Cara Mengatasi Indosat Lemot

Cara Mengatasi Indosat Lemot

Indosat merupakan salah satu provider internet yang banyak digunakan. Sebenarnya hal ini bukan tanpa alasan, pengguna menganggap kalau harga paket Indosat terbilang terjangkau dibandingkan provider lain.

Beberapa paket Indosat bahkan menawarkan ulimited Youtube yang sudah pasti menggiurkan. Secara, Youtube menjadi salah satu media yang memiliki segudang informasi atau bahkan hampir semua informasi ada.

Tapi, tidak sedikit pengguna Indosat yang mengeluhkan kalau koneksi internetnya lambat atau lemot. Saat saya menggunakan Indosat, saya juga mengalami hal tersebut, jadi menurut saya itu adalah hal wajar.

Sebenarnya, ada bermacam-macam penyebab koneksi internet menjadi lemot, salah satu yang paling berpengaruh adalah temapat. Biasanya, kecepatan internet di desa akan berbeda dengan di kota.

Ini dikarenakan jangkauan sinyal provider yang berbeda-beda, karena setiap provider tidak selalu menempatkan tower pada semua tempat. Biasanya yang pelosok akan susah sinyal karena jangkauannya semakin sedikit.

Internet Indosat Lemot? Coba Cara Ini

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi koneksi internet Indosat yang lemot. Cara ini sering saya gunakan saat menggunakan provider ini. Simak rinciannya di bawah ini:

Aktifkan Mode Pesawat

Mode pesawat adalah mode yang paling utama saya gunakan untuk mengatasi masalah ini. Maksud saya menggunakannya adalah untuk melakukan reconnect jaringan, jadi jaringan akan memulai ulang dengan IP baru.

Cara ini bukan hanya saya lakukan saat menggunakan Indosat saja, tapi semua provider. Pokoknya, setiap koneksi internet sudah mulai lambat atau bahkan tidak merespon sama sekali, saya langsung mengaktifkan mode pesawat.

Setelah mode pesawat diaktifkan, maka secara otomatis jaringan internet terputus. Nah, setelah itu langsung saja nonaktifkan kembali mode tersebut. Biasanya, jaringan internet akan kembali normal.

Setting APN Indosat

APN atau Access Point Name hal yang sudah pasti ada pada jaringan internet, terlebih ketika menggunakan provider tertentu. Perlu diketahui, APN setiap provider berbeda-beda. APN Indosat sudah pasti tidak sama dengan Telkomsel.

Secara default, Indosat akan memberikan APN default pada HP Anda, yaitu indosatgprs. Tapi, saya pribadi tidak pernah menggunakan APN tersebut karena saya anggap kurang bagus sehingga saya memilih APN lain.

APN yang saya gunakan pada hampir semua provider adalah internet. APN ini bisa digunakan untuk semua operator baik itu Indosat, Telkomsel, Three, Axis, dan lainnya. Settingannya adalah sebagai berikut:

Name: internet
APN: internet
Username: (kosongkan saja)
Password: (kosongkan saja)

Itu adalah APN yang menurut saya paling stabil untuk Indosat. Bagi yang belum tahu cara mengubah APN, silahkan baca terlebih dahulu Cara Setting APN Android.

Diamkan HP Beberapa Saat

Penggunaan HP dalam jangka waktu lama tentu akan membuat suhu menjadi panas. Perlu diketahui juga, suhu panas pada HP juga dapat menyebabkan kinerja menjadi lambat, termasuk jaringan internet juga.

Hal ini bukan hanya terjadi pada HP ya, komputer yang menggunakan modem juga seperti itu. Pokoknya, ketika perangkat yang digunakan sudah panas, maka kinerjanya juga akan semakin melambat.

Untuk itu, alangkah baiknya jika penggunaannya dihentikan beberapa saat. Jika sudah mulai turun suhunya, baru gunakan lagi perangkat tersebut. Oh ya, suhu yang panas juga bisa menyebabkan over battery temperature loh.

Gunakan Malam Hari

Banyak orang yang menganggap saat malam hari, kecepatan internet akan meningkat. Hal ini memang benar, kecepatan internet baik download maupun upload akan lebih cepat dibandingkan saat siang hari.

Mungkin, hal ini dikarenakan sebagian pengguna internet tidur pada malam hari. Jadi, penggunanya tidak banyak sehingga traffic internet menjadi longgar. Karena jika penggunanya semakin banyak, kecepatannya memang cenderung menurun.

Tapi, jika mindset ini digunakan oleh semua orang bagaimana ya? Hmm, tapi sepertinya tidak. Tidak mungkin semua orang menggunakan internet pada malam hari hanya untuk mendapatkan koneksi yang lebih cepat. 😀

Itulah beberapa cara yang sering saya gunakan ketika internet pada android lemot, terutama saat menggunakan kartu Indosat. Berdasarkan pengalaman saya, cara yang paling ampuh adalah cara 2 dan 4.

Mungkin hanya ini saja artikel yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Seorang pembelajar dari Magelang, Jawa Tengah yang suka dengan komputer dan menulis blog.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *