Cara Setting APN Android

Cara Setting APN Android

Apakah Anda sudah tahu apa itu APN? APN atau Access Point Name adalah sebuah jalur khusus yang berfungsi sebagai jembatan penghubung (gateway) yang memiliki peran untuk mengidentifikasi sebuah jaringan.

Bagi pengguna android, mungkin APN sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Terlebih untuk Anda yang sering otak-atik bagian jaringan seluler, atau yang doyan internet gratis, pasti sudah menjadi makanan sehari-hari.

Melakukan kofigurasi atau pengaturan APN bisa dikatakan penting. Sebab, jika APN yang digunakan android tidak sesuai atau salah, maka bisa jadi android tidak bisa terhubung dengan jaringan internet.

Sebaliknya, jika pengaturan APN pada android diatur dengan baik, bukan tidak mungkin kecepatan akses internet akan meningkat. Oleh karena itu, penting untuk kita semua tahu cara mengatur APN android.

Cara Mengubah APN Android

Mengubah Access Point Name pada android sebenarnya bukanlah perkara yang sulit. Cuma, kalau memang belum tahu sama sekali, pasti akan kebingungan.

Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan cara untuk mengatur kofigurasi APN pada android. Cara ini tidak memerlukan aplikasi tambahan, cukup menggunakan fitur yang sudah disediakan oleh android.

  1. Pertama, silahkan masuk ke Pengaturan.
  2. Setelah itu, pilih Koneksi > Jaringan seluler.
    Cara Mengubah APN Android
  3. Kemudian, pilih Nama akses poin > pada halaman selanjutnya pilih Tambah.
    Cara Mengatur APN Android
  4. Nah, sekarang tinggal Anda masukkan APN yang ingin digunakan. Jika sudah, pilih icon titik tiga lalu pilih Simpan. Setelah disimpan, silahkan klik APN tersebut untuk menggunakannya.
    Cara Mengganti APN Android
  5. Selesai.

Perlu diketahui bersama, APN setiap provider ini biasanya berbeda-beda. Secara default, provider akan menggunakan APN sesuai provider tersebut pada android Anda.

Jadi, antara APN Indosat, Telkomsel, Three, XL, Axis, ataupun Smartfren tentu berbeda. Bagi yang belum tahu apa APN yang digunakan untuk kartu Anda, silahkan lihat daftarnya di bawah ini.

Pengaturan APN Telkomsel

APN: telkomsel
Username: wap
Password: wap123

Pengaturan APN Indosat

APN: indosatgprs
Username: indosat
Password: indosat

Pengaturan APN Three

APN: 3gprs
Username: 3gprs
Password: 3gprs

Pengaturan APN Axis

APN: axis
Username: axis
Password: 123456

Pengaturan APN XL

APN: xlgprs.net
Username: xlgprs
Password: proxl

Pengaturan APN Smartfren

APN: #999
Dial number: #777
Username: M8
Password: M8

Pengaturan APN Semua Operator

APN: internet
Username: (tidak usah diisi)
Password: (tidak usah diisi)

Bagi Anda yang merasa APN bawaan provider kurang cepat, silahkan gunakan APN tercepat, silahkan sesuaikan dengan pengaturan APN semua operator yang saya tuliskan di atas.

Dengan mengubah APN menjadi internet, kemungkinan besar kecepatan internet akan lebih stabil. Itu yang saya rasakan dulu saat masih sering otak-atik internet pada android.

Setelah APN dibuah, terkadang android belum dapat terhubung dengan internet. Untuk itu, silahkan aktifkan mode airplane lalu matikan lagi, hal ini dilakukan untuk memancing jaringan internet.

Atau kalau masih belum terhubung dengan internet juga, silahkan restart android Anda. Setelah itu, selamat menikmati internet dengan APN baru yang Anda inginkan.

Mungkin hanya ini saja artikel yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bisa bermanfaat dan membantu Anda dalam mengubah APN pada android.

Seorang pembelajar dari Magelang, Jawa Tengah yang suka dengan komputer dan menulis blog.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *