HP Dicas Tapi Tidak Mengisi

HP di Cas Tapi Tidak Mengisi

Seiring dengan semakin banyaknya fitur canggih pada hp, membuat daya tahan baterai akan cepat habis. Terbukti, pada Android-android terbaru yang memiliki banyak fitur, daya tahan baterainya cenderung lebih cepat habis dibandingkan dengan hp jadul yang hanya memiliki sedikit fitur saja.

Permasalahan hp dicas tapi tidak mengisi terjadi karena beberapa faktor kerusakan, seperti kerusakan baterai, port charger, ataupun charger. Dalam kondisi ini, hp tidak akan menerima daya listrik sama sekali. Jadi, mau tidak mau kita harus menemukan cara mengatasinya. Untuk alternatif, bisa gunakan desktop terlebih dahulu untuk mengecas baterai.

Baterai merupakan salah satu komponen yang sangat penting pada hp. Tanpa adanya baterai, sudah pasti hp tidak akan bisa hidup dan digunakan. Fungsi dari komponen ini adalah memberikan daya selama hp dihidupkan. Jadi, ketika hp sudah tidak bisa dicas, ini akan menjadi masalah yang serius karena akan sulit untuk mengisi daya pada baterai, sekalipun ada alternatif desktop.

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi hp dicas tapi tidak mengisi ataupun tidak mau penuh. Cara yang saya bagikan ini berlaku untuk semua jenis hp, baik hp jadul maupun smartphone terbaru. Yang akan saya bagikan adalah pengalaman saya pribadi ketika mengalami masalah ini.

HP Tidak Bisa Dicas, Ini Penyebabnya!

Permasalahan semacam ini biasanya disebabkan oleh penggunaan yang tidak teratur sehingga membuat komponen-komponen yang berhubungan dengan daya akan berjalan dengan tidak normal. Berikut ini adalah beberapa penyebab hp tidak bisa dicas:

System HP Error

Ini hanya kemungkinan kecil saja, sangat jarang hp tidak mau dicas yang disebabkan karena system error. Namun, tidak ada salahnya kita mencoba langkah ini. Silahkan matikan hp Anda sampai benar-benar mati. Jangan langsung dihidupkan, tunggu beberapa saat. Jika sudah didiamkan sekitar 5 menit, silahkan hidupkan kembali.

Kabel Charger Bermasalah

Ketika kabel charger bermasalah, tentu tidak akan bisa digunakan untuk mengecas hp. Jikapun bisa, pasti ada saja masalah yang muncul, sering terputus misalnya. Untuk itu, silahkan Anda coba charge hp Anda menggunakan charger lain yang sama ujungnya. Jika bisa, berarti permasalahan tersebut disebabkan oleh kabel charger yang bermasalah.

Port Charger Bermasalah

Port charger berfungsi untuk menghubungkan usb charger ke hp, dengan kata lain untuk menghantarkan daya listrik ke baterai. Jadi, ketika port charger bermasalah sudah jelas tidak akan bisa untuk mengisi daya. Untuk itu, silahkan coba charge hp lain menggunakan charger Anda. Jika ternyata bisa, kemungkinan besar masalahnya terletak pada port charger hp Anda.

Baterai Sudah Bocor

Ketika baterai hp sudah bocor, memang sering tidak bisa dicas. Bisa sih dicas dan muncul indikator bahwa charge masuk. Namun, dalam kondisi ini baterai tidak mau penuh, malah cenderung berkurang ketika dicas, padahal sudah ditunggu lama. Solusinya, silahkan Anda coba baterai teman yang memiliki merk hp sama. Jika ternyata bisa dicas, sudah jelas masalahnya terletak pada baterai.

Permasalahan baterai banyak sekali penyebabnya. Bisa saja karena sering dicas sambil digunakan untuk bermain atau bisa juga sering digunakan untuk tethering. Tethering menggunakan Android yang berlebihan akan membuat baterai tidak awet, oleh karena itu hindarilah tethering yang terlalu lama.

Nah, itulah beberapa penyebab hp dicas tapi tidak mengisi dan sedikit solusinya. Semoga artikel singkat ini bisa bermanfaat dan memberikan solusi dalam mengatasi hp yang tidak bisa dicas. Jika cara di atas tidak bisa semua, mungkin Anda bisa membawanya ke service center untuk lebih lanjutnya.

Seorang pembelajar dari Magelang, Jawa Tengah yang suka dengan komputer dan menulis blog.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *