Contoh Laporan Prakerin

Contoh Laporan Prakerin

Prakerin merupakan salah satu kegiatan pokok siswa SMK. Biasanya, kegiatan ini dilaksanakan ketika kelas XI atau kelas 11. Jangka waktunya bermacam-macam, kalau saya kemarin hanya 3 bulan.

Setelah prakerin usai, kita diharuskan membuat laporan tentang kegiatan apa saja yang dilakukan ketika prakerin. Ini menjadi hal wajib karena selain tugas dari sekolah, laporan ini juga merupakan bentuk tanggung jawab kita.

Terkadang, masih ada siswa yang kebingungan ketika menyusun laporan ini. Tapi itu wajar, karena dulu saya juga mengalami hal tersebut. Oleh karena itu, kali ini saya akan sedikit sharing contoh laporan prakerin, khususnya untuk jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ).

Tapi tenang, bukan berarti contoh ini tidak bisa digunakan untuk jurusan lain. Contoh laporan PKL ini bersifat universal, bisa digunakan untuk semua jurusan dengan catatan harus disesuaikan terlebih dahulu dengan jurusan teman-teman.

Bagi teman-teman yang membutuhkan referensi contoh laporan prakerin, di bawah ini akan saya berikan laporan yang saya gunakan saat prakerin dulu. Silahkan ambil bagian yang dibutuhkan, jangan lupa diubah sesuai keinginan.

Contoh Laporan PKL SMK

Di bawah ini akan saya paparkan bagian-bagian laporan prakerin secara keseluruhan. Setelah itu, akan saya jelaskan bagian tersebut secara rinci dengan maksud agar teman-teman lebih mudah dalam memahaminya.


LAPORAN

PRAKTIK KERJA INDUSTRI

(PRAKERIN)

DI BOSS NOTEBOOK

SMK Muhammadiyah 1 Salam

Disusun oleh:

Nama:Charis Fitriyanto
NIS:9906
Kelas:XI TKJ B
Kompetensi Keahlian:Teknik Komputer dan Jaringan

SMK MUHAMMADIYAH 1 SALAM

Jln. Lap Jumoyo, Kec Salam, Magelang Telp/Fax (0293) 558315

Website : www.smkmuh1salam.sch.id

Email : [email protected]

TAHUN PELAJARAN 2015/2016

RINCIAN COVER (SAMPUL)

1. Pada bagian paling atas cover, silahkan Anda tuliskan Laporan Praktik Kerja Industri dengan maksud agar pembaca langsung tahu, sebenarnya ini laporan apa sih.

2. Setelah judul, kemudian diikuti dengan tempat di mana Anda melaksanakan kegiatan prakerin. Pada contoh ini, saya menuliskan nama perusahaan yang saya gunakan prakerin, yaitu Boss Notebook.

3. Pada bagian selanjutnya (di bawah judul dan tempat prakerin) adalah logo SMK Anda. Silahkan cari di Google, biasanya ada. Kalau tidak ada, silahkan minta pada guru pembimbing prakerin.

4. Di bawah logo SMK adalah identitas Anda seperti nama, NIS, kelas, serta kompetensi keahlian. Bisa ikuti contoh yang saya berikan saja, cukup ubah identitasnya menjadi identitas Anda.

5. Bagian terakhir adalah identitas singkat sekolah Anda. Anda bisa mengikuti contoh yang ada, yaitu dengan menuliskan nama sekolah, alamat, website, email, dan tahun pelajaran.


LEMBAR PENGESAHAN

LAPORAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI

DI BOSS NOTEBOOK

Waktu Pelaksanaan

1 Februari 2016 s/d 30 April 2016

Disusun oleh:

Nama:Charis Fitriyanto
NIS:9906
Kelas:XI TKJ B
Kompetensi Keahlian:Teknik Komputer dan Jaringan

Laporan ini telah diperiksa dan disahkan oleh:

Pembimbing Prakerin DU/DIGuru Pembimbing
M. Lukmanul AzzamAnike Nugraheni, S.Si

Salam, 5 Mei 2016

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

Drs. H. Suparno

NIP. 19560907 ****** 1 003

RINCIAN LEMBAR PENGESAHAN

Sekadar info, lembar pengesahan prakerin digunakan sebagai legalitas bahwa laporan prakerin yang dibuat telah lulus seleksi guru pembimbing. Di sekolah saya, lembar pengesahan prakerin cukup satu saja.

Tapi, ada juga sekolah yang lembar pengesahannya lebih dari satu, yaitu meliputi lembar pengesahan sekolah, lembar pengesahan perusahaan, dan lembar pengesahan penguji sekolah. Jadi, silahkan tanyakan pada guru pembimbing terlebih dahulu.

Sebenarnya, bagian ini hampir sama dengan cover laporan prakerin. Cuma, ada beberapa perbedaan yang tidak cukup banyak. Pada lembar pengesahan prakerin, tidak perlu ada logo SMK.

Selain itu, ada tambahan lain yaitu pernyataan kalau laporan prakerin yang Anda buat sudah disahkan oleh guru pembimbing, pembimbing prakerin, dan kepala sekolah. Pengesahan tersebut biasanya ditandai dengan ada tanda tangan pihak terkait.


DAFTAR ISI

LEMBAR PENGESAHAN

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR

BAB I PENDAHULUAN

     1.1 Latar Belakang

     1.2 Maksud Dan Tujuan

     1.3 Tempat Dan Waktu Pelaksanaan

BAB II PROFIL PERUSAHAAN

     2.1 Sejarah Berdiri Perusahaan

     2.2 Struktur Organisasi Perusahaan

     2.3 Bidang Usaha

BAB III PEMBAHASAN

     3.1 Dasar Teori

     3.2 Cara Kerja Prakerin di Instansi Terkait

BAB IV PENUTUP

     4.1 Kesimpulan

     4.2 Saran

DAFTAR PUSTAKA

RINCIAN DAFTAR ISI

Sebenarnya tidak perlu ada yang dijelaskan ya pada bagian daftar isi. Soalnya, Anda hanya perlu menyesuaikan saja dengan isi laporan prakerin. Yang terpenting adalah pembaca lebih mudah dalam mencari apa yang ada pada laporan.

Oh ya, saya juga mohon maaf kalau daftar isi pada contoh di atas tidak ada titik-titiknya, soalnya berantakan hasilnya kalau ditulis di blog.


KATA PENGANTAR

     Puji Syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan nikmat, rahmat, serta hidayah-Nya sehingga kami dapat melaksanakan dan menyelesaikan Prakerin di Boss Notebook. Karena tanpa nikmat-Nya, mungkin kami belum tentu bisa menyelesaikan kegiatan ini dari awal sampai akhir.

     Dengan ini, kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan mensukseskan pelaksanaan Prakerin ini, karena tanpa dukungan dan bantuan dari mereka mungkin pula kami belum tentu bisa menyelesaikan kegiatan Prakerin ini.

     Kami tahu, masih banyak kekurangan dalam pelaksanaan dan penyusunan Laporan  Prakerin ini. Namun kami telah berusaha semaksimal mungkin dalam melaksanakannya. Oleh karena itu, kami mohon kritik dan saran yang membangun agar lebih baik untuk kedepannya.

     Semoga dengan kegiatan Prakerin ini dapat meningkatkan kemampuan dan kualitas kami dalam Dunia Usaha.

RINCIAN KATA PENGANTAR

1. Judul Kata Pengantar silahkan diletakkan pada tengah-tengah dengan huruf kapital dan cetak tebal.

2. Setiap paragraf, silahkan diberi tanda dengan menekan Tab satu kali (di Microsoft Word) agar lebih menonjol.

3. Paragraf pertama biasanya berisi ucapan rasa puji syukue kepada Allah SWT.

4. Kemudian diikuti dengan ucapan terima kasih pada pihak terkait yang sudah membantu menyukseskan kegiatan prakerin ini.

5. Selanjutnya, silahkan utarakan kalau Anda sudah melaksanakan prakerin dan membuat laporannya semaksimal mungkin. Jangan lupa untuk mohon kritik dan saran pada pembaca.

6. Yang terakhir adalah penutup dari kata pengantar tersebut.


BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

     Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) akan mempersiapkan serta memberikan pembekalan yang matang kepada siswa guna menunjang kesuksesan di dunia usaha. Dengan adanya prakerin, siswa akan mendapatkan pengalaman tentang dunia kerja. Siswa diharapkan dapat menuliskan hasil prakerin dalam bentuk laporan.

1.2 Maksud dan Tujuan

Maksud dan tujuan diadakannya kegiatan prakerin adalah sebagai berikut:

  1. Menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas, yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan, dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan pekerjaan.
  2. Memperkokoh hubungan antara sekolah dan dunia kerja.
  3. Meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan kerja berkualitas.
  4. Memberi pengakuan serta penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian proses pendidikan.

1.3 Tempat dan Waktu Pelaksanaan

Tempat Prakerin:Boss Notebook
Waktu Pelaksanaan:1 Februari 2016 s/d 30 April 2016

RINCIAN PENDAHULUAN

Pada bagian pendahuluan laporan prakerin, sekolah saya mewajibkan 3 poin yaitu latar belakang, maksud dan tujuan, serta tempat dan waktu pelaksanaan prakerin.

Latar Belakang

Latar belakang ini biasanya berisi tentang alasan kenapa diadakan kegiatan prakerin. Memang, kegiatan ini sangat perlu diadakan guna mempersiapkan siswa-siswi SMK agar siap terjun langsung ke dunia industri.

Jadi, silahkan Anda tuliskan kira-kira apa yang melatarbelakangi kegiatan prakerin. Contoh singkatnya sudah saya tuliskan. Untuk yang lebih lengkap lagi, Anda bisa mencarinya di Google atau menyusun kalimat sendiri.

Maksud dan Tujuan

Pada bagian ini silahkan tuliskan maksud dan tujuan diadakannya prakerin. Jika diperhatikan memang hampir sama dengan latar belakang. Tapi, pada bagian ini sebaiknya ditulis secara langsung saja, yaitu dengan membuatkan list (daftar).

Tempat dan Waktu Pelaksanaan

Ini pasti semua sudah tahu. Silahkan tuliskan tempat Anda prakerin, contohnya Boss Notebook. Kapan? 1 Februari 2016 s/d 30 April 2016.

Oh ya, biasanya bagian pendahuluan ini isinya akan sedikit berbeda antara sekolah satu dengan sekolah lain. Jadi, agar pasti, Anda bisa bertanya pada guru pembimbing atau melihat panduan pembuatan laporan prakerin yang diberikan sekolah.


BAB II PROFIL PERUSAHAAN

2.1 Sejarah Berdiri Perusahaan

       Boss Notebook berdiri pada tahun 1986. Dulu beralamatkan di Jl. Palagan Tentara Pelajar no.61 Yogyakarta. Namun pada tahun 2015 Boss Notebook pindah di Jl. Monumen Yogya Kembali no.25 Yogyakarta. Boss Notebook merupakan salah satu tempat Service Notebook dan PC di Yogyakarta.

2.2 Struktur Organisasi Perusahaan

       Boss Notebook merupakan Perusahaan yang dikelola oleh perseorangan/individu. Jadi Perusahaan ini beda dari Perusahaan yang lain, yang memiliki struktur organisasi.

2.3 Bidang Usaha

       Boss Notebook merupakan Perusahaan perseorangan yang bergerak di bidang Service Notebook, PC, jual berbagai macam Accessories, dan menerima jual/beli Notebook dan PC dalam keadaan hidup maupun mati.

RINCIAN PROFIL PERUSAHAAN

Pada bagian ini, Anda harus mengetahui tentang perusahaan atau tempat yang digunakan prakerin. Alangkah lebih baiknya, silahkan bertanya langsung pada pimpinannya.

Selain mendapatkan pengetahuan tentang perusahaan tersebut, Anda juga bisa membangun hubungan agar lebih dekat dan akrab dengan pimpinannya sehingga prakerin akan lebih menyenangkan.

Pada panduan membuat laporan prakerin sekolah saya, bagian ini hanya berisi 3 poin yaitu sejarah berdiri berusahaan, struktur organisasi, dan bidang usaha.


BAB III PEMBAHASAN

3.1 Dasar Teori

     Dalam kegiatan Prakerind yang dilaksanakan 3 bulan dari tanggal 1 Februari 2016 s/d 30 April 2016 di Boss Notebook Jl. Monumen Yogya Kembali no.25 Yogyakarta, banyak hal yang kami lakukan.

     Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat menambah pengalaman dan kemampuan kami dalam jurusan yang kami pilih (Teknik Komputer Jaringan). Dari banyak hal yang kami lakukan, berikut beberapa diantaranya:

  1. Belajar Marketing
  2. Setting BIOS Untuk Installasi
  3. Installasi Windows 7
  4. Partisi Hard Disk
  5. Cek Kondisi Hard Disk

     Semoga dengan kegiatan ini akan menambah pengalaman dan kemampuan saat sudah lulus nanti. Dan ilmu yang kami dapatkan bisa digunakan dalam dunia kerja nanti.

3.2 Cara Kerja Prakerind di Instansi Terkait

1. Belajar Marketing

     Bukan hanya mempelajari Software dan Hardware saja. Dalam Prakerin yang kami laksanakan juga mempelajari tentang Marketing. Jadi kami diajarkan bagaimana menerima konsumen yang datang untuk Service, Membeli Accessories, Menjual Laptop/PC, dan hal lain yang ada hubungan nya dengan Marketing.

     Memang ini hanya marketing dasar saja. Pada awalnya memang masih bingung jika harus menerima konsumen sendiri (tanpa pendampingan Pembimbing DU). Namun lama-kelamaan kami menjadi terbiasa akan hal tersebut. Dan kami juga menjadi lebih mengenal mengenai Marketing.

     Dengan kegiatan ini, kami jauh lebih mengenal tentang bagaimana tata cara melayani konsumen dengan baik dan benar. Jadi ilmu ini akan sangat berguna suatu saat nanti. Selain itu, kami juga tidak akan kaget dan bingung lagi ketika menerima konsumen suatu saat nanti. Yang pasti sangat bermanfaat.

2. Setting BIOS untuk Instalasi

  1. Nyalakan komputer/laptop.
  2. Lalu tekan F2, F8, 10, F11, F12, Esc, atau Del (Setiap perangkat berbeda) dengan cepat untuk masuk BIOS.
  3. Lalu sesuaikan, sebagai contoh akan booting melalui CD-ROM Drive maka letakkan CD-ROM Drive paling atas pada menu Boot.
  4. Lalu Save dan Exit, maka perangkat akan otomatis restart.
  5. Setelah itu, akan terlihat perintah menekan tombol untuk booting melalui CD-ROM Drive lalu tekan sembarang tombol untuk melanjutkan booting melalui CD-ROM Drive.Contoh Laporan PKL SMK

Mohon maaf, tidak semua yang saya lakukan saat prakerin ditulis disini. Soalnya kalau ditulis semua, pasti akan panjang banget. Jadi sata tulis cuma untuk sedikit referensi saja.

Pada intinya, bagian pembahasan ini menjelaskan kegiatan apa saja yang Anda lakukan saat prakerin. Semuanya ditulis secara lengkap dan rinci agar mudah dipahami pembaca.

Yang paling penting adalah isi dari pembahasan jelas. Jadi, Anda harus bisa menjelaskan dan memberikan gambaran kepada pembaca mengenai apa yang Anda lakukan.


BAB IV PENUTUP

4.1 Kesimpulan

      Setelah melakukan kegiatan prakerin ini, saya mendapatkan banyak pengalaman dan ilmu baru yang tidak diajarkan di sekolah. Kita biasa diajarkan teori di sekolah, dan di tempat prakerin kita akan mempraktikkannya.

       Pada intinya, kegiatan prakerin sangat berguna untuk mengembangkan apa yang sudah diajarkan di sekolah. Prakerin bisa dikatakan sebagai pelengkap serta proses pematangan agar siap ketika sudah berkecimpung di dunia kerja.

4.2 Saran

       Karena di tempat prakerin kita akan berhubungan langsung dengan pekerjaan, maka alangkah baiknya kita mempersiapkan secara matang materi-materi yang diajarkan di sekolah. Hal ini bertujuan agar kita tidak bingung kalau disuruh melakukan sesuatu.

       Untuk adik kelas yang akan melaksanakan prakerin, usahakan tetap menjaga nama baik sekolah. Karena jika nama sekolah sudah jelek, maka akan susah untuk bekerjasama dengan perusahaan tersebut dalam menerima siswa prakerin.

RINCIAN PENUTUP

Biasanya, penutup laporan prakerin berisi kesimpulan dan saran. Jadi, Anda hanya perlu memberikan kesimpulan terkait kegiatan prakerin, lebih tepatnya setelah Anda menyelesaikan kegiatan tersebut.

Tidak lupa, Anda juga harus menuliskan permohonan saran kepada pembaca untuk  laporan yang Anda buat. Selain itu, biasanya pada bagian saran berisi tentang saran kepada adik kelas, sekolah, guru pembimbing, maupun pimpinan prakerin.


Seperti yang saya katakan di atas, saya akan membagikan file soft copy laporan prakerin yang saya gunakan dulu. Namun perlu diingat, tetap perhatikan kalimat-kalimatnya, karena kemungkinan tetap ada kesalahan dalam penulisan.

Dalam file soft copy tersebut sudah lengkap mulai dari cover hingga penutup. Sebagian isinya hampir sama dengan yang saya tuliskan pada artikel ini karena saya menulis artikel ini juga berdasarkan laporan yang saya buat.

Mungkin cukup sekian contoh laporan prakerin yang bisa saya bagikan. Semoga bisa menjadi referensi untuk teman-teman yang sedang menyusun laporan serta menjalankan kegiatan prakerin. Tetap semangat dalam melaksanakan prakerin, dan sukses untuk laporan prakerinnya.

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-teman lain yang sedang melaksanakan prakerin. Siapa tahu mereka juga membutuhkan contoh laporan sebagai referensi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *