Cara Mempercepat IDM

IDM merupakan salah satu aplikasi yang sering digunakan untuk mempercepat download di laptop. Dengan IDM, proses download jauh lebih cepat dibandingkan dengan browser biasa.

Namun, walaupun begitu, masih banyak juga orang yang ingin mempercepat download IDM. Memang tidak salah sih, saya pribadi juga begitu kok, alhamdulillah memang ada peningkatan kecepatan.

Sebelumnya, pastikan Anda sudah mengaktifkan IDM di browser masing-masing. Hal ini penting agar browser yang digunakan bisa langsung melakukan download di IDM.

Cara Mempercepat Download di IDM

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mempercepat download IDM, berikut adalah diantaranya:

Karena IDM saya menggunakan bahasa Indonesia, nanti disesuaikan saja ya kalau berbeda bahasa. Untuk tata letaknya tetap sama kok, jadi tetap mudah diikuti.

Batasi Kecepatan

Pembatas kecepatan adalah salah satu fitur yang disediakan oleh IDM. Dengan mengaktifkan fitur ini, saya merasakan kecepatan download yang semakin cepat (pengalaman pribadi).

Untuk mengaktifkan pembatas kecepatan, silahkan ikuti langkah berikut:

  1. Pertama, silahkan buka aplikasi IDM.
  2. Setelah itu, klik Download > Pembatas Kecepatan > Pengaturan. Jika muncul jendela baru, silahkan isikan 20000 pada kecepatan download > aktifkan centang > klik OK.cara mempercepat download idm
  3. Selesai.

Setelah mengaktifkan pembatas kecepatan, silahkan bedakan kecepatan sebelum dan sesudah. Berdasarkan pengalaman, kecepatan download IDM alhamdulillah meningkat.

Pastikan Anda mengetahui cara mengatasi IDM fake serial number, karena masalah tersebut sering muncul pada sebagian besar pengguna.

Setting Connection

IDM memberikan kebebasan kepada penggunanya untuk mengatur tipe kecepatan sesuai keinginan. Namun, efek dari pengaturan ini juga tergantung dari kecepatan koneksi yang digunakan.

Untuk mempercepat download IDM dengan cara ini, silahkan ikuti langkah berikut:

  1. Silahkan buka aplikasi IDM Anda terlebih dahulu.
  2. Setelah itu, klik Download lalu pilih Opsi.cara mempercepat idm terbaru
  3. Selanjutnya akan muncul jendela baru. Silahkan pindah ke tab Koneksi > Ubah jenis koneksi (no. 2) menjadi High Speed: Direct Connection (Ethernet/Cable) / Wifi / Mobile 4G / Other > Ubah jumlah koneksi maks (no. 3) menjadi 32 > klik OK.cara mempercepat idm di windows 10
  4. Selesai.

Sekadar tips, pada bagian no. 3, jika kecepatan download Anda lebih dari 1MBps, maka ubah menjadi 32. Namun, jika kecepatan download Anda tidak lebih dari 1MBps, silahkan ubah menjadi 16 saja.

Edit Registry

Pengaturan Registry Windows juga bisa berpengaruh terhadap kecepatan download IDM. Untuk itu, Anda harus mengubah sedikit pengaturan Registry di laptop Anda.

Silahkan ikuti langkah berikut ini:

  1. Pertama, masuk Run dengan menekan tombol Windows + R.
  2. Setelah terbuka, ketikkan regedit lalu tekan Enter.cara mempercepat idm tanpa aplikasi
  3. Setelah Registry Editor terbuka, silahkan masuk ke folder Computer \ HKEY_CURRENT_USER \ Software \ DownloadManager. Double klik pada ConnectionSpeed > ubah Value data menjadi 999999 > klik OK.cara mempercepat idm 2020
  4. Selesai.

Setelah berhasil mengubah registry, silahkan lakukan restart pada laptop ataupun komputer Anda agar efek dari pengaturan tersebut segera terasa.

Gunakan Proxy

Saat ini saya tidak merekomendasikan Anda menggunakan proxy gratisan. Berdasarkan pengalaman pribadi, kecepatan download IDM malah cenderung menurun.

Kecuali jika Anda sudah memiliki proxy premium yang sudah terjamin kecepatannya, maka Anda bisa memasukkannya ke IDM.

Jika Anda sudah memiliki proxy, silahkan ikuti langkah berikut:

  1. Pertama, buka IDM di perangkat Anda.
  2. Setelah itu, klik Download lalu pilih Opsi seperti gambar di bawah ini.cara mempercepat internet download manager
  3. Setelah muncul jendela, pindah ke tab Proxy/Socks > Manual proxy/socks configuration > masukkan proxy Anda pada kolom yang sudah disediakan > klik Ok.cara mempercepat idm dengan proxy
  4. Selesai.

IDM Optimizer (Bonus)

Langkah ini tidak sesuai dengan judul artikel ini yaitu “cara mempercepat download IDM tanpa aplikasi”, oleh karena itu saya tambahkan kata “bonus” di akhir kata.

Tapi tidak mengapa, cara ini juga cukup efektif dan sangat mudah digunakan. Kita hanya perlu mengunduh aplikasi IDM Optimizer (klik untuk unduh) lalu buka aplikasi tersebut.

Jika sudah terbuka, langsung saja klik OptimizeIDM untuk mengoptimalkan kinerja IDM agar kecepatan download juga meningkat.

cara mempercepat download idm dengan optimizer

Nah, sekarang, Anda sudah bisa melanjutkan aktivitas download dengan kecepatan yang sudah meningkat.

Salah satu masalah saat download adalah gagal di tengah jalan. Untuk mengatasi masalah tersebut, silahkan baca cara melanjutkan download IDM.

Itulah beberapa cara mempercepat download IDM. Apakah cara di atas 100% berhasil? Tidak selalu! karena kecepatan download IDM Anda juga tergantung dengan koneksi yang digunakan.

Demikianlah artikel yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Featured Image Credit:
Icon dibuat oleh Smashicons dari www.flaticon.com
Dimodifikasi oleh penulis.

Charis

Sekadar bocah dari Magelang, Jawa Tengah yang suka dengan komputer dan menulis blog.

Tinggalkan komentar