamat. Dan bagi Anda yang gagal, mungkin cara di atas memang tidak cocok dengan HP Anda. Silahkan gabung di grup HP Anda, biasanya pada grup tersebut ada tutorialnya.

Jika Anda baru menggunakan Android dan berhasil melakukan root. Maka akan sangat keren jika Anda mengubah font HP tersebut. Tertarik? silahkan baca cara mengganti font Android.

Demikianlah artikel yang bisa saya sampaikan mengenai cara root Android tanpa PC. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Featured Image Credit:
Icon dibuat oleh author dari www.pngrepo.com
Dimodifikasi oleh penulis.

Charis

Sekadar bocah dari Magelang, Jawa Tengah yang suka dengan komputer dan menulis blog.

Tinggalkan komentar