VLC tidak muncul gambar

VLC Tidak Muncul Gambar

VLC Media Player adalah software aplikasi yang digunakan untuk memutar file multimedia baik itu video ataupun audio. Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk memutar CD, VCD, maupun DVD. Kelebihan dari aplikasi ini adalah tersedia pada hampir semua jenis sistem operasi.

Keunggulan lain yang saya suka dari aplikasi ini adalah dukungan codec yang dimiliki sangat lengkap, sehingga dapat memutar hampir semua file audio maupun video yang ada saat ini. Ukuran aplikasi ini juga bisa dikatakan kecil, sehingga lebih menghemat memori penyimpanan Anda.

Namun, disamping keunggulannya yang banyak, ada salah satu masalah yang masih sering dialami kebanyakan pengguna, yaitu VLC tidak ada gambarnya ketika memutar video. Yang muncul hanyalah suara saja dengan tampilan blank hitam.

Cara Mengatasi VLC Tidak Muncul Video

Masalah VLC yang tidak muncul gambar ini bisa terjadi pada Windows maupun Linux. Namun, pada kesempatan kali ini, saya hanya akan memberikan tutorial untuk Windows saja, karena kebetulan laptop yang saya install Linux sedang tidak saya pakai.

Untuk mengatasi masalah ini sebenarnya cukup mudah, kita hanya tinggal mengubah Hardware accelerated decoding saja. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak langkah di bawah ini.

  1. Pertama, silahkan buka aplikasi VLC Media Player.
  2. Kemudian, pilih menu Tools lalu pilih Preferences.
    VLC Tidak Muncul Video
  3. Lalu, pindah ke tab Input / Codecs dan pada bagian Hardware-accelerated decoding silahkan ubah dari Automatic menjadi Disable. (Pada gambar di bawah ini menggunakan bahasa Indonesia ya, silahkan disesuaikan saja).
    VLC Hanya Muncul Suara
  4. Jika sudah, langsung klik Save untuk menyimpan pengaturan.
  5. Silahkan tutup aplikasi VLC terlebih dahulu agar perubahan pengaturan diterapkan.
  6. Sekarang, silahkan buka video Anda dan gambar pada video VLC sudah muncul.

Jika melakukan langkah di atas dengan benar, harusnya gambar pada VLC sudah muncul. Anda sudah bisa memutar file multimedia apa saja dan masalah VLC tidak muncul gambar berhasil teratasi.

Mungkin hanya ini saja artikel yang dapat saya sampaikan. Semoga artikel singkat ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Seorang pembelajar dari Magelang, Jawa Tengah yang suka dengan komputer dan menulis blog.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *