Cara Mengetahui IP Address

Cara Mengetahui IP Address

IP Address atau Internet Protocol Address merupakan suatu identitas yang diberikan pada sebuah perangkat seperti komputer, router, ataupun printer pada jaringan yang menggunakan IP sebagai alat komunikasi.

IP digunakan untuk mengidentifikasi alamat komputer, laptop, ataupun switch dalam jaringan. Alamat tersebut ditugaskan dalam kartu jaringan untuk berkomunikasi dengan perangkat jaringan lainnya.

IP Address bersifat unik dalam artian satu IP hanya bisa dimiliki oleh satu perangkat saja. Setiap komputer dalam satu jaringan tidak akan ada yang memiliki IP sama. Kalaupun ada, maka jaringan tidak akan terkoneksi atau tabrakan.

Cara Cek IP Address

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mengetahui alamat IP Windows. Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan cara mengetahui IP Address menggunakan program bawaan Windows yaitu CMD.

  1. Pertama, buka CMD pada Windows Anda.
  2. Kemudian, ketikkan ipconfig lalu tekan enter.
  3. Akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Yang saya tandai kotak merah adalah IP Address pada Windows.Cara Cek IP Address
  4. Selesai.

Bagaimana, sangat mudah bukan? Untuk sistem operasi Linux sebenarnya hampir mirip. Yang membedakan hanyalah perintah yang diketikkan. Kalau Windows ipconfig, sedangkan untuk Linux adalah ifconfig.

Mungkin hanya ini saja artikel yang dapat saya bagikan. Semoga artikel singkat mengenai cara mengetahui IP Address pada Windows ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *