Cara Mengirim Aplikasi Android

Cara Mengirim Aplikasi Android

Saat melihat list aplikasi di HP teman, terkadang muncul keinginan untuk memiliki aplikasi tersebut. Langkah paling simpel yang sering dilakukan adalah dengan mengirimnya.

Sayangnya, Android tidak memiliki fitur kirim aplikasi secara langsung. Sehingga kita tetap memerlukan aplikasi tambahan untuk melakukan langkah ini, tidak bisa tanpa aplikasi.

Nah, bagi Anda yang ingin meminta aplikasi Android dari teman namun belum tahu caranya, tenang saja. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan cara paling mudah tanpa root.

Cara Mengirim Aplikasi yang Sudah Terinstall

Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya bahwasannya untuk melakukan langkah ini harus menggunakan aplikasi tambahan. Nah, kali ini saya akan memberikan satu rekomendasi aplikasi terbaik.

Cara Mengirim Aplikasi Android yang Sudah Terinstall

Yups, yang akan digunakan untuk mengirim aplikasi Android yang sudah terinstall adalah ES File Explorer. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mengirim aplikasi lewat Bluetooth maupun WhatsApp.

Sayangnya, aplikasi ini sudah tidak tersedia di Google Play Store. Saya sudah coba cari memang tidak ada, begitupun ketika saya cari manual menggunakan package name aplikasi.

Tapi tenang, saya sudah menyiapkan link aplikasi tersebut kok, silahkan unduh melalui link di bawah ini (direct link dari website uptodown).

Setelah Anda unduh, silahkan install dan langsung buka aplikasi tersebut. Jika sudah, ikuti langkah berikut untuk mengirim aplikasi:

  1. Pada tahap awal, mungkin Anda akan dihadapkan dengan halaman perizinan aplikasi, silahkan pilih Izinkan saja.
  2. Setelah masuk aplikasi, klik APP (icon robot Android). Pilih aplikasi yang akan dikirim dengan cara tekan & tahan icon aplikasi selama beberapa saat (sampai muncul icon centang).
    cara mengirim aplikasi lewat bluetooth
  3. Oh ya, Anda juga bisa mengirim beberapa aplikasi secara langsung. Jadi, Anda hanya perlu menandai aplikasi yang ingin dikirim saja.
  4. Jika aplikasi sudah ditandai, silakan klik Bagikan pada menu bagian bawah. Selanjutnya, silahkan pilih media yang akan Anda gunakan, mau bluetooth, WhatsApp, ataupun yang lain.
    cara mengirim aplikasi lewat whatsapp
  5. Sebagai contoh saya ingin mengirim aplikasi melalui bluetooth, maka selanjutnya tinggal memilih perangkat yang akan dikirim dan tunggu proses pengiriman.
    cara mengirim aplikasi lewat wa
  6. Selesai.

Jika sudah selesai, maka aplikasi yang dikirim akan tersimpan pada folder sesuai media yang digunakan.

Jika menggunakan bluetooth, biasanya akan tersimpan di download. Bagi yang menggunakan media WhatsApp, biasanya akan tersimpan di WhatsApp > Media > WhatsApp Documents.

Oh ya, nama aplikasi (APK) tersebut tidak sesuai nama aslinya ya. Nama aplikasinya akan secara otomatis diubah menjadi base.apk. Jadi, jika mencari aplikasi tersebut, silahkan cari dengan nama base.apk.

Nah, itulah cara mengirim aplikasi Android melalui bluetooth, WhatsApp, maupun media lain (yang tersedia di ES File Explorer). Sebenarnya masih ada cara dengan aplikasi lain, namun ini adalah cara paling mudah.

Demikianlah artikel yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Featured Image Credit:
Icon dibuat oleh Smashicons dari www.flaticon.com
Dimodifikasi oleh penulis.

Sekadar bocah dari Magelang, Jawa Tengah yang suka dengan komputer dan menulis blog.

    Temukan saya di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *