Cara Cek HP Samsung

Saat ini, HP yang tersebar di pasaran bukan hanya produk dari pabrik resmi saja, banyak juga produk tiruan yang didesain sangat mirip dengan aslinya, salah satunya adalah HP dari vendor Samsung.

Dengan adanya kasus tersebut, maka sangat penting bagi kita untuk mengetahui cara cek HP samsung apakah asli atau replika (HDC). Khususnya bagi yang hendak membeli HP dalam kondisi bekas.

Bagi Anda yang belum tahu cara mengecek HP samsung yang asli, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan caranya, hal ini atas dasar kepedulian saya kepada Anda semua agar tidak kena tipu. 😀

Cara Mengecek HP Samsung Asli

Untuk mengecek HP Samsung, ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan, diantaranya adalah sebagai berikut:

Kode Rahasia

Setiap HP pasti memiliki kode rahasia yang berbeda, termasuk Samsung. Kode rahasia ini sering digunakan untuk mengecek HP Samsung apakah asli atau palsu.

Selain untuk mengetahui HP Samsung asli, kode ini juga bisa digunakan untuk mengecek komponen seperti LCD, Sensor, Kamera, Getaran, Speaker, dan lain sebagainya (nanti bisa dicoba sendiri).

Berikut adalah langkahnya:

  1. Pertama, silahkan masuk ke aplikasi Telepon di HP Anda.
  2. Setelah itu, ketikkan *#0*#. Jika HP Anda asli, maka secara otomatis Anda akan dibawa ke menu seperti gambar di bawah ini.cara cek hp samsung asli atau palsu
  3. Selesai.

Jika Anda tidak dibawa ke menu seperti gambar di atas, maka bisa dipastikan HP Samsung Anda palsu atau replika. Oh ya, kalau Anda penasaran dengan fitur-fitur di atas, silahkan langsung dicoba saja.

Jika masih belum punya Samsung Account, alangkah baiknya segera membuatnya. Bagi yang masih bingung, bisa ikuti cara daftar akun Samsung.

Nomor IMEI

Sama halnya dengan kode rahasia, setiap HP pasti memiliki IMEI yang berbeda. IMEI adalah nomor unik yang digunakan sebagai identitas untuk setiap slot kartu yang diberikan produsen HP.

Karena bersifat unik, maka IMEI setiap pengguna sudah pasti berbeda. Hal ini termasuk pada HP yang memiliki 2 slot kartu, jadi HP tersebut akan memiliki 2 nomor IMEI.

Hal yang harus diperhatikan untuk mengetahui HP Samsung ori atau kw adalah, pastikan IMEI di HP dan dus sama persis.

Berikut adalah cara cek IMEI Samsung:

  1. Pertama, silahkan masuk ke aplikasi Telepon di HP Anda.
  2. Setelah itu, ketikkan *#06#. Setelah itu, Anda akan melihat nomor IMEI, silahkan cek apakah sama dengan yang ada di dus. Jika sama, maka HP Samsung Anda original.cara cek hp samsung normal
  3. Selesai.

Seperti yang saya katakan sebelumnya, jika HP kita memiliki 2 slot kartu, maka akan terdapat 2 nomor IMEI.

Ketahui cara melacak HP Samsung yang hilang agar saat saat kehilangan HP Anda tidak panik karena sudah tahu caranya.

Website IMEI

Cara ini ada kaitannya dengan cara kedua (menggunakan nomor IMEI). Setelah mengetahui nomor IMEI, Anda bisa melakukan pengecekan menggunakan website resmi IMEI.

Cara ini nantinya akan menampilkan detail HP Anda seperti model, brand, dan informasi basic lainnya. Oh ya, cara ini juga bisa digunakan untuk mengecek HP selain Samsung ya.

Berikut adalah caranya:

  1. Pertama, silahkan Anda kunjungi website imei.info
  2. Setelah itu, masukkan IMEI HP Samsung Anda pada kolom yang disediakan, centang captcha lalu klik Check.cara mengetahui keaslian hp samsung
  3. Setelah itu, Anda akan dihadapkan dengan detail tentang HP Anda. Seperti contoh di bawah ini, karena HP saya adalah Samsung J7 Pro, maka yang ditampilkan adalah detail HP Samsung J7 Pro.cara cek keaslian hp samsung
  4. Selesai.

Jika hasil pengecekan di atas sesuai dengan merk HP Anda, maka bisa dipastikan Samsung Anda original. Hal ini penting dilakukan, karena terkadang, ada juga HP yang diganti IMEI dengan IMEI HP lain.

Cek Spesifikasi

Percayalah, spesifikasi HP Samsung asli dengan replika sangat jauh berbeda. Untuk itu, Anda harus melakukan pengecekan secara manual untuk mengetahuinya. Jangan sampai terperdaya tulisan yang ada pada dus ataupun pengaturan ponsel.

Untuk cek spesifikasi HP Samsung, Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi pihak ketiga. Namun, pada artikel ini saya akan mencontohkan dengan aplikasi CPU-Z.

Berikut caranya:

  1. Pertama, buka Play Store dan download CPU-Z.
  2. Tunggu proses download selesai lalu buka aplikasi tersebut.
  3. Pada halaman aplikasi, Anda akan melihat detail HP yang Anda gunakan dengan jelas.cara cek hp samsung
  4. Silahkan bandingkan spesifikasi tersebut dengan spesifikasi yang tertera pada website Samsung, pastikan sama.
  5. Selesai.

Dengan mengetahui spesifikasi asli HP yang Anda gunakan, maka Anda akan tahu apakah HP tersebut Samsung asli atau replika. Agar lebih yakin lagi, Anda juga bisa menyamakan spesifikasi yang ada di dus dan spesifikasi dari CPU-Z.

Fisik HP

cara cek samsung asli

Perbandingan paling mencolok antara Samsung asli dengan replika adalah material yang digunakan pada fisiknya. Kita semua pasti sepakat kalau vendor Samsung menggunakan bahan yang berkualitas untuk produknya.

Jadi, ketika Anda hendak membeli HP Samsung dengan kondisi fisik aneh atau berbeda dengan HP Samsung pada umumnya, Anda perlu berhati-hati, atau bahkan curiga sekalipun.

Terkait hal ini, ada baiknya Anda membeli pada penjual yang memang sudah terpercaya, terlebih untuk HP bekas. Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah mengajukan komplain ketika HP tersebut adalah HP replika.

Kualitas Kamera

cek samsung

Dari segi kualitas, kamera HP Samsung memang tidak perlu diragukan lagi. Hasil jepretan yang diambil sudah pasti tidak mengecewakan, karena hardware yang digunakan bukanlah hardware sembarangan.

Nah, hal tersebut bisa Anda jadikan patokan untuk membedakan antara Samsung asli dengan Samsung replika. Jika dibandingkan, hasil dari kedua kamera tersebut akan terlihat berbeda. Terkadang, hasil kamera Samsung replika akan kalah mutlak.

Teman saya pernah menggunakan Samsung replika dan kebetulan saya pernah mencoba kameranya. Dan benar saja, hasil gambar yang dihasilkan sangat jauh jika dibandingkan dengan Samsung original.

Kualitas Layar

cara mengecek hp samsung

Saat ini, sebagian besar produk Samsung menggunakan layar Super Amoled dengan resolusi tinggi. Dengan begitu, kualitas gambar ataupun warna yang dihasilkan akan lebih tajam dan jernih.

Jika diperhatikan, HP Samsung replika yang tersebar di pasaran adalah HP keluaran terbaru. Mungkin, alasan utamanya supaya HP tersebut cepat laku mengingat harganya yang lebih jomplang.

Tapi tunggu dulu, hal tersebut menjadi celah yang bisa digunakan untuk membedakan Samsung asli dan replika. Anda bisa melihat sendiri perbedaannya, kualitas layar Samsung replika (mungkin) cukup buruk.

Selain dilihat secara kasat mata, Anda juga akan merasakan perbedaan yang sangat menonjol ketika mengoperasikan layar tersebut. HP Samsung replika cenderung tidak nyaman ketika layarnya digeser ataupun ditekan.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengecek HP Samsung apakah asli atau palsu. Semoga cara ini bisa memberikan manfaat bagi Anda yang hendak membeli merk HP ini.

Featured Image Credit:
Icon dibuat oleh Smashicons dari www.flaticon.com
Dimodifikasi oleh penulis.

Charis

Sekadar bocah dari Magelang, Jawa Tengah yang suka dengan komputer dan menulis blog.

Tinggalkan komentar