cara mengatasi idm fake serial number

IDM Fake Serial Number

Peringatan fake serial number pada IDM biasanya akan muncul ketika kita ketahuan menggunakan lisensi palsu. Lisensi palsu ini biasanya didapat dari internet, intinya bukan lisensi resmi dari IDM.

Bagi yang belum tahu, IDM hanya dapat digunakan secara gratis selama 30 hari saja. Setelah itu, kita diharuskan untuk membeli lisensi resmi agar IDM bisa digunakan kembali.

Namun, banyak orang yang mencari jalan pintas agar bisa menggunakan IDM tanpa harus membelinya. Jalan pintas tersebut bukan tanpa risiko, salah satu risikonya adalah muncul peringatan fake serial number.

Cara Menghilangkan Fake Serial Number IDM

Sekadar info, salah satu penyebab munculnya fake serial number adalah update otomatis pada IDM. Jadi, alangkah baiknya jika Anda mematikannya, silahkan baca cara mematikan update IDM.

Untuk mengatasi IDM fake serial number ini, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, baik itu menggunakan software maupun tanpa software.

Berikut adalah cara yang bisa digunakan:

Beli Lisensi

cara mengatasi idm fake serial number dengan serial number

Gambar di atas adalah harga lisensi IDM yang ditawarkan oleh pihak pengembang. Harga tersebut tentu sangat worth it jika bisnis Anda ada hubungannya dengan download.

Sebagai contoh adalah jasa flash HP, mereka tentu memerlukan IDM untuk mempercepat download firmware yang dibutuhkan. Tanpa IDM, kemungkinan besar proses download akan lebih lambat.

Jika kecepatan masih kurang, maka Anda bisa mempercepat download IDM dengan beberapa metode, entah itu melakukan pengaturan pada IDM, menggunakan proxy, ataupun cara lainnya.

Jadi, cara paling ampuh untuk menghilangkan IDM fake serial number adalah dengan membeli lisensi resminya. Dengan ini, Anda tidak akan mendapatkan peringatan fake serial number lagi.

Pernah gagal ketika download menggunakan IDM? Tenang saja, Anda bisa kok melanjutkan proses download tersebut, silahkan baca caranya disini.

Rename File

cara mengatasi idm fake serial number tanpa software

File yang saya tandai pada gambar di atas adalah file yang harus Anda ubah namanya agar fake serial number tidak muncul di IDM. Berikut adalah caranya:

  1. Pertama, silahkan Anda masuk ke C:\ Program Files (x86) \ Internet Download Manager.
  2. File pertama yang harus diubah adalah IDMGrHlp, silahkan ubah menjadi idmhelp-old. Setelah itu, restart laptop ataupun komputer Anda.
  3. Setelah direstart, masuk kembali ke folder instalasi IDM, ubah nama idmBroker menjadi IDMGrHlp. Setelah itu, silahkan lakukan restart lagi.
  4. Selesai.

Jika file tersebut tidak ditemukan, silahkan cari di C:\ Program Files \ Internet Download Manager

Intinya, jika folder instalasi IDM tidak ada pada Program Files, maka folder tersebut berada pada Program Files (x86)

Reset Trial

cara mengatasi idm fake serial number dengan aplikasi

Cara menghilangkan fake serial number IDM bisa dilakukan dengan bantuan software. Namun sebelum itu, matikan terlebih dahulu antivirus Anda. Bagi pengguna Windows 10, silahkan baca cara mematikan Windows Defender.

Cara ini sebenarnya bukan menghapus fake serial number ya, lebih tepatnya untuk reset trial IDM menjadi 30 hari lagi. Jadi, setiap IDM sudah mau habis, Anda bisa melakukan reset menggunakan cara ini.

Berikut adalah cara trial reset IDM menjadi 30 hari:

  1. Pertama, silahkan unduh file ini.
  2. Setelah itu, ekstrak dan buka file aplikasinya.
  3. Setelah aplikasi terbuka, pindah ke tab Trial reset lalu klik Reset the IDM trial now.
  4. Tunggu sampai proses selesai.

Agar dapat menggunakan IDM terus-menerus, Anda harus melakukan reset trial IDM setiap satu bulan sekali.

Setelah melakukan cara di atas, biasanya Anda harus menghubungkan IDM dengan browser agar tombol download muncul. Silahkan baca cara mengaktifkan IDM jika Anda belum tahu caranya.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi IDM fake serial number yang bisa Anda gunakan. Namun, cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan membeli lisensi resminya.

Demikianlah artikel yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Featured Image Credit:
Icon dibuat oleh Smashicons dari www.flaticon.com
Dimodifikasi oleh penulis.

Sekadar bocah dari Magelang, Jawa Tengah yang suka dengan komputer dan menulis blog.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *