Layanan Google Play Terhenti

Layanan Google Play Terhenti

Sebagai pengguna android, kita pasti tidak asing lagi dengan Google Playstore, yaitu market khusus android untuk mengunduh bermacam-macam aplikasi dan game yang dibuat oleh berbagai developer.

Di Playstore, kita bisa menemukan banyak sekali aplikasi dan game, baik yang gratis maupun yang berbayar. Kita bisa mengunduh aplikasi tersebut kapan pun dan di mana pun selama masih terhubung dengan internet.

Namun, Google Playstore tidak selamanya berjalan dengan normal. Terkadang, ada saja orang yang mengalami masalah layanan Google Play terhenti secara tiba-tiba. Tentu hal ini sangat menjengkelkan, bukan?

Masalah ini tidak hanya muncul ketika kita membuka aplikasi tersebut. Tetapi juga sering muncul saat kita membuka aplikasi lain seperti WhatsApp ataupun game. Pokoknya mengganggu banget deh.

Penyebab Layanan Google Play Terhenti

Sebenarnya, apa sih penyebab dari masalah “sayangnya layanan Google Play telah terhenti”?. Untuk penyebab dari masalah ini bermacam-macam, bahkan setiap HP bisa berbeda-beda.

Biasanya, penyebab umum masalah ini adalah ruang penyimpanan android yang tidak cukup atau terdapat kesalahan pada aplikasi tersebut. Selain itu, masalah ini juga bisa disebabkan oleh tanggal yang tidak sesuai.

Tapi sesuai yang saya alami, masalah ini sering terjadi ketika RAM android sudah penuh. Sehingga untuk menjalankan aplikasi lagi, android sudah tidak mampu dan memunculkan pesan layanan Google Play telah terhenti.

Cara Mengatasi Sayangnya Layanan Google Play Telah Terhenti

Terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini, mulai yang ringan sampai hard reset. Tapi, banyak orang yang langsung berpikir untuk melakukan hard reset, padahal sangat berisiko kehilangan data.

Hard reset adalah langkah terakhir jika tidak ada lagi jalan keluar. Untuk mengatasi Google Play telah terhenti, silahkan lakukan beberapa langkah di bawah ini.

1. Restart Android

Restart adalah salah satu cara yang sering digunakan untuk mengatasi banyak masalah. Bahkan android yang lemot pun, bisa diatasi dengan cara ini. Penyebabnya tentu terlalu banyak aplikasi berjalan, dan ketika android direstart, semuanya akan dimulai ulang.

Masalah Google Play ini sebenarnya ada kaitannya dengan HP lemot. Ketika HP lemot karena banyaknya multitasking, maka saat Anda ingin membuka Google Play Store misal, RAM sudah terlalu penuh.

Jadi yang muncul adalah notifikasi sayangnya Google Play Store telah terhenti. Tapi kembali lagi pada RAM yang digunakan smartphone. Jika kapasitas RAM sudah lebih dari 2GB, kemungkinan tidak akan mengalami masalah ini.

2. Hapus Penyimpanan

Oh ya, perlu diketahui juga, Google Play Services itu sama halnya dengan Layanan Google Play ya, cuma namanya saja berbeda (tergantung bahasa yang digunakan). Jadi tidak usah bingung ketika melihat kedua nama tersebut.

Menghapus penyimpanan disini sudah semua paket ya termasuk cache dan memori aplikasi. Ini yang saya lakukan pada semua aplikasi yang error. Jika kebanyakan orang menyarankan melakuannya satu per satu, kalau saya biasanya langsung dihapus semua.

Untuk menghapus data Google Play Services, silahkan masuk ke Pengaturan Aplikasi > cari Layanan Google Play atau Google Play Services > Penyimpanan > klik Atur penyimpanan dan Hapus memori.

Cara Mengatasi Layanan Google Play Terhenti

Biasanya, ada versi android yang tampilan pengaturannya berbeda dengan gambar di atas. Dalam contoh ini, saya menggunakan Samsung J7 Pro dengan android Pie.

Nah, untuk android versi di bawahnya, biasanya Anda cukup masuk Pengaturan Aplikasi > cari Layanan Google Play atau Google Play Services nanti sudah melihat tombol untuk menghapus data.

Intinya, Anda hanya perlu menghapus semua data pada Layanan Google Play. Setelah dihapus, biasanya sudah bisa dijalankan dengan normal. Saya sudah beberapa kali mempraktikkan cara ini di HP teman saya dan alhamdulillah berhasil.

3. Uninstall Pembaharuan

Android akan selalu melakukan pembaharuan pada Google Play Services. Hal ini dilakukan untuk memperbaiki bug-bug yang sebelumnya ditemukan. Selain itu, biasanya juga untuk menambahkan fitur di dalamnya.

Namun, pembaharuan tersebut tidak selalu menghasilkan sebuah perubahan. Terkadang, ada juga masalah yang muncul, seperti contohnya Layanan Google Play telah berhenti.

Jika Anda sedang mengalami masalah ini, mungkin salah satu cara mengatasinya adalah dengan menghapus pembaharuan instalan. Karena ada kemungkinan hal tersebut disebabkan oleh update.

Untuk menghapus pembaharuan tersebut, silahkan masuk ke Pengaturan Aplikasi > cari Layanan Google Play atau Google Play Services > klik icon titik 3 lalu pilih Hapus instalan pembaharuan.

Cara Mengatasi Sayangnya Layanan Google Play Berhenti

Dengan menghapus instalan pembaharuan, maka aplikasi tersebut akan kembali ke versi sebelumnya yang kemungkinan besar adalah versi stable.

4. Hapus Preferensi

Di android, kita disediakan fitur preferensi untuk mengatur aplikasi. Pengaturan preferensi tersebut termasuk aplikasi nonaktif, pembatasan notifikasi untuk aplikasi, aplikasi default, pembatasan data latar belakang untuk aplikasi, dan pembatasan izin.

Mengatur ulang preferensi ini mungkin bisa untuk mengatasi masalah Google Play Service Has Stopped pada android Anda. Perlu diketahui, cara ini tidak menghapus data apapun, termasuk data aplikasi.

Untuk menghapus preferensi pengaturan aplikasi, Anda bisa masuk ke Pengaturan klik titik tiga > pilih Reset preferensi aplikasi. Jika ada notifikasi yang muncul, silahkan pilih Reset.

google play services has stopped

Oh ya, ada kemungkinan cara di atas tidak bisa dilakukan pada semua android, karena memang terdapat beberapa versi android yang tidak memiliki fitur ini.

5. Reset Android

Jika cara-cara sebelumnya memang tidak ada yang berhasil, kemungkinan terdapat error pada sistem android. Untuk itu, langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan reset android.

Cara ini akan menghapus semua aplikasi, data, dan pengaturan akan kembali ke default. Tapi cara ini sangat efektif dan besar kemungkinan berhasil.

Untuk melakukan reset pabrik, silahkan buka Pengaturan Manajemen umum Reset data pabrik > silahkan ikuti perintah yang diberikan.

cara mengatasi google play services has stopped

Pada HP lain, kemungkinan tampilannya berbeda ya. Pada umumnya, untuk mereset android caranya masuk ke Setelah Cadangkan dan setel ulang Kembalikan ke setelah pabrik > ikuti perintah yang diberikan.

Setelah berhasil melakukan reset, biasanya proses booting akan sedikit lebih lama daripada biasanya. Ini karena sistem android sedang melakukan konfigurasi ulang, jadi silahkan ditunggu saja.

6. Flash Firmware

Mungkin ada yang bertanya “Memang beda ya reset pengaturan pabrik dengan flash?”, jawaban saya adalah berbeda. Ketika Anda melakukan reset, maka firmwarenya tetap sama. Tapi dengan flash, Anda bisa menggunakan firmware sesuai keinginan.

Selain itu, flashing benar-benar akan menghapus semua data android. Bahkan, virus sekalipun juga bisa terhapus. Jadi, jika dengan reset pabrik belum mempan, silahkan lakukan flash pada HP Anda.

Saran saya, ketika Anda memutuskan untuk melakukan flashing, silahkan gunakan firmware terbaru. Untuk mengunduh firmware terbaru, Anda bisa mengunjungi situs resmi dari merk HP Anda.

Itulah beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi layanan Google Play telah berhanti. Mungkin cukup sekian artikel pada kesempatan kali ini, semoga bermanfat dan bisa membantu Anda mengatasi permasalahan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *