Cara Mengaktifkan IDM

Terkadang, pengguna memang harus mengaktifkan IDM secara manual karena extension aplikasi tersebut belum terintegrasi dengan browser, baik itu Google Chrome maupun Mozilla Firefox.

Setelah terintegrasi, nantinya Anda bisa dengan mudah menggunakannya karena tombol download IDM akan muncul pada setiap link, salah satu contohnya adalah pada video YouTube.

Nah, bagi yang aplikasi IDMnya belum terhubung dengan browser, tenang saja, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan cara mengaktifkan IDM di Chrome dan Mozilla.

Cara Menampilkan Tombol IDM

Mengaktifkan IDM di browser beda dengan aktivasi loh ya. Untuk aktivasi, salah satu caranya menggunakan serial number IDM. Sedangkan untuk mengaktifkan IDM di browser, Anda hanya memerlukan extension saja.

Berikut adalah cara mengaktifkan IDM sesuai browser yang Anda gunakan:

Google Chrome

Untuk mengaktifkan IDM di Google Chrome, sebenarnya Anda tinggal memasukkan extension IDM yang terletak pada folder instalasi saja. Bagi yang masih bingung, ikuti langkah berikut:

  1. Pertama, silahkan Anda ketikkan chrome://extensions di address bar Google Chrome.
  2. Anda akan diarahkan ke tempat Extensions Google Chrome, silahkan minimize terlebih dahulu Google Chromenya.cara mengaktifkan idm di chrome
  3. Sekarang, silahkan pergi ke tempat instalasi IDM Anda yaitu C:\Program Files (x86)\Internet Download Manager. Setelah masuk ke foldernya, cari file bernama IDMGCExt.crx.cara mengaktifkan idm di google chrome
  4. Klik (tahan) IDMGCExt.crx lalu tarik ke Extensions Google Chrome tadi. Jika ada notifikasi seperti gambar di bawah ini, klik Continue saja.cara mengaktifkan idm di chrome terbaru
  5. Terakhir, aktifkan extension tersebut dengan klik toggle sampai aktif (berwarna biru) seperti gambar di bawah ini.cara mengaktifkan idm di laptop
  6. Selesai.

Dengan mengikuti langkah di atas, seharusnya IDM Anda sudah aktif dan bisa digunakan dengan normal. Tapi, terkadang ada juga masalah yang menyebabkan IDM tidak bisa aktif.

Jika extension IDM Anda belum aktif, saya sarankan lakukan update pada Google Chrome agar menjadi versi terbaru. Setelah itu, silahkan ulangi lagi langkah di atas.

Sudahkah Anda mengetahui cara melanjutkan download di IDM? Hal itu penting karena terkadang, proses download IDM sering terhenti dan tidak bisa dilanjutkan.

Mozilla Firefox

Cara mengaktifkan IDM di Mozilla Firefox bisa dikatakan lebih mudah dibandingkan dengan Google Chrome. Sebab, ada sebuah website yang menyediakan addon IDM.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pertama, silahkan Anda kunjungi website getidmcc.com
  2. Setelah itu, cari dan klik tombol Install Addon.cara mengaktifkan idm di mozilla
  3. Selanjutnya, Anda akan dihadapkan dengan pop up seperti di bawah ini, silahkan ikuti saja instruksi yang saya berikan (sudah saya urutkan).cara mengaktifkan idm di firefox
  4. Selesai.

Dengan mengikuti langkah di atas, maka IDM di Mozilla Anda sudah aktif dan bisa digunakan dengan normal.

Sebenarnya ada juga cara manual (seperti cara mengaktifkan IDM di Google Chrome), namun saya pribadi lebih suka menggunakan addon karena lebih mudah.

YouTube (Tips)

cara mengaktifkan idm di youtube

Cara mengaktifkan IDM di YouTube sebenarnya sudah termasuk pada cara-cara sebelumnya. Jika pada Mozilla Firefox dan Google Chrome sudah aktif, maka tombol download IDM di YouTube juga otomatis muncul.

Suka download video di YouTube, silahkan baca cara mempercepat IDM agar proses download Anda lebih cepat.

Nah, bagi yang tombol download IDMnya belum muncul juga, mungkin beberapa tips di bawah ini bisa menyelesaikan permasalahan Anda.

#3.1 Update Browser

Yang saya ketahui, browser juga sangat berpengaruh ketika tombol download IDM tidak muncul di browser. Hal ini mungkin saja karena extension sudah tidak support dengan versi browser lama.

Untuk itu, silahkan lakukan update pada browser Anda agar mendapatkan versi terbarunya. Setelah itu, silahkan lakukan cara-cara di atas sesuai dengan browser yang Anda gunakan.

#3.2 Reinstall IDM

Extension tidak berfungsi dengan baik bisa saja karena ada kesalahan saat proses instalasi. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan reinstall atau install ulang IDM.

Saran saya, gunakan IDM versi terbaru karena setiap pembaharuan biasanya akan ada fitur baru maupun perbaikan dari versi-versi sebelumnya. Jadi kemungkinan ada error semakin kecil.

3.3 Aktivasi IDM

Berdasarkan pengalaman saya pribadi, extension IDM tidak berfungsi ketika masa aktif IDM tersisa kurang dari 10 hari. Dengan ini, secara otomatis tombol IDM juga tidak muncul.

Untuk itu, Anda bisa melakukan aktivasi dengan serial number IDM ataupun menggunakan cara-cara lainnya. Sekadar info, berikut adalah daftar harga IDM terbaru:

IDM

Dengan membeli lisensi di atas, maka Anda akan mendapatkan semua fitur yang disediakan IDM. Anda tidak akan pernah mendapatkan peringatan fake serial number IDM karena lisensi yang digunakan adalah original.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengaktifkan IDM di Mozilla Firefox, Google Chrome, dan YouTube. Jika ada yang mau ditanyakan, silahkan tulis di kolom komentar saja.

Demikianlah artikel yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Featured Image Credit:
Icon dibuat oleh Smashicons dari www.flaticon.com
Dimodifikasi oleh penulis.

Charis

Sekadar bocah dari Magelang, Jawa Tengah yang suka dengan komputer dan menulis blog.

Tinggalkan komentar