Pengertian Prakerin

Pengertian Prakerin Lengkap

Prakerin adalah hal yang sudah tidak asing lagi di telinga para siswa SMK. Pasalnya, kita (siswa SMK) sudah diberi informasi kalau saat kelas XI nanti akan melaksanakan kegiatan ini.

Nah, mungkin guru yang memberikan penjelasan hanya memberikan gambaran ringkasnya saja. Untuk menambah pengetahuan teman-teman semua, tidak ada salahnya membaca artikel tentang pengertian prakerin ini.

Apa Itu Prakerin?

Prakerin atau Praktik Kerja Industri adalah sebuah kegiatan pengembangan siswa yang menjadi program wajib di SMK. Kegiatan ini merupakan pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan langsung di dunia industri.

Kenapa dilaksanakan langsung di dunia industri (dunia kerja)? Hal ini dalam upaya pendekatan ataupun untuk meningkatkan mutu siswa SMK dengan kompetensi keahliannya masing-masing agar lebih siap untuk terjun ke dunia kerja nantinya.

Saat prakerin nanti, kita akan mendapatkan banyak sekali ilmu yang tidak diajarkan di sekolah. Jadi, jika sekolah adalah tempat untuk mempelajari teorinya, prakerin adalah ajang untuk mempraktikkan semua teori tersebut.

Apa Tujuan Kegiatan Prakerin?

Prakerin memiliki berbagai macam tujuan, namun tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kompetensi dan melatih kemampuan siswa dalam dunia usaha yang tentu sesuai dengan kompetensi keahlian masing-masing.

Dalam penempatan, sekolah tidak mungkin sembarangan. Pihak sekolah sudah mempersiapkan opsi tempat prakerin yang sesuai dengan jurusannya. Karena ini menjadi penting agar antara materi yang dipelajari di sekolah dan kegiatan prakerin nanti saling berhubungan.

Selain itu, biasanya siswa juga diperbolehkan untuk mencari tempat prakerin sendiri. Seperti contohnya saya dulu, saya mencari tempat prakerin di Jogja dan alhamdulillah mendapatkan Boss Notebook.

Menjelang keberangkatan, biasanya siswa akan mendapatkan penyuluhan terkait dasar-dasar kegiatan prakerin. Hal ini dimaksudkan agar siswa tidak mengalami kendala saat sudah masuk ke tempat prakerin nantinya.

Dalam kegiatan prakerin ini, siswa diharapkan mampu mengikuti segala kegiatan yang dilakukan di dunia industri. Sehingga, setelah kegiatan selesai, siswa mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan memiliki keahlian sesuai bidangnya.

Setelah kegiatan selesai, siswa juga diwajibkan untuk membuat dan mengumpulkan laporan prakerin. Saran saya, silahkan mulai susun laporan saat kegiatan belum selesai, agar tidak tergesa-gesa nantinya.

For Your Information

Di internet, banyak sekali tersebar informasi tentang prakerin. Tapi, tidak jarang juga terdapat informasi yang membahas PKL (Praktik Kerja Lapangan) dengan isi yang hampir sama dengan artikel prakerin.

Sebenarnya, Prakerin dan PKL ini sama saja, keduanya merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh siswa SMK. Mungkin, cuma penyebutannya saja yang berbeda, kalau untuk fungsinya sama saja.

Jadi, tidak usah bingung lagi kalau menemukan artikel PKL dan Prakerin, karena keduanya sama. Kalau dalam pembahasan di blog ini, saya hanya menggunakan istilah Prakerin saja karena saya lebih nyaman saja. 😀

Mungkin hanya ini dulu yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Untuk kedepannya, saya akan memberikan artikel-artikel lain tentang prakerin.
Semoga bermanfaat.

Seorang pembelajar dari Magelang, Jawa Tengah yang suka dengan komputer dan menulis blog.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *