cara cek imei samsung

Cara Cek IMEI Samsung

Cara cek IMEI Samsung bukanlah perkara yang sulit karena pengembang Samsung sendiri sudah menyediakan beberapa pilihan yang bisa Anda gunakan dengan sangat mudah, termasuk untuk pemula sekalipun.

Terkadang, kita memang perlu mengetahui nomor IMEI untuk beberapa keperluan penting, seperti contohnya untuk cek HP Samsung apakah original atau replika.

Nah, bagi Anda yang belum tahu cara cek IMEI HP Samsung, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan cara yang sering digunakan dan yang paling mudah dilakukan.

Cara Mengetahui IMEI Samsung

Sekadar info, IMEI adalah kependekan dari International Mobile Equipment Identity, yaitu sekumpulan kode unik yang terdiri 14 sampai 16 digit angka.

Layaknya IP Address, nomor IMEI juga bersifat unik dalam artian hanya dimiliki oleh satu perangkat saja. Jadi, setiap HP Android sudah pasti memiliki IMEI yang berbeda.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui IMEI HP Samsung:

Kode USSD

Ini adalah cara yang paling sering digunakan untuk cek IMEI, bukan hanya Samsung saja ya, melainkan juga merk-merk HP lainnya.

Berikut adalah caranya:

  1. Pertama, silahkan buka aplikasi Telepon di HP Anda.
  2. Setelah itu, ketikkan kode *#06# dan tunggu sebentar, Anda akan dibawa ke halaman yang menampilkan nomor IMEI.cara cek imei hp samsung
  3. Selesai.

Mungkin ada yang bertanya, “Itu kok ada 2 nomor IMEI, punya saya kok cuma 1 doang?”. Jumlah IMEI itu tergantung dari slot kartu SIM di HP Anda, jika slotnya 2 maka akan ada 2 IMEI, begitupun jika slotnya cuma 1, maka hanya ada 1 IMEI.

Agar bisa menggunakan semua layanan Samsung seperti Galaxy Themes dan Galaxy Store, Anda harus login Samsung Account terlebih dahulu. Jika belum punya, silahkan baca cara membuat akun Samsung.

Pengaturan

Di pengaturan, kita bisa menemukan berbagai macam alat dengan fungsi yang berbeda-beda, salah satunya adalah tentang ponsel yang bisa digunakan untuk melihat IMEI HP.

Berikut adalah cara cek IMEI Samsung dengan pengaturan:

  1. Pertama, silahkan buka aplikasi Pengaturan di HP Anda.
  2. Setelah itu, klik Tentang Ponsel (About Device). Nah, pada halaman tersebut Anda bisa melihat nomor IMEI Samsung Anda.cara melihat imei samsung
  3. Selesai.

Ketika Anda sudah klik Tentang Ponsel akan tetapi belum menemukan nomor IMEI, maka Anda harus masuk ke halaman Status. Jadi, prosesnya Pengaturan Tentang > Ponsel Status > disini tempat IMEI Anda.

Jika HP Samsung Anda hilang, silahkan baca cara melacak HP Samsung tanpa IMEI. Kenapa tanpa IMEI? Karena prosesnya ribet, harus bekerjasama dengan pihak berwenang.

Cek Fisik

cara mengetahui imei samsung

Cek fisik yang saya maksud disini adalah melihat pada dus HP Anda. Silahkan Anda cek pada bagian samping dus tersebut, biasanya akan tertera detail IMEI dan beberapa detail lainnya.

Pada HP yang baterainya bisa dilepas (bukan baterai tanam), bisa juga melihat pada bagian bawah baterai. Jadi, Anda perlu membuka casing dan baterai untuk melihat IMEI.

Sedangkan untuk HP dengan baterai tanam, Anda bisa melihat nomor IMEI pada bagian belakang HP Anda. Hampir semua HP dengan baterai tanam menyertakan informasi IMEI pada casing belakang.

IMEI Info

Sebenarnya cara ini tidak wajib alias opsional saja, Anda boleh melakukannya ataupun tidak. Fungsi dari cara ini lebih ke memastikan apakah IMEI tersebut benar-benar dari Samsung atau tidak.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mengikuti langkah berikut ini:

  1. Pertama, buka website imei.info.
  2. Setelah itu, masukkan no IMEI yang Anda dapatkan pada langkah 1-3 ke kolom yang disediakan website. Jangan lupa centang captcha lalu klik Check.cek imei samsung
  3. Jika sudah, Anda akan melihat detail informasi dari IMEI tersebut, lebih tepatnya informasi mengenai HP yang digunakan seperti gambar berikut.cara cek imei samsung
  4. Selesai.

Kecocokan nomor IMEI dengan informasi HP yang muncul menandakan kalau IMEI tersebut benar-benar dari Samsung. Jadi, bisa disimpulkan kalau HP yang Anda gunakan adalah HP Samsung original.

Nah, itulah beberapa cara cek IMEI Samsung yang bisa Anda gunakan. Cara-cara di atas sebenarnya mudah semua, namun kebanyakan orang lebih memilih menggunakan cara pertama, yaitu menggunakan kode USSD.

Mungkin cukup sekian artikel yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel singkat ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Featured Image Credit:
Icon dibuat oleh Smashicons dari www.flaticon.com
Dimodifikasi oleh penulis.

Sekadar bocah dari Magelang, Jawa Tengah yang suka dengan komputer dan menulis blog.

    Temukan saya di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *