Cara Menghapus Virus di Android

Cara Menghapus Virus di Android

Bukan hanya di desktop saja, virus juga bisa menyerang perangkat mobile seperti Android. Mungkin, sudah banyak pengguna Android yang terkena virus di perangkatnya, termasuk saya.

Virus di OS Android juga memiliki varian yang bermacam-macam, seperti contoh: Engriks, Obad, Shuanet, Shedun, ShiftyBug, Cyber Police (Ransomware), dan masih banyak lainnya.

Nah, bagi Anda yang perangkatnya sedang terkena virus malware, tenang dulu. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menghapus virus tersebut.

Cara Menghapus Virus di HP Android

Untuk menghapus virus di HP Android, Anda bisa menggunakan fitur bawaan maupun dengan aplikasi pihak ketiga. Nah, pada artikel ini akan saya paparkan kedua cara tersebut.

Untuk rincian dari keseluruhan cara menghapus virus di Android adalah sebagai berikut:

Menghapus Virus Android dengan Aplikasi

Di Google Play Store, tersedia banyak aplikasi antivirus dari berbagai developer. Namun, pada artikel ini saya akan menggunakan 2 aplikasi saja. Silahkan simak cara di bawah ini:

Kaspersky Antivirus

Kaspersky adalah rekomendasi antivirus terbaik untuk PC maupun Android. Dengan aplikasi ini, Anda bisa melakukan scanning dan menghapus virus yang berasarang di perangkat.

Bagi Anda yang ingin mencoba Kaspersky, silahkan ikuti langkah berikut:

  1. Download aplikasi Kaspersky Antivirus terlebih dahulu.
  2. Jika sudah, buka aplikasi tersebut. Silahkan lanjutkan proses dengan klik Next pada aplikasi.
    cara menghilangkan virus android
  3. Jika ingin menggunakan versi gratis, pada tahap ini klik Skip dan lanjutkan dengan tap Scan.
    cara menghilangkan virus di android samsung
  4. Setelah masuk ke aplikasi, klik Scan dan pilih Full scan untuk melakukan scan secara keseluruhan.
    cara menghilangkan virus di android xiaomi
  5. Tunggu proses scan selesai. Jika sudah selesai, biasanya icon akan menjadi centang dan warna background berubah menjadi hijau.
    cara menghilangkan virus di android yang membandel
  6. Selesai.

Avast Antivirus

Selain Kaspersky, Avast juga merupakan antivirus yang bisa diandalkan untuk menghapus virus di Android. Sama halnya dengan kaspersky, aplikasi ini juga menggunakan metode scan dalam prosesnya.

Berikut cara menggunakan Avast untuk menghapus virus:

  1. Silahkan download Avast Antivirus di Google Play Store.
  2. Setelah itu, buka aplikasinya. Jika mendapati tampilan seperti ini, silahkan pilih Mulai. Selanjutnya pilih Versi Dasar jika ingin menggunakan versi gratis.
    cara menghilangkan virus hp
  3. Jika muncul jendela Catatan privasi, pilih Lanjutkan Secara Gratis saja. Tap Pindai untuk memulai proses scan virus.
    cara menghapus virus trjoan di android
  4. Tunggu proses scan selesai. Jika sudah, Anda akan mendapkan laporan dari Avast. Nah, kalau terdapat permasalahan, silahkan pilih Selesaikan / Resolved, termasuk jika ada virus.
    cara menghapus virus di hp android
  5. Selesai.

HP Android Anda sudah terasa lambat? Silahkan gunakan cara mempercepat Android agar kinerjanya kembali optimal.

Menghapus Virus Android Tanpa Aplikasi

Jika cara menghapus virus di Android dengan aplikasi belum berhasil, maka Anda bisa menggunakan cara-cara berikut ini. Namun, sebagian cara ini mengharuskan Anda membackup data terlebih dahulu.

Berikut adalah beberapa caranya:

Safe Mode

Safe Mode adalah sebuah fitur dimana Android berjalan dengan kegunaan terbatas. Bahkan, semua aplikasi yang Anda install (aplikasi tambahan) tidak akan bisa dijalankan.

Nah, karena sebagian virus disebabkan oleh aplikasi yang terinstall otomatis, maka langkah yang akan dilakukan adalah menghapus aplikasi yang dicurigai sebagai virus.

Berikut caranya:

  1. Silahkan masuk ke Safe Mode Android. Caranya, matikan HP Anda lalu hidupkan kembali, saat layar HP sudah nyala, tekan dan tahan volume down sampai HP berhasil booting.
  2. Jika berhasil, Anda akan melihat tulisan Safe Mode / Mode Aman di pojok kiri bawah layar Android seperti gambar berikut.
    cara menghilangkan virus di hp
  3. Sekarang, buka aplikasi Pengaturan dan cari pengaturan Aplikasi. Silahkan cari aplikasi yang asing dan Anda juga tidak merasa menginstallnya.
  4. Jika sudah ketemu, silahkan uninstall aplikasi tersebut seperti bisanya.
    cara menghapus virus malware di android
  5. Satu lagi, jika Anda merasa virus tersebut berasal dari file yang Anda simpan, silahkan hapus juga file tersebut.
  6. Terakhir, keluar dari Safe Mode dengan cara restart Android.

Factory Reset

Dengan factory reset, maka semua data dan pengaturan di Android Anda akan kembali seperti semua. Jadi, sebelum melakukan langkah ini, Anda harus membackup semua data di memori internal.

Karena semua data akan terhapus, maka virus yang saat ini ada pada Android juga akan terhapus. Cara ini termasuk cara yang paling ampuh dan saya pribadi juga sering menggunakannya.

Jika tertarik, ikuti langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Pengaturan di HP Anda.
  2. Silahkan buka pengaturan Manajemen umum lalu tap Reset (biasanya letak pengaturan reset berbeda antara HP A dengan HP B. Jadi, silahkan dicari sendiri ya jika letaknya tidak sama).
    cara menghilangkan virus di android oppo
  3. Selanjutnya, pilih Reset data pabrik. Pada halaman selanjutnya, pilih Reset untuk memulai proses.
    cara menghilangkan virus di android lenovo
  4. Terakhir, Anda tinggal menunggu proses factory reset selesai hingga HP hidup kembali.
  5. Selesai.

Flash Firmware

hapus virus di android

Mungkin ada yang menganggap kalau flash firmware sama halnya dengan factory reset, karena keduanya sama-sama menghapus data. Hmm… Itu tidak sepenuhnya benar.

Terkadang, masih ada yang tersisa ketika kita melakukan factory reset. Namun, dengan melakukan flashing firmware, semua data Android akan terhapus dan digantikan dengan data baru dari firmware.

Jadi, ketika Anda sudah melakukan factory reset namun virus masih ada, silahkan lakukan flash firmware. Saya jamin virus Anda benar-benar hilang 100%.

Baca Juga: Cara Mengatasi HP Bootloop (Stuck di Logo / Mati Total)

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan virus di Android root maupun no root. Bagaimana, apakah virus di HP Anda berhasil dihilangkan? Jika menemui kendala, silahkan tuliskan di kolom komentar.

Demikianlah artikel yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bisa bermanfaat dan membantu Anda dalam menghapus virus di Android.

Featured Image Credit:
Icon dibuat oleh Smashicons dari www.flaticon.com
Dimodifikasi oleh penulis.

Sekadar bocah dari Magelang, Jawa Tengah yang suka dengan komputer dan menulis blog.

    Temukan saya di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *