Cara Mengamankan Akun Gmail

Cara Mengamankan Akun Gmail

Sebenarnya, aman tidaknya akun Gmail itu tergantung dari penggunanya. Google memang sudah menyediakan fitur yang dapat digunakan untuk mengamankan Gmail, tapi kalau tidak diaktifkan ya sama saja.

Akun Gmail memiliki fungsi yang sangat banyak, selain untuk mengirim dan menerima email, bisa digunakan untuk mengakses produk Google seperti YouTube, PlayStore, AdSense, dan lainnya.

Nah, jika seseorang tahu kalau dalam akun Gmail Anda terdapat sesuatu yang berharga, taruhlah akun YouTube dengan subscriber banyak, bukan tidak mungkin akun Anda akan diincar.

Oleh karena itu, penting hukumnya untuk mengamankan akun Gmail. Sebenarnya langkah ini cocok ketika Anda baru membuat akun Gmail, tapi tetap bisa digunakan untuk akun lama.

Cara Agar Akun Gmail Lebih Aman

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan agar akun Gmail aman dari orang jahil, berikut diantaranya:

Buat Sandi Rumit

Kata sandi atau password adalah benteng keamanan pertama yang terdapat pada akun Gmail. Jadi, usahakan Anda membuat password yang rumit dan tidak mudah diingat orang lain.

Saran saya, jangan pernah gunakan password yang ada kaitannya dengan identitas Anda seperti tempat tanggal lahir, hari ulang tahun, dan lain sebagainya.

Kalau bisa, Anda gunakan kombinasi huruf, angka, dan simbol agar password benar-benar kuat. Anda juga harus menyimpan password tersebut agar tidak lupa.

Bagi Anda yang masih menggunakan password lemah, silahkan gunakan cara mengganti password Gmail dan buat password yang menurut Anda aman, kalau perlu gunakan password generator untuk mendapatkan random password.

Verifikasi 2 Langkah

Verifikasi 2 langkah adalah perlindungan ganda yang ditawarkan oleh Google untuk mengamankan akun Gmail Anda. Jadi, jika seseorang sudah masuk dengan password, maka harus melewati verifikasi 2 langkah ini.

Ketika hendak mengaktifkan verifikasi 2 langkah, maka Anda harus tahu password Gmail serta memiliki nomor HP yang aktif. Ini bertujuan untuk memastikan bahwa pemilik akun tersebut memang Anda.

Berikut adalah cara mengamankan Gmail dengan verifikasi 2 langkah:

  • Pertama, silahkan masuk ke halaman Verifikasi 2 Langkah.
  • Jika sudah masuk pada halaman ini, silahkan klik Mulai.
    cara mengamankan gmail
  • Anda akan disuruh login ulang, silahkan langsung login saja. Setelah masuk ke halaman selanjutnya, masukkan nomor yang akan digunakan untuk verifikasi. Pada bagian Bagaimana Anda ingin mendapatkan kode, silahkan pilih SMS saja lalu klik Selanjutnya.
    cara mengamankan akun gmail
  • Silahkan tunggu SMS dari Google, jika sudah masuk, silahkan masukkan kode tersebut ke kolom yang sudah disediakan lalu klik Selanjutnya.
    cara verifikasi 2 langkah gmail
  • Terakhir, silahkan klik Aktifkan untuk mengaktifkan verifikasi 2 langkah.
    cara mengamankan email gmail
  • Selesai.

Jika verifikasi 2 langkah sudah aktif, maka setiap Anda hendak login ke Gmail harus memasukkan kode yang dikirimkan oleh Google ke nomor Anda. Ini hanya berlaku pada perangkat yang belum pernah login, jika sebelumnya pernah login maka tidak perlu verifikasi lagi.

Aktifkan Perintah Google

Sebenarnya ini masih termasuk verifikasi 2 langkah. Dengan mengaktifkan perintah Google di ponsel, maka setiap ada yang login ke Gmail, Anda akan mendapatkan notifikasi di Android.

Selain itu, penggunaan verifikasi ini juga sangat mudah, Anda hanya perlu menekan tombol Ya yang muncul di ponsel nantinya. Jadi tidak perlu memasukkan kode verifikasi.

Untuk mengaktifkan verifikasi ponsel, silahkan ikuti langkah berikut ini:

  • Silahkan masuk ke halaman verifikasi 2 langkah (seperti cara ke-2).
  • Setelah itu, klik Tambahkan Perintah Google seperti gambar di bawah ini. Jika nanti muncul jendela, silahkan pilih Mulai.
    cara melindungi gmail
  • Selanjutnya, silahkan pilih smartphone yang ingin Anda gunakan, apakah android atau iPhone. Jika sudah, silahkan login Gmail di smartphone Anda > klik disini untuk mencoba lagi > Selanjutnya.
    cara mengamankan akun gmail verifikasi 2 langkah
  • Ikuti langkah yang diberikan sampai selesai.

Masukkan Email Pemulihan

Email pemulihan ini berfungsi untuk memulihkan akun kita saat mengalami lupa password Gmail. Nantinya, kita hanya perlu memasukkan kode yang dikirimkan Google untuk membuat kata sandi baru.

Sebenarnya, opsi ini sudah ditawarkan ketika Anda membuat Gmail, namun mungkin saja Anda lupa karena ini hanyalah opsional saja. Untuk mengaktifkan email pemulihan, ikuti langkah berikut:

  • Pertama, masuk ke halaman ini.
  • Setelah itu, klik Tambahkan Email Pemulihan.
    cara agar gmail aman
  • Selanjutnya Anda akan disuruh login ulang, setelah berhasil login silahkan klik Tambahkan Email Pemulihan dan masukkan email aktif yang akan digunakan.
  • Jika email sudah Anda tambahkan, maka akan tertera email tersebut pada halaman Email pemulihan.
    cara agar akun gmail aman
  • Selesai.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengamankan akun Gmail. Sebenarnya masih ada beberapa cara lain, tapi cara di atas adalah cara yang menurut saya paling aman.

Mungkin cukup sekian artikel yang bisa saya sampaikan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu mengamankan akun Gmail Anda.

Icon thumbnail dibuat oleh freepik dari www.flaticon.com

Sekadar bocah dari Magelang, Jawa Tengah yang suka dengan komputer dan menulis blog.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *