Cara Mengganti Nomor WhatsApp

Cara Mengganti Nomor WhatsApp

Terkadang, ada suatu hal yang mengharuskan kita mengganti nomor WhatsApp, seperti contohnya ada yang melakukan spam ataupun mengganggu dengan melakukan panggilan terus-menerus.

Dengan mengganti nomor, maka WhatsApp kita akan terbebas dari gangguan tersebut karena secara otomatis orang yang mengganggu akan kehilangan kontak WhatsApp kita.

Namun, apakah Anda sudah tahu cara mengganti nomor WhatsApp? Jika belum, tenang saja, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan caranya untuk Anda.

Ganti Nomor WhatsApp di Android

Oh ya, cara yang saya bagikan ini tidak akan menghapus akun Anda ya. Jadi kondisi WhatsApp akan tetap sama dengan nomor sebelumnya, termasuk chat dan grup yang ada.

Adapun langkah yang harus Anda lakukan untuk mengganti nomor WhatsApp adalah sebagai berikut:

Siapkan Nomor

Yang harus Anda siapkan pertama kali adalah nomor yang akan digunakan untuk mengganti nomor lama. Anda bisa membeli nomor baru ataupun nomor lama yang belum terdaftar WhatsApp.

Nomor baru ini harus aktif ya karena akan digunakan untuk verifikasi. Sedangkan untuk nomor lama tidak harus aktif, yang penting Anda masih ingat saja dengan nomor tersebut.

Tertarik mencoba WhatsApp di laptop? Gampang kok! Silahkan baca cara menggunakan WhatsApp di laptop.

Proses Ganti Nomor

Untuk mengganti nomor WhatsApp sebenarnya sangat mudah karena pihak WhatsApp sendiri sudah menyediakan fiturnya. Namun, terkadang masih ada yang bingung juga.

Berikut adalah cara ganti nomor WhatsApp:

  1. Pertama, silahkan buka aplikasi WhatsApp di HP Anda.
  2. Setelah itu, klik titik tiga pada pojok kanan atas lalu pilih Setelan.
  3. Pada setelan, silahkan klik Akun lalu pilih Ganti nomor seperti gambar di bawah ini.
    cara mengganti nomor whatsapp
  4. Pada halaman awal ganti nomor, silahkan klik Next. Selanjutnya, silahkan masukkan nomor baru (atas) dan nomor lama (bawah) WhatsApp Anda, setelah itu klik Next.
    cara mengganti nomor whatsapp android
  5. Selesai.

“Itu kan belum selesai, masih ada proses selanjutnya!” Yups, tepat sekali. Ini sengaja saya lakukan karena ada hal penting yang sepertinya harus saya tuliskan.

Apakah Anda butuh 2 WhatsApp dalam 1 HP? Jika iya, silahkan baca cara menggunakan 2 WhatsApp dalam 1 HP tanpa root.

Beritahukan Kontak

Memberitahukan kontak WhatsApp Anda adalah hal yang cukup penting untuk dilakukan. Jadi, jika salah satu kontak WhatsApp Anda ingin chat, maka orang tersebut akan tahu kalau Anda ganti nomor.

Dalam langkah ini, Anda bebas mau memberitahukan kontak ataupun tidak, itu hak Anda.

Berikut adalah proses lanjut dari ganti nomor WhatsApp:

  1. Pada tahap selanjutnya, Anda bisa memilih mau memberitahukan kontak Anda atau tidak. Jika iya, silahkan aktifkan toggle dan pilih tipe yang Anda inginkan (semua kontak, kontak dalam chat, atau kontak khusus).
    cara mengganti nomor whatsapp di android
  2. Selanjutnya lakukan verifikasi nomor WhatsApp baru, silahkan cek SMS jika nomor tersebut beda HP dengan aplikasi WhatsApp. Jika nomor tersebut berada dalam 1 HP dengan WhatsApp, maka akan melakukan verifikasi otomatis.
  3. Nah, jika Anda memilih memberitahukan kontak WhatsApp, maka tampilannya akan seperti ini.
    cara mengganti nomor whatsapp tanpa verifikasi
  4. Selesai, Anda sudah berhasil mengganti nomor.

Nah, jika teman Anda membuka nomor WhatsApp lama Anda, maka dia akan mendapatkan pemberitahuan seperti gambar di atas. Jika pemberitahuan tersebut di klik, maka akan ada opsi untuk melakukan chat ataupun menyimpan nomor baru Anda.

Ingin tampilan WhatsApp lebih menarik? Gampang! Silahkan ganti tema WhatsApp sesuai keinginan Anda.

Itulah cara mengganti nomor WhatsApp tanpa menghapus akun. Sesuai judulnya, akun Anda akan tetap utuh, termasuk chat pribadi maupun chat grup.

Mungkin cukup sekian artikel yang bisa saya sampaikan. Semoga artikel singkat ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Featured Image Credit:
Icon dibuat oleh Smashicons dari www.flaticon.com
Dimodifikasi oleh penulis.

Sekadar bocah dari Magelang, Jawa Tengah yang suka dengan komputer dan menulis blog.

    Temukan saya di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *