Cara Membatasi Pengguna WiFi IndiHome

Perlu diketahui, semakin banyak pengguna WiFi maka kecepatannya juga akan semakin menurun. Untuk itu, sebagai pemilik jaringan tersebut, tidak ada salahnya jika Anda membatasi jumlah penggunanya.

Bagi Anda yang sudah mendaftar WiFi IndiHome, Anda memiliki akses penuh untuk mengatur batas maksimal pengguna aktif. Dengan begitu, kecepatan internetnya akan lebih cepat dan cenderung stabil.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan cara membatasi pengguna WiFi IndiHome. Untuk Anda yang memang benar-benar belum mengetahui caranya, silahkan baca artikel ini sampai selesai.

Cara Membatasi WiFi IndiHome

Seperti artikel sebelumnya yaitu cara mengetahui pengguna WiFi IndiHome, pada artikel ini juga akan saya paparkan cara untuk IndiHome Fiberhome, ZTE, dan Huawei.

IndiHome Fiberhome

Fiberhome merupakan modem yang banyak digunakan pengguna IndiHome saat ini. Tampilan menu adminnya sangat user friendly jadi sangat mudah digunakan, termasuk ketika hendak membatasi pengguna WiFi.

Berikut caranya:

  1. Pertama, buka 192.168.1.1 di browser.cara membatasi pengguna wifi huawei
  2. Jika sudah masuk halaman login, masukkan detail berikut ini:
    • username: admin
    • password: %0|F?H@f!berhO3e
  3. Setelah masuk halaman admin, pergi ke menu Network > Wlan Settings > WiFi Control > Number of WiFi Connections > atur pengguna maksimal pada kolom SSID yang dikehendaki.cara membatasi wifi indihome
  4. Jika sudah, klik Apply untuk menyimpan pengaturan.
  5. Selesai.

Sekadar info, pada bagian SSID1, SSID2, dst, silahkan pilih SSID yang Anda gunakan. Pada umumnya, SSID default settingan Telkom adalah SSID1. Jadi, silahkan batasi pengguna WiFi pada SSID1.

IndiHome ZTE

Bagi Anda yang mendapat jatah modem IndiHome ZTE, cara membatasi pengguna WiFi tidak jauh berbeda kok dengan IndiHome Fiberhome. Termasuk akses (alamat IP) untuk masuk ke halaman login modem.

Berikut penjelasan lengkapnya:

  1. Buka login admin dengan mengetikkan 192.168.1.1 di web browser.cara membatasi pengguna wifi indihome fiberhome
  2. Setelah diarahkan ke halaman di atas, silahkan masukkan login berikut ini:
    • username: admin
    • password: admin
  3. Pada halaman admin, buka menu Network > WLAN > SSID Settings > Maximum Clients > masukkan jumlah pengguna sesuai keinginan Anda.cara membatasi pengguna wifi indihome huawei
  4. Untuk menyimpan pengaturan, silahkan klik tombol Submit di bagian bawah.
  5. Selesai.

Sama halnya dengan cara sebelumnya, silahkan pilih SSID yang ingin Anda batasi jumlah penggunanya. Untuk defaultnya, SSID yang aktif pada modem Anda adalah SSID1, sama seperti IndiHome Fiberhome.

IndiHome Huawei

Cara yang terakhir adalah untuk modem IndiHome Huawei. Untuk membatasi jumlah pengguna pada modem ini, terdapat sedikit perbedaan pada alamat IP untuk mengakses halaman login.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak cara di bawah ini:

  1. Ketikkan 192.168.100.1 di address bar lalu tekan Enter.cara membatasi pengguna indihome
  2. Setelah masuk ke halaman seperti gambar di atas, login dengan detail di bawah ini:
    • account: telecomadmin
    • password: admintelecom
  3. Selanjutnya, buka menu WLAN > WLAN Basic Configuration > Number of Associated > atur jumlah pengguna yang diinginkan.cara membatasi pemakaian wifi indihome
  4. Terakhir, simpan pengaturan dengan klik Apply.
  5. Selesai.

Gagal login menggunakan detail login di atas? Silahkan baca username dan password WiFi IndiHome

Dengan membatasi pengguna WiFi, (kemungkinan besar) kuota Anda akan lebih awet. Untuk mengetahui penggunaan kuota ataupun FUP dari layanan tersebut, silahkan baca cara cek kuota IndiHome.

Jika cara-cara di atas masih kurang efektif, Anda bisa mempraktikkan cara yang lebih ekstrem untuk membatasi pengguna yaitu dengan ganti password. Silahkan baca cara ganti password WiFi IndiHome.

Demikianlah artikel mengenai cara membatasi pengguna IndiHome, baik itu Fiberhome, ZTE, maupun Huawei. Semoga artikel singkat ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Charis

Sekadar bocah dari Magelang, Jawa Tengah yang suka dengan komputer dan menulis blog.

Tinggalkan komentar