Sinyal Internet Android Hilang

Sinyal Internet Android Hilang

Saat ini, sinyal internet android merupakan salah satu hal pokok yang harus ada. Silahkan dicoba, satu hari saja smartphone Anda tidak ada paket data seluler, pasti rasanya sangat berbeda, dunia terasa sangat hampa. šŸ˜€

Untuk bisa terhubung dengan internet, yang pertama harus ada adalah paket internet pada android Anda. Selanjutnya, hal yang tidak kalah penting adalah sinyal internet tersebut, apakah ada atau tidak.

Terkadang, sinyal internet tidak muncul walaupun paket internet masih full. Apakah Anda sudah pernah mengalami hal ini? Kalau iya, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan cara mengatasinya.

Penyebab Data Seluler Android Tidak Muncul

Faktor penyebab sinyal internet android tidak muncul sebenarnya ada bermacam-macam, misal ROM yang digunakan terdapat bug, sinyal internet belum terjangkau, ataupun kartu yang digunakan masih baru.

Biasanya, kartu yang baru digunakan akan mengalami masalah ini, walaupun tidak semuanya. Saya pribadi juga beberapa kali mengalami masalah ini ketika ganti kartu paketan baru, itu wajar menurut saya.

Ketika mengalami masalah ini, Anda tidak perlu panik, tidak perlu khawatir kalau terjadi kerusakan. Jika sebelumnya sinyal internet android masih muncul, maka Anda hanya perlu melakukan beberapa pengaturan saja.

Cara Mengatasi Sinyal Data Seluler Hilang

Di bawah ini akan saya paparkan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sinyal internet android yang tidak muncul. Silahkan dicoba satu per satu.

1. Aktifkan Data Seluler

Please jangan ketawa dulu. Mungkin ini akan sedikit lucu, “kalau mau internetan ya harus aktif lah data selulernya”. Ya, benar sekali. Anda mungkin sudah tahu agar sinyal internet muncul maka harus mengaktifkannya terlebih dahulu.

Tapi siapa sangka, ada saja orang yang lupa mengaktifkannya. Entah baru menggunakan android atau belum tahu, tapi kenyataannya memang begitu. Kebingungan sinyal internetnya tidak muncul, padahal masalahnya cuma karena data seluler belum diaktifkan. šŸ˜€

2. Restart HP Anda

Ketika Anda menggunakan kartu internet baru, maka kartu tersebut harus didaftarkan terlebih dahulu. Setelah proses pendaftaran selesai, maka Anda akan direkomendasikan untuk merestart android.

Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan agar kartu internet yang benar-benar siap digunakan. Terkadang, provider juga perlu penyegaran android untuk mengupdate fungsi dari kartu tersebut.

3. Aktifkan Mode Airplane

Mode airplane atau mode pesawat ini sering digunakan untuk menonaktifkan semua fungsi seperti sinyal, internet, hotspot portable, dan lain sebagainya. Intinya agar fitur tersebut sama sekali tidak bisa digunakan.

Selain itu, mode ini juga bisa digunakan untuk mengatasi sinyal internet yang hilang. Fungsinya hampir sama dengan restart. Bedanya, mode airplane hanya akan melakukan refresh pada beberapa fitur seperti sinyal.

4. Ganti APN

Jika langkah-langkah di atas belum juga berhasil, mungkin inilah cara pamungkas untuk mengatasi sinyal internet yang hilang, yaitu dengan mengubah / setting APN menggunakan APN yang lain.

Setiap provider memiliki APN yang berbeda-beda. Secara default, android Anda akan diberikan APN sesuai dengan provider yang digunakan. Namun, terkadang APN tersebut tidak sesuai atau sedang ada gangguan.

Untuk itu, lebih baik gunakan APN lain yang lebih cepat dan stabil. Untuk mengubah APN android, silahkan simak cara di bawah ini.

  • Pertama, silahkan masuk keĀ Pengaturan /Setelan.
  • Jika sudah, klik Koneksi lalu pilih Jaringan seluler.Cara Mengatasi Sinyal Paket Data Seluler Hilang
  • Selanjutnya, pilihĀ Nama Poin AksesĀ lalu klikĀ TambahĀ untuk membuat APN baru.Cara Mengatasi Sinyal Internet Android Tidak Muncul
  • Pada bagianĀ namaĀ danĀ APN, silahkan isi denganĀ internet. Untuk yang lain biarkan saja, setelah ituĀ Simpan. Setelah disimpan, klik APN tersebut untuk menggunakannya.Cara Mengatasi Sinyal Android Hilang
  • Selesai.

Setelah APN diganti, maka sinyal internet android Anda akan muncul kembali. Cara ini adalah cara pamungkas yang memiliki kemungkinan keberhasilan paling besar (sesuai yang saya alami).

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sinyal internet android yang hilang. Mungkin cukup sekian artikel yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan bisa membantu Anda mengatasi masalah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *