Cara Mematikan Update Windows 10

Cara Mematikan Update Windows 10

Windows 10 merupakan versi OS terbaru yang dikeluarkan oleh Microsoft. Sistem operasi ini masih sering melakukan pengembangan fitur maupun perbaikan bug melalui Windows Update.

Sebenarnya, Windows Update merupakan fitur penting yang disediakan oleh Microsoft. Sebab, jika terdapat masalah pada sistem sebelumnya, maka kita bisa mendapatkan update perbaikannya.

Walaupun begitu, tetap saja ada pengguna yang ingin mematikan update Windows 10 secara permanen, karena pengaturan auto update setelah install Windows 10 secara otomatis nyala.

Alasan Mematikan Update Windows 10

Dulu, saat saya masih menggunakan HP untuk tethering laptop, tidak jarang kuota internet terkuras secara tiba-tiba. Setelah saya selidiki, penyebabnya adalah update otomatis yang dilakukan Windows 10.

Mengetahui hal tersebut, tanpa pikir panjang saya langsung mematikan update otomatis Windows 10 dengan tujuan menghemat kuota. Nah, apakah Anda juga mengalami hal yang sama?

Bagi Anda yang sedang bingung dengan cara mematikan update Windows 10, tenang dulu. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa cara yang bisa digunakan.

Cara Mematikan Update Windows 10

Untuk mematikan Windows Update, ada beberapa cara yang bisa digunakan, baik tanpa aplikasi maupun menggunakan aplikasi pihak ketiga, berikut diantaranya:

Dalam artikel ini, pembahasannya bukan hanya cara mematikan update Windows 10 permanen, namun ada juga bahasan seputar pause update ataupun mematikan Windows update sementara.

Metered Connection

Metered Connection merupakan fitur yang berfungsi untuk membatasi bandwith internet untuk sistem. Dengan mengaktifkan fitur ini, maka Anda bisa menghemat kuota internet (khususnya bagi pengguna modem).

Fitur ini tetap akan melakukan update ketika Anda menggunakan jaringan WiFi ataupun Ethernet. Sedangkan ketika menggunakan modem ataupun koneksi ponsel, update akan otomatis dimatikan.

Untuk mengaktifkan Metered Connection, silahkan ikuti langkah di bawah ini:

  1. Hubungkan Windows dengan WiFi atau Hotspot (koneksi yang biasa Anda gunakan).
  2. Setelah itu, buka Setting > pilih Network & Internet > Status > Change connection properties.
    cara mematikan update windows 10
  3. Scroll ke bawah sampai Metered Connection, klik toggle untuk mengaktifkannya.
    cara mematikan windows update
  4. Selesai.

Cara ini sangat cocok untuk Anda pengguna internet berkuota karena update tidak akan otomatis dilakukan. Selain itu, update tetap akan berjalan ketika Anda menggunakan koneksi WiFi.

Windows Service

Windows Service merupakan kumpulan aplikasi yang berjalan mulai proses booting, termasuk Windows Update. Meskipun tidak membukanya, Windows Service tetap akan berjalan di latar belakang tanpa Anda sadari.

Kabar baiknya, kita sebagai pengguna Windows dibebaskan untuk menghidupkan atau mematikan aplikasi tersebut. Langkah-langkahnya juga sangat mudah kok.

Berikut caranya:

  1. Pertama, silahkan buka Run dengan menekan tombol Windows+R.
  2. Setelah terbuka, ketikkan services.msc lalu tekan Enter.
    mematikan update windows 10
  3. Setelah masuk ke Services, silahkan cari dan klik Windows Update. Pada bagian Startup type silahkan ubah menjadi Disabled. Selanjutnya klik Stop dan klik Apply lalu Ok.
    cara mematikan windows update windows 10
  4. Selesai.

Dengan mempraktikkan cara di atas, Windows Update Anda tidak akan aktif lagi, termasuk pada program Startup. Jadi, Anda tidak perlu khawatir Windows 10 melakukan update otomatis.

Defer Upgrade

Tidak seperti Windows Service yang akan benar-benar mematikan update Windows 10 secara permanen. Defer Upgrade hanya akan menunda update dalam jangka waktu sesuai keinginan Anda.

Jadi, jika suatu saat Anda ingin melakukan update Windows 10 sebelum jangka waktu tersebut habis, maka langkah yang harus Anda tempuh hanyalah mematikan Defer Upgrade.

Update: Pada Windows 10 versi terbaru, saya sudah tidak menemukan Defer Upgrade. Tapi tenang, Anda tetap bisa menggunakan Pause updates.

Berikut caranya:

  1. Pertama, buka Settings di Windows 10 Anda.
  2. Setelah itu, pilih Update & Security > Windows Update > Advanced options.
    cara mematikan auto update windows 10
  3. Selanjutnya, scroll ke bawah dan temukan Pause updates. Silahkan pilih tanggal berapa Anda ingin menghidupkan Windows Update.
    mematikan windows update
  4. Selesai.

Cara ini sangat tidak efektif untuk Anda yang ingin mematikan update Windows 10 secara permanen. Hal tersebut dikarenakan maksimal pause updates hanya 35 hari saja.

Group Policy Editor

Group Policy Editor atau yang memiliki perintah Gpedit.msc merupakan sebuah fitur Windows yang sering digunakan untuk melihat, membuat, dan memodifikasi group policy yang ada di Windows.

Windows Update merupakan sebuah fitur yang bisa dikonfigurasi menggunakan Gpedit. Jadi, Local Group Policy Editor ini bisa digunakan untuk mematikan update Windows 10.

Berikut caranya:

  1. Buka Run dengan menekan tombol Windows + R.
  2. Setelah itu, ketik gpedit.msc lalu tekan Enter.
    cara menonaktifkan update windows 10
  3. Pada halaman awal Group Policy Editor, silahkan buka Computer Configuration lalu klik Administrative Templates.
    cara menonaktifkan windows update
  4. Selanjutnya, masuk ke Windows Components > Windows Update > lalu double klik pada Configure Automatic Updates.
    cara mematikan windows update di windows 10
  5. Terakhir, klik Disabled lalu klik Apply > Ok.
    cara mematikan windows update win 10
  6. Selesai.

Dengan mengikuti cara di atas, update Windows 10 Anda sudah berhasil dimatikan. Untuk menghidupkannya kembali, caranya sama saja, bedanya pada tahap terakhir Anda pilih Enabled atau Not Condigured.

Command Prompt

Command Prompt merupakan aplikasi bawaan Windows yang sering digunakan untuk mengetikkan suatu perintah dengan fungsi bermacam-macam, salah satunya perintah untuk mematikan update Windows 10.

Cukup dengan mengetikkan beberapa perintah saja, maka Windows update di Windows 10 Anda akan dimatikan dengan cepat. Tertarik mencoba? Silahkan ikuti langkah berikut ini:

  1. Pertama, buka Command Prompt (Run as administrator)
  2. Setelah itu, ketikkan perintah di bawah ini secara bertahap.
    1. net stop wuaserv
    2. net stop bits
    3. net stop dosvc
      cara mematikan update otomatis windows 10
  3. Jika semua perintah berhasil (ada keterangan successfully), maka update Windows 10 Anda sudah berhasil dimatikan.
  4. Selesai.

Jika suatu saat ingin menghidupkan Windows Update yang dimatikan dengan cara di atas, maka Anda tinggal mengetikkan perintah seperti gambar di bawah ini.

mematikan auto update windows 10

Pada intinya, Anda hanya perlu mengganti kata stop menjadi start saja.

Win Update Stop

Dengan aplikasi ini, Anda bisa mematikan auto update Windows 10 dengan mudah. Selain Windows 10, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk Windows 7 maupun 8.

Bagi Anda yang malas menggunakan cara-cara sebelumnya, maka Win Update Stop akan sangat memudahkan Anda. Cukup satu klik saja, Windows Update akan langsung dimatikan.

Untuk menggunakannya, silahkan ikuti langkah di bawah ini:

  1. Pertama, silahkan unduh aplikasinya di sini (Google Drive).
  2. Setelah itu, install aplikasinya seperti biasa.
  3. Setelah proses instalasi selesai, buka aplikasi tersebut.
  4. Klik Disabled untuk mematikan Windows Update.cara mematikan auto update windows 10 permanen
  5. Selesai.

Nah, itulah 7 cara mematikan update Windows 10. Silahkan pilih cara yang menurut Anda paling efektif dan mudah dipraktikkan. Jika ada yang perlu ditanyakan, silahkan tulis di kolom komentar.

Demikianlah artikel yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel yang saya tulis bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Featured Image Credit:
Icon dibuat oleh Freepik dari www.flaticon.com
Dimodifikasi oleh penulis.

Sekadar bocah dari Magelang, Jawa Tengah yang suka dengan komputer dan menulis blog.

    Temukan saya di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *