Cara Mengganti Password Gmail

Cara Mengganti Password Gmail

Mengubah password merupakan langkah paling mudah agar akun Anda terlindungi. Di luar sana, mungkin ada seseorang yang sedang berusaha mengambil alih akun Gmail Anda. Oleh karena itu, tidak ada salahnya menambahkan sedikit pengamanan.

Password merupakan gerbang paling depan untuk mengamankan Gmail Anda. Setiap hendak login, password selalu dibutuhkan agar seseorang bisa mengakses akun tersebut.

Oh ya, ketika Anda mengganti kata sandi Gmail, maka kata sandi produk Google seperti YouTube, Google Drive, Google Maps, Google Play, dan lainnya juga akan terganti.

Tapi jangan khawatir, akun Google akan melakukan sinkronisasi otomatis, jadi Anda tidak perlu memasukkan kata sandi secara manual pada setiap produk Google.

Cara Mengubah Kata Sandi Gmail

Mengubah kata sandi Gmail memang penting untuk dilakukan. Terlebih kalau bukan Anda pribadi yang membuat Gmail, melainkan orang lain. Ketika kata sandi belum diubah, maka orang tersebut masih bisa mengakses Gmail Anda.

Untuk mengganti password Gmail, sebenarnya bisa dilakukan dengan langkah yang sama yaitu menggunakan Google Chrome. Namun, agar lebih bervariasi, akan saya berikan cara yang sedikit berbeda antara keduanya.

Komputer

Untuk mengubah kata sandi Gmail di komputer, silahkan ikuti langkah di bawah ini:

  • Pastikan Anda sudah login gmail, kemudian masuk ke Google Account.
  • Setelah itu, klik Info pribadi lalu pilih Sandi.
    cara mengubah password gmail
  • Anda akan disuruh untuk login ulang, silahkan masukkan kata sandi Anda (kata sandi saat ini) lalu klik Berikutnya.
    cara mengganti password akun gmail
  • Silahkan masukkan kata sandi baru yang Anda inginkan (isikan pada sandi baru dan konfirmasikan sandi baru). Jumlah karakter minimal adalah 8, silahkan gunakan kombinasi huruf, angka, dan simbol agar kata sandi Anda aman.
    cara mengubah kata sandi gmail
  • Selesai.

Android

Untuk mengubah kata sandi Gmail di android, silahkan ikuti langkah di bawah ini:

  • Pertama, silahkan buka aplikasi Gmail di HP Anda.
  • Setelah itu, klik foto profil pada pojok kanan atas lalu pilih Kelola Akun Google Anda.
    cara mengganti password gmail android
  • Setelah masuk halaman akun Google Anda, silahkan klik tab Info Pribadi lalu pilih Sandi. Nanti Anda akan disuruh login ulang, setelah login silahkan isi password yang hendak Anda gunakan lalu klik Ubah Sandi.
    cara mengubah password gmail android
  • Selesai.

Dengan mengikuti langkah di atas, maka Anda sudah berhasil mengganti password Gmail.

Tips Membuat Password Gmail

Bagi Anda yang sudah yakin kalau password yang digunakan aman, mungkin tips ini kurang begitu berguna. Namun, bagi Anda yang memerlukan tips membuat password Gmail, silahkan simak penjabarannya di bawah ini:

1. Gunakan Password yang Unik

Google membebaskan kita untuk membuat kata sandi seperti apapun. Oleh karena itu, kita harus memanfaatkannya agar akun Gmail bisa aman dengan membuat kata sandi yang unik.

Agar kata sandi bisa unik, kita bisa membuat kombinasi antara huruf, angka, dan simbol. Dengan begitu, maka orang lain akan lebih sulit ketika hendak mengetahui password Gmail kita.

2. Gunakan Random Password

Random password jauh lebih aman jika dibandingkan password yang bisa dibaca. Hal tersebut dikarenakan random password sangat sulit dibaca, bahkan memang tidak bisa dibaca.

Untuk membuat random password, Anda bisa memanfaatkan layanan yang disediakan di internet, silahkan ketik password generator di Google dan pilih yang paling atas.

Anda bisa menentukan sendiri jumlah karakter yang akan digunakan dan bisa melakukan generate password berkali-kali sampai menemukan password yang cocok. Contoh random password adalah seperti ini: %aYsbZJYUbgd7FHZ

3. Hindari Penggunaan Tanggal

Terkadang, seseorang ingin membuat kata sandi yang mudah diingat. Kebanyakan dari mereka (dulu saya juga termasuk 😀 ) menyertakan tanggal lahir pada kata sandi.

Percaya tidak percaya, seseorang yang akan mengambil alih akun Gmail, sebagian besar menggunakan tanggal lahir sebagai kata sandi untuk percobaan pertama.

Oleh karena itu, alangkah baiknya jika Anda menghindari penggunaan tanggal lahir untuk kata sandi Gmail. Gunakanlah kata sandi yang benar-benar aman agar akun Anda juga aman.

Itulah cara mengubah kata sandi Gmail dan sedikit tips membuat password yang aman. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Icon thumbnail dibuat oleh Smashicons dari www.flaticon.com

Sekadar bocah dari Magelang, Jawa Tengah yang suka dengan komputer dan menulis blog.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *