Cara Melacak HP Samsung

Cara Melacak HP Samsung

Setiap merk HP pasti akan memberikan fitur pelacakan dengan metode yang berbeda-beda. Contohnya Samsung, merk ini memberikan fitur pelacakan melalui Samsung Account.

Bagi Anda yang kehilangan HP Samsung, jangan panik dan tetap tenang. Pihak Samsung telah memberikan cara yang cukup mudah untuk melacak HP yang hilang.

Namun, Anda tetap harus memenuhi syarat-syarat khusus agar bisa melacak HP tersebut. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak artikel ini dari awal sampai akhir, jangan loncat-loncat agar tidak bingung.

Syarat untuk Melacak HP Samsung

Media yang akan digunakan pada artikel ini adalah Samsung Account dan Google Account. Jadi, syarat utamanya adalah Anda harus sudah login akun Google (gmail) ataupun akun Samsung.

Jika Anda tidak login kedua media tersebut, maka Anda tidak bisa melacak HP Samsung dengan cara yang saya berikan. Namun, jika Anda sudah login salah satu media tersebut, maka Anda bisa menggunakan cara ini.

Syarat lain yang tidak kalah penting adalah HP yang hilang tersebut harus aktif dan terhubung dengan internet. Jika tidak terhubung dengan internet, maka pelacakan tidak bisa dilakukan.

Karena tidak bisa cek HP Samsung Anda apakah terhubung dengan internet atau tidak, cara ini bisa dikatakan sangat lemah karena belum tentu berhasil menemukan HP Anda. Tapi, apa salahnya mencoba?

Cara ini bisa Anda jalankan menggunakan browser seperti Google Chrome, Mozilla, ataupun Mozilla. Anda bisa menggunakan HP maupun PC, tapi saya sarankan lebih baik menggunakan PC saja.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melacak HP Samsung yang hilang:

Samsung Account

Sebagai pengguna Samsung, seharusnya Anda sudah mempunyai Samsung Account. Jika Anda belum punya, sebaiknya segera membuatnya (silahkan baca cara membuat akun Samsung) dan login ke HP Anda.

Namun, jika HP Anda sudah terlanjur hilang dan belum sempat login Samsung Account, silahkan loncat ke cara kedua saja karena cara tersebut tidak memerlukan Samsung Account.

Jika sudah login akun Samsung, silahkan ikuti langkah berikut:

  1. Pertama, silahkan buka website findmymobile.samsung.com
  2. Setelah itu, klik Sign In dan masuk menggunakan akun Samsung yang ada di HP Anda.
    cara melacak hp samsung yang hilang

  3. Setelah berhasil login, silahkan pilih HP yang Anda gunakan. Pastikan juga Network status: Online agar pelacakan bisa dilakukan.
    cara melacak hp samsung hilang
  4. Untuk mengetahui lokasi HP tersebut, silahkan klik Track location dan tunggu beberapa saat. Setelah proses selesai, Anda akan melihat lokasi HP berada.
    cara melacak hp samsung yang hilang dalam keadaan mati
  5. Jika Anda merasa hanya lupa menaruh saja, silahkan coba klik menu Ring agar HP Anda berdering. Jika muncul jendela seperti gambar di bawah ini, langsung saja klik Ring.
    cara melacak hp samsung yang hilang dengan imei
  6. Setelah beberapa saat, maka HP Anda akan berdering dengan volume maksimal. Bahkan, HP tetap akan berdering meskipun disetting hening ataupun getar.
    cara mencari hp samsung yang hilang
  7. Selesai.

Jadi, jika HP Anda hilang karena jatuh atau dicuri orang, silahkan gunakan menu Track location untuk mengetahui lokasi HP tersebut saat itu juga. Jika Anda hanya lupa menaruh, silahkan gunakan menu Ring agar HP berdering.

Track location dan Ring hanyalah 2 dari beberapa fitur yang disediakan untuk melacak HP Samsung. Anda bisa mencoba menggunakan menu lainnya sesuai kebutuhan.

Jika ada yang bertanya “Bagaimana cara membuka lokasi HP tersebut melalui Google Maps?” Untuk saat ini, saya juga belum menemukan caranya. Alternatif lainnya, Anda bisa menggunakan cara #2.2 Dengan Aplikasi Find My Device (silahkan scroll ke bawah).

Google Account

Semua HP android pasti memerlukan Google Account (Gmail) agar bisa menggunakan layanan seperti Play Store ataupun lainnya. Jadi, saya rasa Anda semua sudah login Gmail di HP Samsung yang hendak dilacak.

Cara ini bisa dilakukan dengan aplikasi maupun tanpa aplikasi. Silahkan pilih yang Anda rasa lebih simpel.

#2.1 Tanpa Aplikasi

  1. Pertama, silahkan kunjungi website google.com/android/find
  2. Setelah itu, silahkan login menggunakan akun Gmail yang digunakan pada HP Samsung yang hilang.
    cara melacak hp samsung yang hilang dengan gmail
  3. Setelah berhasil login, maka Anda akan melihat tampilan seperti gambar di bawah ini.
    lacak hp samsung
  4. Pada halaman tersebut, Anda bisa melihat detail lokasi HP berada. Selain itu, Anda juga bisa melakukan action seperti putar suara, amankan perangkat, dan hapus perangkat.

#2.2 Dengan Aplikasi

  1. Pertama, silahkan install aplikasi Find My Device
  2. Setelah itu, login menggunakan Gmail yang dipakai di HP yang hilang.
  3. Setelah berhasil login, Anda bisa melakukan action seperti cara sebelumnya yaitu melakukan putar suara, amankan perangkat, dan hapus perangkat.
  4. Salah satu kelebihan aplikasi ini adalah bisa membuka lokasi HP dengan Google Maps, jadi Anda bisa langsung mengunjungi tempat tersebut. Silahkan klik icon Google Maps yang saya tandai, maka Anda akan dibawa ke lokasi tersebut di Google Maps.
    melacak hp samsung
  5. Selesai.

Syarat agar Google Maps bisa mendeteksi lokasi HP Anda adalah “fitur lokasi” harus aktif. Jika tidak, maka sudah pasti Google Maps tidak bisa melacak keberadaan HP Anda.

Untuk menambah pengetahuan terkait HP Samsung, baca juga artikel mengenai cara cek IMEI Samsung.

Kesimpulan

Cara melacak HP Samsung ini sebenarnya bisa berhasil, namun syarat yang harus dipenuhi memang cukup banyak. Jadi, jika tidak berhasil, permasalahannya terletak pada syarat yang tidak terpenuhi.

Cara-cara di atas adalah cara resmi dari Samsung dan Google, jadi bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Lalu, jika HP saya tidak aktif, tidak login Gmail, tidak login akun Samsung, tidak terkoneksi dengan internet, apakah HP saya bisa ditemukan? Jujur saja, saya tidak berani berkata “tidak bisa”, karena pasti ada jalan lainnya.

Mungkin cukup sekian artikel pada kesempatan kali ini. Semoga cara ini bisa berhasil digunakan untuk melacak HP Anda yang hilang.

Icon thumbnail dibuat oleh Smashicons dari www.flaticon.com

Sekadar bocah dari Magelang, Jawa Tengah yang suka dengan komputer dan menulis blog.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *