Cara Mengatasi Flashdisk Minta Format

Cara Mengatasi Flashdisk Minta Format

Flashdisk merupakan tempat penyimpanan data dengan ukuran fisik yang bisa dibilang kecil. Walaupun kecil, flashdisk mampu menampung file dengan ukuran yang lumayan besar seperti misalnya 16GB atau 32GB. Dibalik kelebihan flashdisk, ada pula kekurangan yang sering dialami oleh penggunanya yaitu flashdisk minta format.

Flashdisk yang minta format memang sangat menjengkelkan, terlebih jika ada file penting dalam flashdisk tersebut. Hal pertama yang ada dalam pikiran Anda mungkin adalah bagaimana cara mengatasi flashdisk minta format. Nah, dalam pikiran tersebut pasti diselimuti dengan rasa khawatir akan data pada flashdisk. Ya wajar saja sih kalau khawatir, mungkin file yang tersimpan memang file penting.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah tutorial mengenai cara mengatasi flashdisk minta format terus menerus. Saya membuat artikel ini karena dulu pernah mengalaminya juga, selain itu juga untuk membantu teman-teman dalam mengatasi masalah serupa. Untuk popup yang muncul ketika flashdisk minta format adalah seperti gambar di atas.

Cara Memperbaiki Flashdisk Minta Format

Flashdisk yang minta format terus menerus bisa saja diperbaiki. Namun tidak semua flashdisk yang mengalami masalah ini bisa diperbaiki juga. Karena penyebab dari permasalahan ini juga berbeda-beda. Sebelum masuk ke cara, alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu mengenai penyebab flashdisk minta format.

1. Terkena Virus

Virus memang bisa menyebabkan flashdisk minta format. Biasanya, virus akan menginfeksi file-file yang ada dalam flashdisk dan membuatnya tidak bisa dibuka. Virus akan terus bersarang sampai benar-benar dibersihkan ataupun diformat ulang. Maka wajar saja ketika flashdisk terkena virus bisa minta format terus.

2. Kerusakan Hardware

Jika sudah rusak pada bagian hardwarenya, kemungkinan akan sulit diberbaiki bahkan tidak bisa diperbaiki. Memang, ketika ada kerusakan flashdisk masih saja terdeteksi, akan tetapi ketika flashdisk akan diakses maka tidak bisa dibuka.

Ada juga yang muncul notifikasi minta format. Kebanyakan flashdisk yang mengalami kerusakan hardware sudah tidak bisa digunakan lagi, jadi harus membeli flashdisk baru. Jadi kondisi flashdisk tidak terbaca laptop.

Nah, mungkin masih banyak penyebab-penyebab flashdisk minta format yang lainnya. Bagi Anda yang ingin memperbaiki flashdisk minta format, silahkan baca beberapa cara di bawah ini.

#1. Repair Menggunakan CMD (Data Tidak Hilang)

  • Silahkan masuk ke CMD. Ketikkan saja CMD di pencarian.
  • Jika sudah, ketikkan CHKDSK (drive letter flashdisk, itu loh yang huruf di belakang nama flashdisk):/R Contoh CHKDSK I:/R
  • Tunggu saja proses sampai selesai.
  • Jika proses sudah selesai, maka tampilannya seperti gambar di bawah ini.Cara Mengatasi Flashdisk yang Minta Format Terus

#2. Lakukan Low Level Format (Data Hilang)

  • Silahkan tekan Windows+R secara bersamaan dan ketikkan compmgmt.msc, lalu tekan enter.
  • Setelah Computer Management terbuka, silahkan klik Disk Management. Nanti akan muncul banyak tempat penyimpanan, klik kanan pada penyimpanan Flashdisk lalu pilih Format.Memperbaiki Flashdisk Minta Format
  • Pada bagian file system ubah menjadi FAT32.Mengatasi Flashdisk Minta Format
  • Tunggu proses format selesai.
  • Jika sudah selesai, silahkan buka flashdisk Anda apakah masih minta format atau tidak. Jika tidak, selamat Anda berhasil. Tapi jika masih saja minta format, silahkan simak cara berikutnya.

#3. Format Menggunakan CMD (Data Hilang)

  • Silahkan masuk ke CMD. Ketikkan saja CMD pada pencarian.
  • Jika sudah, ketikkan format (drive letter flashdisk, itu loh yang huruf di belakang nama flashdisk).
  • Contoh flashdisk saya terletak di I, maka saya mengetikkan format I: lalu tekan enter.
  • Tinggal tunggu proses selesai deh. Jika sudah selesai, biasanya disuruh untuk memberi nama. Silahkan berikan nama sesuai keinginan Anda.
  • Tanda prosesnya selesai dengan sempurna adalah seperti gambar di bawah ini.Cara Mengatasi Flashdisk Minta Format Terus

Nah, itulah beberapa cara mengatasi flashdisk minta format terus. Sebenarnya masih banyak sekali cara-cara lainnya, namun yang saya anggap paling efektif dan manjur ketika saya gunakan adalah cara-cara di atas.

Cara ini tidak selalu berhasil untuk mengatasi flashdisk minta format. Jadi ketika Anda gagal menggunakan cara ini, mungkin saja permasalahan yang kita alami berbeda dan cara mengatasinya juga berbeda.

Nah, semoga artikel yang singkat ini bisa bermanfaat dan membantu Anda dalam mengatasi flashdisk yang minta format terus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *