Battery Over Temperature

Battery Over Temperature

Baterai merupakan salah satu komponen yang paling penting di Android. Tanpa adanya baterai, sudah pasti perangkat tidak akan bisa hidup. Baterai Android juga tidak selalu normal terus, bisa juga terkena masalah. Contoh masalah yang sering terjadi adalah Battery Over Temperature.

Masalah ini pernah dialami oleh teman sekelas saya yang menggunakan HP Lenovo a1000. Dan tidak menutup kemungkinan kalau terjadi juga pada HP lain, khususnya Lenovo. Lalu, bagaimana cara memperbaiki Battery Over Temperature ini?

Cara Memperbaiki Baterai Over Temperature

Untuk mengatasi permasalahan baterai Android ini, sebenarnya ada banyak cara. Namun, di bawah ini akan saya paparkan cara yang mudah dilakukan serta besar kemungkinan berpotensi berhasil.

1. Ganti Charger

Charger setiap HP pasti memiliki tegangan yang berbeda. Biasanya, kalau tegangan tidak cocok akan menyebabkan masalah, seperti contohnya touchscreen bergerak sendiri. Selain itu, tidak menutup kemungkinan juga menyebabkan masalah battery over temperature.

Jadi, saat charge HP, silahkan gunakan charger yang memiliki tegangan output sama, atau kalau bisa yang original. Dengan ini, maka baterai Android Anda akan lebih awet dan tidak mudah mengalami masalah seperti pembahasan kali ini.

2. Bersihkan Konektor HP dan Baterai

Berdasarkan pengalaman teman saya, dia cuma melakukan hal yang sangat simpel namun tidak bisa disepelekan. Dia menganggap kalau permasalahannya terletak pada sensor atau konektor baterai. Tanpa pikir panjang, dia langsung membersihkan sensor tersebut menggunakan penghapus karet.

Bagi Anda yang mengalami masalah baterai over temperature ini, silahkan bisa dicoba membersihkan sensor baterai. Kalau perlu, silahkan bersihkan pula kuningan yang berfungsi sebagai penghubung baterai ke HP Android. Kalau sudah, silahkan hidupkan Android dan lihat hasilnya.

3. Ganti Baterai

Cara ini saya sarankan bagi Anda yang masih menggunakan Android dengan baterai yang bisa dilepas. Silahkan Anda coba ganti baterai dengan baterai yang lain (merk HP sama). Untuk percobaan, silahkan pinjam pada teman yang menggunakan HP sama.

Kalau ternyata bisa saat menggunakan baterai lain, Anda bisa membeli baterai yang baru di konter terdekat. Oh ya, kalau bisa baterai yang original sekalian ya, biar bisa tahan lama dan tidak menimbulkan masalah.

Mengantisipasi Suhu Baterai Terlalu Tinggi

Suhu baterai Android yang terlalu tinggi terjadi bukan tanpa sebab. Ada beberapa hal yang menyebabkan baterai Android menjadi over temperature. Berikut adalah tips mengantisipasi suhu baterai yang berlebihan.

1. Jangan Charge Sambil Digunakan

Hal ini masih sering dilakukan sampai sekarang. Sejak dulu, penggunaan HP saat di charge merupakan hal biasa. Ada yang di charge sambil digunakan browsing, telepon, bahkan game. Ini adalah salah satu penyebab baterai Android menjadi cepat panas.

Untuk itu, kurangilah aktivitas menggunakan HP sambil di charge karena akan berdampak tidak baik juga untuk kedepannya. Untuk awal-awal memang sulit, tapi kalau sudah sering dilakukan akan terbiasa sendiri kok.

2. Penggunaan yang Berlebihan

Penggunaan yang berlebihan juga akan menyebabkan baterai over temperature. Sejak munculnya game populer seperti Mobile Legends, banyak pengguna Android yang lupa waktu. Mereka menggunakan HPnya dari baterai 100% sampai hampir habis.

Penggunaan semacam ini sebenarnya tidak baik, karena bisa merusak komponen yang ada di baterai. Tapi tergantung HPnya juga ya. Soalnya, saat ini sudah ada HP yang di desain dan dikhususkan untuk gaming. So, bijak-bijaklah dalam mengatur penggunaan HP.

Mungkin hanya ini saja yang bisa saya sampaikan mengenai battery over temperature. Semoga artikel singkat ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua mengenai baterai Android yang over temperature.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *