Cara Upgrade Android

Cara Upgrade Android

Upgrade versi OS Android adalah salah satu hal penting yang harus dilakukan. Pasalnya, selain untuk penambahan fitur baru, upgrade juga memiliki fungsi melakukan perbaikan pada versi sebelumnya.

Perlu diketahui juga, setiap HP Android memiliki batas maksimal upgrade OS. Seperti contoh HP saya yaitu J7 Pro, HP ini hanya mentok sampai Android Pie saja, untuk Android 10 sepertinya tidak dapat.

Bagi Anda yang ingin melakukan upgrade Android namun belum tahu bagaimana caranya, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan cara yang pernah saya lakukan.

Cara Upgrade OS Android

Berikut adalah beberapa cara upgrade OS Android:

On The Air (OTA)

OTA atau On The Air adalah fitur upgrade yang disediakan oleh Android secara resmi. Dengan fitur ini, Anda bisa melakukan upgrade Android dengan sangat mudah karena langsung melalui HP.

Ketika melakukan upgrade melalui OTA, saya sarankan menggunakan koneksi WiFi saja agar koneksinya bagus. Jika memang tidak memungkinkan menggunakan WiFi, gunakan paket data dengan sinyal terbaik.

Upgrade OS Android melalui OTA tidak bisa dilakukan pada HP yang sudah root. Jika HP Anda sudah dalam keadaan root, silahkan gunakan cara berikutnya.

Berikut adalah caranya:

  1. Hubungkan HP dengan koneksi internet. Bagi pengguna data seluler, pastikan kuota Anda mencukupi.
  2. Setelah itu, buka aplikasi Pengaturan di Android Anda lalu cari Software update (Jika tidak ada, silahkan klik Tentang ponsel terlebih dahulu baru cari Software update).
  3. Jika memang ada upgrade yang harus dilakukan, biasanya akan ada pemberitahuan, silahkan langsung klik Download updates manually. Jika ada notifikasi untuk install, silahkan klik Install untuk memulai proses.
    cara upgrade os android
  4. Silahkan tunggu proses download selesai. Jika sudah selesai, biasanya HP akan restart dan melakukan upgrade OS secara otomatis. Anda hanya perlu menunggunya sampai selesai.
    cara upgrade android ke pie
  5. Jika semua proses sudah selesai, maka Anda akan dibawa ke halaman awal Android.
  6. Selesai.

Cara ini tergolong cara paling mudah. Namun, hal yang harus Anda perhatikan adalah koneksi internet memang harus stabil untuk menghindari kegagalan saat proses download.

Baca juga: Cara Ganti Font Android (Root / Tanpa Root)

Flash Firmware

Flash firmware adalah alternatif bagi pengguna yang memiliki Android dalam keadaan root. Dengan flash, maka Anda bisa upgrade versi Android tanpa ribet karena ini termasuk cara yang direkomendasikan.

Cara flash firmware setiap HP berbeda-beda ya, baik dari aplikasi, firmware, maupun langkah-langkahnya. Jadi, silahkan sesuaikan dengan HP masing-masing agar prosesnya berhasil.

Oh ya, flash firmware ini juga perlu sebuah laptop atau komputer. Tanpa menggunakan perangkat tersebut, maka Anda tidak bisa melakukan flashing firmware Android.

Di bawah ini adalah contoh flash firmware pada J7 Pro:

  1. Pertama, download firmware resmi J7 Pro SM-J730G. Jika sudah selesai, ekstrak file tersebut.
  2. Setelah itu, download juga Odin dan Samsung USB Driver lalu lakukan instalasi pada driver.
  3. Jika sudah, buka aplikasi Odin dengan cara klik kanan lalu Run as administrator.
    cara upgrade samsung
  4. Jika Odin sudah terbuka, klik AP lalu pilih AP dari firmware yang diekstrak sebelumnya dan tunggu sampai proses selesai.
    cara upgrade samsung ke pie
  5. Sekarang, matikan HP Samsung Anda. Jika sudah mati, tekan tombol Power + Volume Bawah + Home secara bersamaan.
  6. Selanjutnya Anda akan melihat tampilan seperti gambar di bawah, tekan tombol Volume Atas untuk masuk download mode. Jika berhasil, Anda akan dibawa ke halaman download dengan tulisan Downloading.
    download mode samsung
  7. Kembali ke laptop, silahkan hubungkan Android ke laptop dengan kabel USB. Buka Odin, jika sudah terhubung, pada ID:COM akan berubah menjadi berwarna biru. Klik Start untuk memulai proses flashing.
    cara upgrade os samsung
  8. Tunggu proses flashing sampai selesai. Jika sudah selesai, maka akan ada pemberitahuan tulisan Pass dengan background berwarna hijau yang menandakan proses flashing berhasil.
    cara upgrade android ke oreo
  9. Terakhir, tinggal tunggu proses booting selesai dan HP siap digunakan.

Cara ini juga tergolong mudah, namun lebih rawan terjadi kegagalan. Yang paling penting, firmware yang Anda gunakan sudah sesuai dengan HP dan pastikan juga HP terhubung ke laptop dengan baik.

Baca juga: Cara Root Android (Dengan / Tanpa PC) Terbaru

Custom ROM

Custom ROM adalah sebuah ROM Android yang sudah dimodifikasi baik dari tampilan hingga fitur. Bukan itu saja, terkadang, HP Android bisa juga menggunakan ROM Android lain dengan Custom ROM ini.

Cara ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki Android dan sudah tidak bisa diupgrade lagi versi OSnya (sudah mentok). Anda bisa flash Custom ROM dengan versi Android yang lebih tinggi.

Untuk memasang Custom ROM, Anda diharuskan memasang Custom Recovery (TWRP) terlebih dahulu karena proses flashing Custom ROM dilakukan melalui TWRP Android.

Untuk cara ini, mohon maaf saya tidak bisa memberikan langkah-langkahnya karena saya tidak bisa screenshot TWRP. Tapi tenang, Anda bisa mencari caranya di Forum XDA Developers sesuai HP Anda.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa digunakan untuk upgrade versi OS Android. Kalau saya pribadi, lebih merekomendasikan upgrade via OTA karena lebih aman dan jarang terjadi masalah.

Jika proses upgrade OS berhasil, biasanya kinerja Android akan lebih optimal daripada sebelumnya. Jadi, melakukan upgrade Android juga termasuk cara mempercepat Android paling mudah.

Baca Juga: Cara Menghemat Baterai Android

Demikianlah artikel yang bisa saya sampaikan mengenai cara upgrade OS Android. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Featured Image Credit:
Icon dibuat oleh Smashicons dari www.flaticon.com
Dimodifikasi oleh penulis.

Sekadar bocah dari Magelang, Jawa Tengah yang suka dengan komputer dan menulis blog.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *