microsoft word tidak bisa save

Microsoft Word Tidak Bisa Save

Microsoft Word merupakan aplikasi pengolah kata yang sangat diandalkan. Sejak SMP, kita pasti sudah diajarkan membuat dan menyimpan dokumen menggunakan aplikasi ini.

Bicara soal menyimpan dokumen, ada masalah yang sering terjadi terkait hal tersebut, yaitu Microsoft Word tidak bisa save atau menyimpan dokumen. Apakah Anda sedang mengalaminya?

Saya pribadi sudah pernah mengalaminya. Jujur saja, ini adalah masalah yang sangat menjengkelkan. Bagaimana tidak? kita sudah capek, susah-payah mengetik banyak, eh malah tidak bisa disimpan.

Mending kalau dokumen yang ditulis tidak terlalu panjang, masih santai lah jika mau mengulang. Tapi bagaimana kalau sudah sampai ribuan kata? Hmm, pasti bakal mumet deh kitanya. 😀

Kenapa Word Tidak Bisa Menyimpan Dokumen?

Penyebab dari masalah word Word tidak bisa save ini sebenarnya banyak sekali. Tapi yang umum terjadi adalah user tidak memiliki hak akses sebagai administrator untuk menyimpan dokumen tersebut.

Untuk mengatasinya juga ada berbagai macam cara. Kalau pengalaman saya kemarin, alhamdulillah caranya gampang banget, nggak bikin kepala puyeng.

Penting: Sebelumnya, saya sarankan copy dokumen Anda ke aplikasi pengolah kata lainnya seperti Wordpad ataupun yang lainnya. Tujuannya untuk mengantisipasi hilangnya dokumen yang sudah Anda tulis.

Cara Mengatasi Word Tidak Bisa Save

Bagi yang mengalami masalah ini, di bawah ini akan saya paparkan beberapa cara mengatasi Word tidak bisa menyimpan dokumen. Saya urutkan dari cara-cara yang berpotensi berhasil terlebih dahulu.

Ubah Permission Folder Penyimpanan

Terkadang, ada beberapa folder yang tidak memperbolehkan penggunanya melakukan read and write. Jadi, kita tidak bisa melakukan apapun di folder tersebut, termasuk menyimpan file dokumen.

Jadi, langkah yang perlu kita lakukan hanyalah mengubah permission folder menjadi full control. Berikut adalah cara mengubah permission pada folder:

  • Buka Windows Explorer pada perangkat Anda.
  • Klik kanan pada drive/folder yang akan diubah permissonnya lalu pilih Propertios.
  • Pilih tab Security > pilih user yang akan dibuah permissionnya lalu klik Edit.
    Cara Mengatasi Word Tidak Bisa Menyimpan File
  • Silahkan beri akses Full Control dengan memberikan semua centang pada bagian Allow.
  • Jika sudah, klik Apply lalu klik Ok.

Perhatikan pada bagian Group or user names, itu adalah user yang ada pada perangkat Anda. Jadi, silahkan beri hak akses full control pada user yang sedang Anda gunakan. Tapi kalau mau diberi hak akses full semua juga bisa.

Simpan di Folder Lain

Cara Mengatasi Word Tidak Bisa Save Dokumen

Biasanya, akses administrator hanya diperlukan ketika kita hendak menyimpan file di system saja (data C). Tapi, jika kita menyimpan file di data D, E, atau seterusnya, biasanya tidak memerlukan akses administrator.

Jika cara sebelumnya masih belum bisa dilakukan, mungkin cara ini yang akan berhasil. Saat saya mengalami masalah Word tidak bisa disimpan, saya berhasil mengatasinya dengan cara ini.

Biasanya, saya selalu menyimpan file dokumen pada drive C, lebih tepatnya folder documents. Tapi karena saat itu tidak bisa, saya berinisiatif menyimpannya pada drive lain yaitu data D, alhamdulillah berhasil 100%.

Jadi, silahkan Anda coba simpan file tersebut pada data D, E, atau bisa juga di flashdisk. Kemungkinan besar file Microsoft Word tersebut berhasil disimpan.

Gunakan Word Online

Selain aplikasi PC, Microsoft juga menyediakan website online Word yang memiliki fungsi sama seperti aslinya. Dengan ini, kita bisa membuat dan menyimpan dokumen secara online.

Nah, ini bisa kita gunakan sebagai alternatif kalau seandainya Microsoft Word pada perangkat kita tidak bisa menyimpan dokumen. Cara ini cukup efektif dan mudah untuk dilakukan.

  • Pertama, silahkan buka Microsoft Word Online.
  • Setelah itu, silahkan login menggunakan akun Microsoft Anda. Jika belum punya, silahkan daftar terlebih dahulu.
    Cara Menyimpan Word yang Tidak Bisa Disimpan
  • Setelah login, silahkan klik New blank document dan paste dokumen Anda.
    Microsoft Word Tidak Bisa Menyimpan File
  • Jika dokumen sudah selesai dan Anda ingin menyimpannya ke komputer, silahkan klik File > Simpan Sebagai > Unduh Salinan.
    Microsoft Word Tidak Bisa Save File
  • Selesai.

Dengan ini, maka Anda sudah berhasil menyimpan dokumen ke komputer. Yang paling penting pada cara ini adalah komputer yang Anda gunakan memiliki koneksi internet karena yang digunakan adalah website.

Sekadar info, website tersebut juga terdapat aplikasi lain seperti Microsoft Excel, PowerPoint, OneNote, dan lain sebagainya. Pokoknya, hampir semua produk Microsoft Office ada di sana.

Pastikan Drive Tidak Penuh

Sebenarnya masalah ini sangat sepele tadi kadang sering terjadi. Kita sebagai pemilik komputer biasanya jarang melihat kapasitas drive apakah masih longgar atau sudah hampir penuh.

Hal ini biasanya terjadi pada folder sebuah hardisk. Di komputer, folder memang tidak menampilkan apakah hardisk masih ada space atau tidak untuk melakukan penyimpanan.

Berbeda dengan hardisk, kita akan melihat dengan jelas kapasitas hardisk yang tersedia saat kita membuka Windows Explorer, seperti ini contohnya.

File Microsoft Word Tidak Bisa Disimpan

Kapasitas hardisk saya (gambar di atas) memang masih longgar. Tapi tanpa kita sadari, terkadang folder tempat kita hendak menyimpan file Microsoft Word ternyata sudah penuh.

Nah, jadi pasikan lagi apakah folde yang akan digunakan untuk menyimpan masih ada ruang atau tidak. Soalnya space hardisk dengan space folder berbeda, silahkan di cek kembali.

Install Ulang Word

Cara-cara di atas adalah cara yang sangat ampuh untuk mengatasi Microsoft Word tidak bisa save. Tapi, jika ternyata tetap tidak bisa, mungkin Anda harus melakukan install ulang aplikasi.

Karena bisa saja aplikasi Word Anda terkena virus sehingga ada file penting yang terhapus atau corrupt. Untuk itu, silahkan dicoba untuk melakukan install ulang Microsoft Word.

Itulah beberapa cara mengatasi file Microsoft Word tidak bisa disimpan. Semoga beberapa poin di atas bisa menjadi bahan tambahan untuk belajar Microsoft Word karena masalah ini memang sering muncul, jadi setidaknya kita tahu bagaimana cara mengatasinya.

Sebenarnya cara mengatasi masalah ini tidak mutlak, dalam artian sesuai dengan penyebabnya juga. Mungkin cara yang berhasil saya lakukan belum tentu berhasil pada orang lain, begitu sebaliknya.

Jadi cara ini hanya sesuai dengan pengalaman yang pernah saya alami. Jadi disini saya sekadar sharing saja dengan harapan bisa membantu permasalahan ini.
Semoga bermanfaaat.

Seorang pembelajar dari Magelang, Jawa Tengah yang suka dengan komputer dan menulis blog.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *