Cara Logout Gmail di Android

Cara Logout Gmail di Android

Email adalah sarana untuk mengirim dan menerima pesan dengan format digital melalui jaringan internet. Kita bisa melakukan pengiriman email secara mudah melalui komputer maupun melalui smartphone android.

Di android, ada salah satu layanan email paling populer yaitu Gmail. Gmail atau google mail adalah layanan email gratis yang bisa digunakan oleh siapa saja. Selain itu, gmail juga memiliki navigasi yang mudah dipahami, sehingga sangat cocok untuk pemula sekalipun.

Gmail memberikan akses kepadanya untuk bisa menggunakannya di komputer melalui web browser ataupun dengan android. Nah, saat ini, penggunaan gmail dengan android jauh lebih banyak, karena memang lebih mudah dan efektif.

Di android sendiri, Anda bisa menggunakan gmail secara bergantian tanpa logout. Tapi, jika Anda ingin ganti email baru, alangkah baiknya melakukan logout agar list email pada android Anda tidak terlalu banyak, sehingga tidak membingungkan.

Nah, apakah Anda sudah tahu cara mengeluarkan gmail dari android? Sebenarnya sangat mudah, tapi bagi yang belum tahu atau bisa dikatakan awam, mungkin cara ini sedikit membingungkan.

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberika cara logout gmail di android dengan mudah. Cara ini sangat mudah dilakukan, termasuk untuk Anda yang baru menggunakan android, terutama dalam penggunaan gmail.

Cara Keluar Gmail Android

Biasanya, setiap hp android sudah memiliki aplikasi gmail, karena gmail merupakan aplikasi bawaan. Setiap Anda login akun Google, secara otomatis akan login ke gmail. Untuk logout gmail, Anda bisa menghapus akun Google dari android.

Apakah ada cara lain selain menghapus akun dari HP? Sepertinya tidak ada, cara satu-satunya adalah dengan menghapus akun google dari android. Cara tersebut juga dinyatakan langsung oleh Google melalui situs resminya.

Bagi Anda yang memutuskan keluar dari Gmail dengan menghapus akun dari HP, silahkan ikuti langkah di bawah ini:

  1. Pertama silahkan buka Pengaturan.
  2. Setelah pengaturan terbuka, pilih Akun dan Pencadangan > Akun.
    Cara Keluar Gmail di Android
  3. Selanjutnya, pilih akun yang akan dihapus dari HP. Setelah itu, klik Hapus Akun seperti gambar di bawah ini.
    Cara Logout Gmail Android
  4. Selesai.

Sekadar info: Jika di android Anda hanya ada 1 gmail saja dan itu adalah gmail yang akan dihapus, maka setelah itu Anda tidak bisa mengakses produk google seperti Playstore, Gmail, Google Play Games, lan produk lainnya.

Jadi, jika Anda ingin tetap bisa mengakses produk Google, maka Anda harus tetap memiliki minimal satu akun yang terhubung dengan Android.

Apakah Gmail yang Dihapus Bisa Digunakan Lagi?

Bisa! Cara di atas sekadar cara logout gmail atau menghapus akun dari android saja, bukan menghapus layanan email. Jadi, kapan pun Anda mau login, maka itu sangat bisa.

Jika Anda hanya ingin pindah menggunakan akun gmail, sebenarnya tidak perlu keluar. Anda hanya perlu menambahkan akun Gmail baru saja ke android saja. Nanti bisa kok diakses secara bergantian.

Jika Anda ingin menambahkan akun lain, berikut caranya:

  1. Silahkan masuk ke aplikasi Gmail > klik Profil Anda (foto profil)
  2. Setelah itu, pilih Tambahkan akun lain > pilih email yang akan digunakan.
    Tambah Gmail Android
  3. Kemudian, Anda tinggal memasukkan akun yang ingin ditambahkan di Gmail.

Email yang ditambahkan di aplikasi tersebut bukan hanya Gmail saja ya, Anda boleh menggunakan Outlook, Hotmail, Live, Yahoo, dan lainnya.

Itulah cara logout Gmail di android serta cara menambahkan akun lain. Sebenarnya cara menghapus Gmail bisa juga dilakukan melalui aplikasi, tapi nanti masuknya tetap ke pengaturan, jadi sama saja.

Mungkin hanya ini saja artikel yang dapat saya sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda untuk keluar Gmail di android.

Seorang pembelajar dari Magelang, Jawa Tengah yang suka dengan komputer dan menulis blog.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *