Cara Menghemat Kuota WhatsApp

Cara Menghemat Kuota WhatsApp

Walaupun WhatsApp termasuk salah satu aplikasi messenger yang bisa dikatakan hemat kuota, bukan berarti kuota internet Anda akan benar-benar hemat 100%.

Ketika Anda masuk ke banyak grup WhatsApp dan mengaktifkan fitur simpan foto otomatis, maka hal tersebut bisa menyebabkan kuota internet Anda jadi lebih boros.

Tapi tenang, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan cara menghemat kuota internet saat menggunakan WhatsApp. Cara ini cukup efektif untuk mengurangi penggunaan kuota Anda.

Cara Agar WhatsApp Tidak Boros Kuota

Untuk menghemat kuota WhatsApp, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, berikut diantaranya:

Matikan Unduh Otomatis

Pada pengaturan default, WhatsApp akan selalu menyimpan foto secara otomatis ketika ada yang mengirimkan foto, baik itu dari grup maupun chat pribadi.

Dengan begitu, kuota internet Anda akan lebih boros, terlebih jika jumlah foto yang dikirimkan sangat banyak. Untuk itu, kita harus mematikan fitur unduh otomatis ketika menggunakan data seluler.

Untuk mematikan unduh otomatis, silahkan ikuti langkah berikut:

  1. Pertama, silahkan buka WhatsApp terlebih dahulu.
  2. Setelah itu, klik titik tiga pada pojok kanan atas lalu pilih Setelan. Setelah masuk setelan, silahkan pilih Data dan penyimpanan.
    cara menghemat kuota whatsapp
  3. Pada unduh otomatis media, pilih Saat menggunakan data seluler. Setelah muncul jendela, hilangkah semua centang lalu pilih Oke.
    cara menghemat kuota pada whatsapp
  4. Selesai.

Dengan ini, maka kuota internet Anda akan lebih hemat karena setiap ada foto yang masuk, Anda harus mendownloadnya secara manual.

Pastikan Anda sudah tahu cara download status WhatsApp agar bisa menyimpan foto ataupun video keren milik teman Anda.

Gunakan Data Minimum

Langkah selanjutnya adalah dengan mengaktifkan fitur gunakan data minimum. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi pemakaian data saat melakukan panggilan.

Untuk mengaktifkannya, silahkan ikuti langkah berikut:

  1. Silahkan buka WhatsApp di HP Anda.
  2. Setelah itu, klik titik tiga pada pojok kanan atas lalu pilih Setelan. Pada halaman setelan, silahkan pilih Data dan penyimpanan. Selanjutnya, scroll ke bagian paling bawah, aktifkan Penggunaan data minimum.
    cara menghemat kuota untuk whatsapp
  3. Selesai.

Sekarang, kuota internet Anda akan lebih hemat ketika melakukan panggilan WhatsApp.

Bosan dengan tampilan default WhatsApp? Silahkan gunakan cara mengganti tema WhatsApp agar tampilannya jadi lebih keren.

Matikan Backup Video

Selain untuk menghemat kuota WhatsApp, mematikan backup video juga akan mempercepat proses ketika Anda melakukan backup.

Untuk mematikan fitur ini, silahkan ikuti langkah berikut:

  1. Pertama, buka aplikasi WhatsApp di HP Anda.
  2. Setelah itu, buka Setelan dengan klik titik tiga pada pojok kanan atas. Jika sudah masuk setelan, silahkan klik Chat.
  3. Selanjutnya, klik Cadangkan chat lalu scroll ke bawah. Matikan fitur Sertakan video.
    cara menghemat kuota internet whatsapp
  4. Selesai.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda praktikkan untuk menghemat kuota WhatsApp, khususnya bagi Anda yang menggunakan 2 WhatsApp dalam 1 HP.

Mungkin cukup sekian artikel yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Featured Image Credit:
Icon dibuat oleh Smashicons dari www.flaticon.com
Dimodifikasi oleh penulis.

Sekadar bocah dari Magelang, Jawa Tengah yang suka dengan komputer dan menulis blog.

    Temukan saya di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *