Cara Pasang WiFi IndiHome

Saat ini, hampir semua aktivitas memang memerlukan koneksi internet. Tidak sebatas untuk browsing saja, kita juga bisa menggunakan internet untuk berkomunikasi secara luas ataupun menggunakannya untuk berbisnis.

Oleh karena itu, kurang lengkap rasanya kalau tidak ada jaringan WiFi di sekitar kita. Untuk menjawab itu semua, IndiHome hadir sebagai salah satu provider yang menyediakan layanan pasang jaringan WiFi.

Bagi Anda yang memiliki niat untuk memasang WiFi IndiHome namun belum tahu caranya, tenang saja. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan langkah-langkahnya berdasarkan pengalaman pribadi.

Cara Daftar IndiHome

Untuk mendaftar IndiHome, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, baik itu secara online ataupun ofline. Berikut ini saya paparkan beberapa cara yang disediakan oleh pihak Telkom:

  • Pertama: Datang ke Telkom terdekat.
  • Kedua: Menelpon CS IndiHome (call center 147).
  • Ketiga: Melalui sales IndiHome.
  • Keempat: Melalui website resmi IndiHome.
  • Kelima: Melalui aplikasi myIndiHome.

Berdasarkan pengalaman pribadi, saya memilih untuk mendaftar IndiHome melalui cara offline yaitu datang langsung ke Telkom terdekat. Alasan saya memilih cara ini adalah (mungkin) lebih cepat daripada cara online.

Proses Langganan IndiHome

Untuk memperjelas proses pendaftaran atau pemasangan WiFi IndiHome, di bawah ini saya buatkan daftar isinya secara lengkap. Silahkan bisa disimak agar saat mendaftar nanti tidak bingung.

Siapkan Persyaratan

Syarat pasang IndiHome hanyalah KTP (asli) saja. Anda belum memerlukan uang untuk pembayaran maupun pemasangan (kecuali deposit) karena uang tersebut akan ditagihkan pada bulan pertama setelah penggunaan.

Sekadar info, KTP ini nantinya akan digunakan untuk validasi identitas. Fungsi lainnya adalah untuk swafoto (foto selfie) dan sebagai lampiran dokumen kontrak pemasangan IndiHome.

Datang ke Telkom Terdekat

cara pasang indihome di rumah

Setelah syarat yang diperlukan disiapkan, langkah selanjutnya adalah datang ke Plasa Telkom Group terdekat dari rumah Anda. Untuk mencarinya, Anda bisa search saja “Plasa Telkom + Daerah”, misal Plasa Telkom Muntilan.

Setelah menemukan Plasa Telkom Group terdekat, Anda bisa mengikuti rute yang tertera pada map di pencarian Google.

Sesampainya di Plasa Telkom Group, langsung masuk ke kantor utama dan tanyakan pada petugas “Mba, saya mau pasang WiFi”. Nanti, Anda akan disuruh duduk dan diberi arahan secara lengkap.

Pilih Paket IndiHome

Sembari memberikan arahan, petugas juga akan memberikan lembaran kertas yang berisi paket WiFi Indihome. Silahkan pilih paket tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda.

Saya pribadi memilih paket IndiHome Streamix dengan kecepatan 10 Mbps saja dengan kuota/FUP 350GB per bulan. Pilihan tersebut tentu bukan tanpa alasan, semuanya sudah dipertimbangkan agar bisa memenuhi kebutuhan.

Isi Formulir Pengajuan

cara memasang wifi indihome

Setelah memilih paket, Anda akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran IndiHome. Silahkan isi formulir tersebut sesuai arahan dari petugas. Oh ya, pastikan diisi dengan benar ya, terutama untuk nomor HP dan email.

Tidak kalah penting juga, silahkan gambarkan posisi rumah yang hendak dipasang WiFi Indihome. Gambarlah denah dari jalan raya ataupun tempat umum yang mudah ditemui.

Selain itu, seperti yang saya singgung sebelumnya, Anda juga akan diminta untuk swafoto sambil memegang KTP. Swafoto ini nantinya juga akan masuk sebagai lampiran dokumen kontrak IndiHome.

Lakukan Deposit

cara pasang wifi indihome di rumah

Pada peraturan terbaru, setiap pelanggan yang hendak melakukan pemasangan layanan IndiHome diharuskan untuk melakukan deposit. Untuk nilainya sendiri berdasarkan biaya layanan yang dipilih.

Jadi, setelah melakukan semua proses di Plasa Telkom Group, Anda akan mendapatkan SMS resmi dari Telkom yang berisi link deposit. Anda harus melakukan deposit maksimal 3×24 jam.

Tidak sebatas melalui SMS, pihak Telkom juga akan menelpon Anda untuk memastikan identitas dan lokasi pemasangan benar. Lebih dari itu, Anda juga akan diingatkan untuk segera melakukan pembayaran deposit.

Untuk pembayarannya sendiri, ada 3 macam metode yang bisa Anda pilih yaitu Bank Mandiri, Bank BCA, dan Bank BNI. Silahkan pilih sesuai bank yang Anda gunakan.

Sesudah melakukan deposit, Anda akan mendapatkan email berupa pemberitahuan bahwa deposit Anda sudah berhasil.

Tunggu Teknisi Datang

Setelah deposit dibayarkan, teknisi IndiHome akan menghubungi Anda untuk proses survei dan pemasangan WiFi. Ketika teknisi hendak datang, pastikan Anda berada di rumah agar prosesnya cepat selesai.

Sedikit menengok ke belakang, fungsi gambar denah pada formulir pendaftaran adalah untuk mempermudah teknisi mencari rumah Anda. Semakin jelas denah yang Anda gambar, akan semakin cepat pula teknisi sampai.

Perlu diketahui juga, datangnya teknisi IndiHome ke rumah Anda juga berdasarkan antrean ya. Kalau pengalaman saya pribadi, teknisi datang ke rumah setelah 2 jam dari proses pembayaran deposit.

Pemasangan WiFi IndiHome

cara pasang wifi telkom

Jika ODP di dekat Anda masih ada yang kosong, maka teknisi IndiHome akan langsung melakukan pemasangan WiFi. Proses ini memakan waktu yang terbilang cepat, tapi tergantung dari lokasi Anda juga.

Setelah WiFi berhasil terpasang, biasanya koneksi internet belum didapatkan. Anda harus menunggu beberapa saat sampai modem Anda terhubung ke internet (lampu Internet sudah menyala hijau).

Dalam proses ini, Anda harus berada di rumah karena teknisi IndiHome akan menelpon Anda untuk memastikan modem sudah terhubung ke internet atau belum.

Jika lampu internet sudah menyala hijau, layanan WiFi IndiHome Anda sudah benar-benar bisa dipakai. Anda juga mendapatkan akses penuh pada layanan tersebut, termasuk untuk mengganti password WiFi IndiHome.

Bagi Anda yang ingin melihat siapa saja pengguna WiFi Anda, silahkan baca cara mengetahui pengguna WiFi IndiHome.

Nah, itulah cara memasang WiFi IndiHome berdasarkan pengalaman pribadi. Jika masih ada yang kebingungan dan perlu ditanyakan, silahkan langsung tuliskan di kolom komentar, InsyaAllah saya balas sesuai kapasitas.

Featured Image Credit:
Icon dibuat oleh Smashicons dari www.flaticon.com
Dimodifikasi oleh penulis.

Charis

Sekadar bocah dari Magelang, Jawa Tengah yang suka dengan komputer dan menulis blog.

2 pemikiran pada “Cara Pasang WiFi IndiHome”

    • Untuk saat ini, ada deposit yang harus dibayarkan sebelum layanan dipasang, biayanya sebesar paket yang dipilih.
      Kemudian untuk bulan pertama, pembayaran sesuai pemakaian paket yang dipilih + biaya pasang sebesar Rp150.000.

      Balas

Tinggalkan komentar