Aplikasi Edit Foto PC Gratis Ringan (Terbaik di 2021)

Saat ini, orang yang hobi dalam bidang fotografi memang harus berkolaborasi dengan aplikasi edit foto PC. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, karya yang dihasilkan akan lebih bagus daripada foto aslinya.

Jadi, bisa dikatakan kalau aplikasi edit foto di PC ini digunakan untuk menyempurnakan hasil jepretan kamera yang kurang maksimal. Anda bisa menggunakan tool keren yang sudah disediakan oleh masing-masing aplikasi.

Nah, jika Anda sedang mencari aplikasi edit foto PC terbaik, ringan, dan gratis, pada kesempatan kali ini akan saya paparkan rekomendasi paling tepat. Agar lebih mudah, akan saya pisahkan berdasarkan kategorinya.

Aplikasi Edit Foto PC Terbaik

Untuk seorang profesional, aplikasi edit foto terbaik PC memang sangat diperlukan. Hal ini bukan sebatas terbaik dari segi tampilan saja ya, namun tool juga. Tapi tidak perlu bingung, aplikasi berikut sudah mencakup kedua faktor penting tersebut.

Adobe Photoshop

aplikasi edit foto pc ringan
youtube.com

Saat ini, Photoshop masih dinobatkan sebagai aplikasi edit foto PC terbaik. Dikembangkan oleh perusahaan besar bernama Adobe, Photoshop berhasil menarik perhatian banyak orang untuk menggunakannya.

Memang pilihan yang tepat, Adobe Photoshop berani menyajikan tool yang sangat lengkap untuk menemani Anda menggarap project. Tidak heran sih, semua produk Adobe memang selalu berhasil menjawab kebutuhan user mereka.

Untuk urusan fitur ataupun tool, Anda tidak perlu meragukan Adobe Photoshop karena semuanya sudah ada. Sayang, aplikasi ini terbilang kurang cocok untuk pemula, khususnya yang baru pertama menggunakan Photoshop.

Lebih dari itu, Anda juga harus menyiapkan kocek untuk melakukan pembelian lisensi resmi. Sebab, Adobe Photoshop bukanlah aplikasi edit foto PC yang gratis. Jadi untuk menggunakannya, Anda harus langganan per tahun.

Nah, jika Anda sekadar penasaran dengan fiturnya, Anda bisa mencoba Photoshop secara gratis. Dalam masa tersebut, Anda memiliki waktu 7 hari sebelum ditagih berlangganan ketika masa gratisnya habis.

Adobe Lightroom

aplikasi edit foto pc gratis
pinterest.com

Di Indonesia, angka pengguna Adobe Lightroom tertinggal cukup jauh dari pengguna Adobe Photoshop. Mungkin, hal ini dikarenakan pola pikir kalau aplikasi edit foto PC terbaik ya tetap Adobe Photoshop.

Menurut survey di Amerika, 90% fotografer profesional menggunakan Lightroom untuk mengedit foto, hanya 10% saja yang menggunakan Photoshop. Sedangkan di Indonesia adalah kebalikannya, sebagian besar editor masih menggunakan Photoshop.

Secara fungsi, aplikasi ini masih sama dengan Photoshop, yaitu untuk mengedit foto. Namun, untuk tool yang disediakan, sepertinya sudah cukup berbeda. Anda bisa melihat langsung lembar kerjanya, pasti sudah sangat berbeda dengan Photoshop.

Aplikasi ini bisa dikatakan lebih efisien dibandingkan Photoshop karena mampu membuka banyak foto sekaligus, memilih foto, kemudian mengeditnya. Tentu, ini sangat cocok untuk fotografer yang memiliki puluhan hingga ratusan hasil lensa kamera.

Namun, semuanya tetap kembali pada kebutuhan masing-masing. Silahkan sesuaikan saja apakah pekerjaan Anda lebih cepat selesai dengan Adobe Photoshop atau Adobe Lightroom. Monggo, dipertimbangkan dengan matang.

CorelDraw

aplikasi edit foto di pc
coreldraw.com

CorelDraw merupakan aplikasi editor grafik vector yang dikembangkan oleh Corel, perusahaan perangkat lunak yang bermarkas di Canada. Aplikasi ini memiliki beberapa versi mulai dari versi 1 hingga CorelDraw Graphic Suite 2020 atau X10.

Memang benar, aplikasi ini lebih dikhususkan untuk mengedit grafik vector. Namun, bukan berarti CorelDraw tidak bisa digunakan untuk mengedit foto. Bahkan, Anda bisa menjadikan foto Anda lebih keren seperti misalnya WPAP, Smudge, dan semacamnya.

CorelDraw juga bisa dikatakan sebagai aplikasi PC edit foto keren karena tool yang disediakan bisa menciptakan karya yang juga keren. Tentu, hal tersebut juga tergantung dari penggunanya, apakah sudah mahir atau belum.

Sama halnya dengan Photoshop, CorelDraw juga masih kurang cocok untuk pemula. Tapi tenang, jika Anda memang ngebet menggunakan CorelDraw, Anda bisa mencari panduan yang sudah banyak tersebar di Google maupun YouTube.

Untuk menggunakan CorelDraw sendiri, Anda harus membeli lisensi resmi, baik lisensi anually ataupun lifetime. Namun, jika ingin mencoba terlebih dahulu, Anda bisa mencoba free trials selama 15 hari tanpa menggunakan kartu kredit.

Luminar

aplikasi edit foto pc untuk pemula
extremetech.com

Bagi Anda yang pernah menggunakan Adobe Lightroom, mungkin masih ada sedikit rasa kecewa yang tersisa ya ketika Adobe tidak lagi menjual lisensi secara lifetime, melainkan mengubahnya menjadi sistem berbasis langganan.

Untungnya, sekarang sudah ada alternatif Adobe Lightroom jika Anda memang sedang mencarinya. Aplikasi tersebut adalah Luminar, sebuah aplikasi edit foto PC profesional yang benar-benar didesain khusus untuk edit foto.

Bahkan, Skylum selaku pengembangnya sudah mengumumkan peluncuran Luminar AI, aplikasi edit foto PC terbaru yang sudah dilengkapi fitur dan tool berbasis kecerdasan buatan untuk menyempurnakan hasil editing Anda.

Tujuan utama dari AI atau Artificial Intelligence adalah mengotomatisasi proses edit foto milik Anda. Dengan begitu, Anda akan bisa menghemat waktu dan tidak perlu khawatir dengan hasil karena semuanya akan dikerjakan dengan sempurna.

Jika tertarik menggunakan Luminar, Anda bisa langsung mengunjungi website Skylum dan melakukan pembelian lisensi. Tenang, Anda cukup membayar sekali saja dan siap menggunakan aplikasi Luminar selamanya.

PaintShop Pro

aplikasi edit foto pc gratis terbaik
techradar.com

Apakah perasaan Anda berkata kalau semua aplikasi di atas sangat mahal? Hehe, ya, benar! Hampir semua aplikasi di atas memang terbilang mahal. Tapi tenang, aplikasi yang satu ini bisa dikatakan cukup terjangkau kok.

PaintShop Pro, aplikasi yang memiliki tampilan seperti Adobe Photoshop yang dikembangkan oleh Corel. Jadi, aplikasi ini bisa Anda gunakan sebagai alternatif Photoshop karena fiturnya cukup mirip dan harganya juga lebih terjangkau.

Jika Anda masih ragu untuk membeli aplikasi ini, Anda bisa mencoba PaintShop Pro secara gratis melalui fitur free trials. Dengan mengikuti program tersebut, Anda bisa menggunakan PaintShop Pro full fitur selama 30 hari penuh.

Oh ya, PaintShop Pro juga termasuk aplikasi edit foto PC untuk pemula kok karena memang mudah untuk dipahami. Anda tidak perlu khawatir kebingungan ketika menggunakannya karena panduannya juga sudah banyak tersebar.

Aplikasi Edit Foto PC Ringan

Percaya atau tidak, semua aplikasi yang sebelumnya diulas membutuhkan spesifikasi laptop ataupun komputer yang cukup tinggi. Jadi, jika perangkat Anda belum kuat atau sedikit lambat, bisa coba aplikasi edit foto PC ringan berikut ini.

Photo Pos Pro

aplikasi edit foto pc mudah
photopos.com

Hadir bersama The Power Of Software company ltd, Photo Pos Pro menawarkan aplikasi edit foto PC mudah dengan tool yang mudah dimengerti juga. Anda tidak membutuhkan waktu lama untuk memahami aplikasi ini karena tampilannya yang user friendly.

Jika masih kebingungan, Anda juga bisa memanfaatkan bantuan yang sudah disediakan, Anda akan dipandu dalam setiap langkahnya. Lebih dari itu, Anda juga bisa mencari panduan Photo Pos Pro di internet.

Perlu diketahui, Photo Pos Pro juga bisa Anda gunakan secara gratis di semua perangkat. Satu hal yang tidak kalah penting adalah, aplikasi ini bisa berjalan dengan ringan, jadi tidak akan menyiksa perangkat Anda.

PhotoScape

aplikasi edit foto pc terbaru
youtube.com

Ketika membuka aplikasi edit foto PC ringan ini, mungkin Anda akan melihat tampilan yang sangat sederhana. Tapi memang begitu, justru tampilan itulah yang membuat PhotoScape terasa ringan ketika digunakan untuk mengedit foto.

PhotoScape yang dikembangkan oleh MMOOII Tech mengusung konsep “mudah dan menyenangkan”. Dengan konsep tersebut, diharapkan penggunanya bisa mengedit foto dari kamera digital ataupun kamera HP dengan mudah.

Aplikasi ini terbagi menjadi 2 versi yaitu PhotoScape dan PhotoScape X. Khusus untuk pengguna macOS dan Windows 10, Anda disarankan untuk menggunakan PhotoScape X karena lebih kompatibel dengan perangkat Anda.

DxO Photolab

aplikasi edit foto pc terbaik
techradar.com

Selaku pengembang, DxO menyatakan bahwasannya Photolab sudah menggunakan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yang mampu denoising dan demosaicing gampar secara bersamaan sehingga akan lebih efektif.

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan lembar kerja yang bisa dipersonalisasi sesuai keinginan Anda. Dengan begitu, Anda bisa mengubah cara mengedit foto sesuai gaya Anda sendiri. Sungguh keren, bukan?

Oh ya, SxO Photolab juga diklaim sebagai aplikasi edit foto PC yang benar-benar dirancang oleh fotografer. Jadi, tidak perlu heran kalau tampilan dan fiturnya memang sangat user friendly untuk melakukan editing foto.

Affinity Photo

aplikasi edit foto pc offline
pcmag.com

Jika Anda sedang mencari aplikasi edit foto PC ringan dan lengkap, maka Affinity Photo bisa menjadi jawaban untuk Anda. Dengan perangkat RAM 4GB saja, Anda sudah bisa menjalankan Affinity Photo dengan sangat lancar.

Aplikasi ini tersedia untuk perangkat mobile dan desktop. Jadi, Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan, apakah hendak menggunakan PC atau HP. Untuk perangkat desktop, Affinity Photo bisa digunakan pada OS Windows dan macOS.

Terkait fitur, sepertinya Anda tidak perlu mengkhawatirkan software buatan Serif ini. Pasalnya, sudah banyak fotografer dan desain terkenal yang menggunakan Affinity Photo. Jika tertarik menggunakannya, Anda bisa mengunjungi situs Affinity Photo.

Aplikasi Edit Foto PC Gratis

Nah, khusus untuk Anda yang sedang mencari aplikasi edit foto PC gratis terbaik, berikut ini sudah saya paparkan beberapa opsinya. Aplikasi di bawah ini bisa dikatakan alternatif dari aplikasi edit foto yang berbayar.

GIMP

aplikasi edit foto pc keren
pricebook.co.id

Bagi Anda penggemar berat Adobe Photoshop namun ingin mendapatkannya secara gratis, tenang, saya ada solusinya. Anda bisa menggunakan alternatif aplikasi edit foto gratis PC bernama GIMP (GNU Image Manipulation Program).

Memang sepenuhnya benar, Anda bisa menggunakan aplikasi GIMP tanpa membayar sepeser pun. Namun, untuk menghargai perjuangan developer dalam mengembangkan aplikasi ini, Anda bisa melakukan donasi seikhlasnya.

Selain gratis, Anda juga tidak perlu khawatir akan terjadi lag atau lemot pada PC Anda. Aplikasi edit foto GIMP bisa dijalankan dengan lancar pada perangkat yang menggunakan CPU Intel Pentium 4 dan RAM 250 MB saja.

Artweaver

aplikasi edit foto untuk pc
neowin.net

Secara umum, fungsi dari Artweaver hampir mirip dengan GIMP. Anda bisa mengubah foto menjadi gambar lukisan, sketsa, maupun kartun. Tidak sebatas itu, Anda juga bisa menjadikan foto Anda semakin artistik dengan tool yang disediakan.

Artweaver sendiri dirilis pertama kali pada 30 September 2009 oleh Boris Eyrich. Melihat aplikasi ini masih jaya sampai sekarang, menandakan kalau Artweaver memang berkualitas sehingga masih banyak yang menggunakannya.

Terkait license, Anda bisa menggunakan aplikasi edit foto PC ini secara gratis, namun dengan fitur terbatas. Agar semua fitur Artweaver terbuka, Anda harus membeli lisensi aplikasi ini melalui website resminya.

Inkscape

aplikasi edit foto pc ringan terbaik
fosslinux.com

Untuk Anda yang sudah akrab dengan aplikasi CorelDraw, Inkscape adalah aplikasi alternatif yang bisa digunakan secara gratis. Jika CorelDraw memerlukan lisensi untuk mendapatkan fitur lengkapnya, maka Inkscape tidak memerlukan itu semua.

Aplikasi edit foto PC gratis ini sangat populer di kalangan pengguna Linux. Terlepas dari faktor gratisnya, Inkscape banyak digunakan karena memang memiliki kualitas yang bagus, mampu diajak kerjasama untuk membuat karya.

Nah, jika saat ini Anda masih bingung mencari aplikasi edit foto yang benar-benar gratis, Inkscape sangat layak untuk dicoba. Aplikasi ini bisa dijalankan di OS Windows, macOS, maupun Linux. Monggo dicoba.

Aplikasi Edit Foto PC Online

Khusus untuk Anda yang ingin mengedit foto namun tidak mau ribet install aplikasi, maka aplikasi edit foto PC online bisa menjadi jawaban yang tepat. Sebenarnya bukan aplikasi sih ya, lebih tepatnya website edit foto.

Canva

aplikasi edit foto pc online
canva.com

Biasanya, Canva sering digunakan untuk membuat desain kreatif secara online seperti contohnya kartu ucapan, brosur, infografik, poster, atau bahkan presentasi. Namun jangan salah, website ini juga bisa digunakan untuk mengedit foto melalui PC.

Di website Canva, Anda akan melihat beberapa menu fitur utama seperti templates, photos, elements, text, music, videos, hingga background. Semua fitur tersebut bisa Anda maksimalkan untuk mempercantik foto Anda.

Sayangnya, tidak semua fitur tersebut bisa digunakan, ada juga fitur premium yang hanya bisa digunakan oleh pengguna yang berlangganan. Jadi, jika Anda ingin menggunakan fitur tersebut, Anda juga harus berlangganan.

Photopea

aplikasi edit foto di pc online
chrome.google.com

Bukan lagi GIMP ataupun aplikasi edit foto PC lain yang menjadi alternatif Adobe Photoshop. Sekarang, Anda bisa menggunakan web browser untuk mengedit foto dengan tampilan layaknya Photoshop.

Ya, Photopea, aplikasi edit foto PC online yang diciptakan oleh Ivan Kutskir ini hanya memerlukan browser saja untuk menjalankannya. Anda tidak perlu menginstall aplikasi tambahan sudah bisa mengedit foto, termasuk mengganti background.

Anda bisa menggunakan Photopea secara gratis. Namun, Anda akan melihat iklan yang muncul ketika proses editing. Untuk menghilangkan iklan tersebut, Anda harus berlangganan Photopea Premium dengan harga terjangkau.

Nah, itulah beberapa rekomendasi aplikasi edit foto PC yang bisa digunakan di komputer maupun laptop Anda. Silahkan pilih yang sekiranya cocok dan mampu menunjang aktivitas edit foto Anda.

Charis

Sebatas bocah Magelang yang suka dengan komputer, smartphone, dan menulis blog.

Tinggalkan komentar