Cara Menghilangkan Iklan Chrome

Cara Menghilangkan Iklan Chrome

Kita semua pasti sepakat kalau Google Chrome merupakan salah satu browser terbaik yang ada. Kita disediakan banyak fitur oleh Google untuk mengubah-sesuaikan tampilan dan fungsi Google Chrome itu sendiri, salah satunya adalah ekstensi.

Walupun browser terbaik, tapi kalau pengaturannya masih default pasti akan banyak iklan yang muncul. Sekadar info, biasanya iklan yang muncul tergantung apa yang sering Anda cari. Jadi, browser akan memanfaatkan history ketika menampilkan iklan.

Tapi tenang, dengan ekstensi yang sudah disediakan oleh developer, kita bisa menghilangkan iklan di Google Chrome. Caranya ada berbagai macam, baik itu di android maupun di laptop.

Cara Menghilangkan Iklan di Google Chrome PC

Yang akan kita gunakan untuk menghilangkan iklan Google Chrome laptop dan komputer adalah ekstensi yang ada di Chrome Web Store, yaitu AdBlock. AdBlock sendiri ada beberapa macam, diantaranya AdBlock dan AdBlock Plus.

1. AdBlock Plus – free ad blocker

Cara Menghilangkan Iklan di Google Chrome

Jujur, kalau saya sendiri sejak dulu menggunakan AdBlock Plus. Mungkin itulah alasan saya menempatkan AdBlock Plus pada nomor 1 daftar aplikasi untuk menghilangkan iklan di Google Chrome.

AdBlock Plus merupakan salah satu pemblokir iklan terbaik untuk aplikasi Google Chrome. Terbukti dengan banyaknya pengguna serta rating yang diberikan pada ekstensi ini cukup bagus.

AdBlock Plus mampu memblokir iklan di situs-situs besar seperti YouTube, Facebook, serta situs-situs yang sering Anda kunjungi untuk mencari informasi (yang ada iklannya).

Penggunaan ekstensi ini juga sangat mudah. Untuk mengaktifkan ataupun mematikan ad block, kita cukup klik toggle power saja.

Memblokir Iklan Chrome dengan AdBlock Plus

Untuk menginstallnya cukup mudah, Anda tinggal ketikkan di Google dengan keyword AdBlock Plus Chrome lalu klik. Setelah masuk, pilih Add to Chrome atau Tambahkan ke Chrome  lalu pilih Add Extension seperti gambar di bawah ini.

Cara Menghilangkan Iklan Chrome dengan AdBlock

Setelah itu, iklan di Google Chrome Anda akan hilang. Pokoknya, ekstensi yang satu ini wajib Anda coba karena fitur serta cara penggunaanya memang sangat mudah.

2. AdBlock

Cara Menghapus Iklan di Google Chrome

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, AdBlock memiliki berbagai macam. Cuma nama dan fungsinya saja yang sama, tapi biasanya pengembangnya berbeda.

Untuk yang kedua ini, di Chrome Web Store namanya cuma AdBlock saja. Saya juga pernah menggunakannya sebelumnya, fitur-fiturnya juga bisa dikatakan sangat simpel.

AdBlock menjadi saingan ketat AdBlock Plus. Meskipun sama-sama menghilangkan iklan di Google Chrome, biasanya pengguna tetap akan menilai dan membandingkan keduanya, yang terbaik yang akan digunakan.

3. Pengaturan (Iklan Notifikasi)

Cara Menghilangkan Iklan Notifikasi Google Chrome

Sebelumnya, apakah Anda pernah melihat iklan notifikasi seperti gambar di atas? Itu adalah iklan notifikasi yang sering muncul di bagian kanan bawah layar.

Sebenarnya, jika Anda teliti ketika browsing, terutama ingin mengunduh aplikasi, Anda tidak akan terkena iklan tersebut. Iklan notifikasi muncul karena ada situs yang diam-diam menyematkan notifikasi pada Google Chrome.

Dulu, saya pernah mengalami hal ini. Jadi, bagi Anda yang ingin mengunduh aplikasi dan diarahkan ke sebuah situs yang banyak iklan bannernya, saya harap tidak pernah menekan tombol Allow jika ada pop up muncul.

Nah, bagi yang terkena iklan notifikasi, di bawah ini akan saya berikan cara menghilangkannya.

  • Pertama, klik icon titik tiga pada pojok kanan atas lalu pilih Settings.Cara Menghapus Iklan Notifikasi Google Chrome
  • Scroll ke bawah lalu klik Advanced untuk melihat semua pengaturan.
  • Pada bagian Privacy and security, silahkan pilih Site Settings.Cara Menghapus Iklan Notifikasi Chrome
  • Selanjutnya, dari sekian banyak pilihan, silahkan pilih Notification.
  • Pada bagian situs yang dianggap penyebab iklan, silahkan klik pada titik tiga lalu pilih Remove.Cara Menghilangkan Iklan Notifikasi
  • Selesai.

Cara Menghilangkan Iklan di Google Chrome Android

Di Android, kita tidak bisa menggunakan ekstensi untuk manghapus iklan Google Chrome. Yang akan kita gunakan hanyalah pengaturan bawaan saja. Disini kita bukan hanya menghapus iklan saja, tapi juga akan menghapus pop up.

  • Pertama, klik titik tiga pada pojok kanan atas lalu pilih Setelan.Cara Menghapus Iklan di Google Chrome Android
  • Scroll ke bawah lalu pilih Setelah Situs.
  • Setelah masuk setelan situs, silahkan pilih Pop-up dan pengalihan lalu klik toggle untuk menonaktifkannya.Cara Menghapus Iklan Android
  • Untuk menonaktifkan iklan di Google Chrome android, silahkan kembali ke setelan situs, pilih Iklan lalu klik sampai toggle berubah warna menjadi abu-abu.Cara Menghilangkan Iklan Android
  • Selesai.

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan iklan di Google Chrome. Semua cara di atas sudah pernah saya praktikkan dan berhasil. Sebenarnya masih ada lagi cara menghilangkan iklan di Android, akan saya bahas pada lain waktu.

Mungkin hanya ini saja artikel yang dapat saya sampaikan. Semoga artikel singkat ini bisa bermanfaat dan membantu Anda mengatasi Google Chrome yang sering muncul iklan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *