Cara Mengecilkan Ukuran PDF

Cara Mengecilkan Ukuran PDF

PDF merupakan singkatan dari Portable Document Format, yaitu sebuah format dokumen yang awalnya digunakan untuk pertukaran dokumen. Seiring berkembangnya zaman, fungsi PDF menjadi bermacam-macam, salah satunya sebagai dokumen presentasi. Selain itu, PDF juga sering digunakan untuk membuat dan menyimpan dokumen yang berisi teks, gambar, ataupun link dalam format khusus (PDF).

Untuk membuka file ini, kita juga memerlukan software aplikasi khusus seperti Adobe Reader, PDF Foxit Reader, dan software lainnya. Dokumen dengan format PDF memiliki keunggulan dibandingkan format lainnya, yaitu dapat dikunci agar tidak bisa diedit sehingga cenderung lebih aman jika dokumen tersebut memiliki hak cipta.

Namun, terkadang file PDF memiliki ukuran yang lebih besar daripada format dokumen lainnya. Hal itu akan membuat memori yang kita gunakan termakan lumayan banyak. Selain itu, ukuran PDF yang terlalu besar biasanya akan menghambat proses penggunaan, contohnya ketika kita hendak melamar pekerjaan dengan file PDF yang ukurannya kurang dari 200kb, sedangkan ukuran PDF kita 300kb lebih.

Cara Mengecilkan File PDF

Tapi tenang saja, file PDF yang berukuran besar bisa kok diperkecil. Cara untuk memperkecil ukuran PDF sendiri ada banyak, baik dengan cara offline maupun cara online. Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan tutorial cara memperkecil file PDF paling mudah, lengkap dengan gambar.

1. Microsoft Word

Mengecilkan file PDF dengan Microsoft Word hanya berlaku pada versi Office 2013 keatas. Bagi Anda yang kebetulan memiliki versi tersebut, maka bisa menggunakan cara ini. Pada tutorial kali ini, saya menggunakan Microsoft Word 2016.

  • Pertama, buka file PDF dengan Microsoft Word.
  • Secara otomatis, file PDF Anda akan diconvert menjadi dokumen word.
  • Setelah file terbuka, langsung Save As dokumen tersebut dengan format PDF. Agar file PDF diperkecil, pada Optimizie for silahkan pilih opsi Minimum size (publishing online).Cara Mengecilkan PDF dengan Microsoft Word
  • Langkah terakhir, silahkan pilih Save untuk menyimpannya.

2. SmallPDF.com

SmallPDF merupakan website compress PDF yang paling efektif menurut saya. Dengan website ini, kita bisa mengecilkan file PDF dengan mudah tanpa memakan waktu. Yang dibutuhkan hanyalah browser laptop maupun android, serta koneksi internet tentunya.

  • Pertama, silahkan masuk ke website smallpdf.com
  • Dari sekian banyak fitur, pilih Compress PDF.
  • Kemudian, pilih file PDF yang akan diperkecil dengan menekan Choose File. Selain itu, Anda bisa mengambil file PDF dari Google Drive dan Dropbox.Cara Memperkecil PDF
  • Setelah Anda pilih file, secara otomatis proses compress akan berjalan. Jika sudah selesai, maka tampilannya akan seperti di bawah ini.Cara Compress PDF menjadi 200kb
  • Untuk mengunduh file tersebut, silahkan klik yang saya tandai.

Hasil kompresi situs ini cukup baik menurut saya. Jika menurut Anda masih kurang, maka Anda bisa gabung menjadi member PRO. Karena hasilnya memang berbeda antara yang gratis dan berbayar.

3. ILovePDF.com

Website ILove PDF ini juga sama halnya dengan SmallPDF. Dari segi tampilan serta fitur yang ditawarkan, kedua website ini hampir mirip. Untuk mengecilkan PDF menggunakan ILovePDF, yang dibutuhkan hanyalah browser serta koneksi internet saja.

  • Pertama, silahkan masuk ke website ilovepdf.com
  • Jika sudah, langsung saja pilih menu Compress PDF.Cara Mengecilkan PDF dengan ILovePDF
  • Selanjutnya, masukkan file PDF yang akan diperkecil dengan klik Select PDF Files. Website ini juga menyediakan fitur ambil file dari Google Drive dan DropBox.Compress Ukuran PDF
  • Jika sudah Anda masukkan file tersebut, maka secara otomatis akan muncul menu seperti di bawah ini.
  • Pada Compression Level silahkan pilih sesuai kebutuhan, namun tetap disarankan memilih Recommended Compression.Cara Mengecilkan Ukuran PDF Online
  • Setelah Anda klik Compress PDF, maka proses compress akan berjalan. Jika proses selesai, Anda akan langsung melihat jendela untuk menyimpan file tersebut.
  • Kalau file tidak terunduh secara otomatis, Anda bisa klik pada Download compressed PDF seperti gambar di bawah ini.Cara Memperkecil Ukuran PDF
  • Selesai.

Pada bagian Compression Level, sebenarnya Anda bisa mengubahnya menjadi Extrem Compression agar ukurannya lebih kecil lagi. Namun, saya hanya khawatir kalau hasilnya malah jadi pecah.

4. Free PDF Compressor

Kalau sebelumnya menggunakan website online, kali ini kita akan menggunakan aplikasi Free PDF Compressor untuk mengecilkan file PDF. Apliaksi ini memiliki fungsi untuk compress file PDF agar ukurannya lebih kecil. Oh ya, aplikasi ini gratis kok, bisa Anda unduh di website Free PDF Compressors.

  • Pertama, silahkan Anda install aplikasi tersebut sesuai instruksi.
  • Jika sudah, langsung saja buka aplikasi tersebut.
  • Pada kolom PDF File, silahkan pilih file PDF yang akan diperkecil. Lalu, pada bagian Output File, silahkan pilih tempat penyimpanan file. Pada Settings sesuaikan saja dengan kebutuhan. Kalau sudah, silahkan klik Compress.Cara Memperkecil File PDF
  • Tunggu proses compress sampai selesai. Jika sudah selesai prosesnya, silahkan cek tempat penyimpanan file PDF yang telah ditentukan tadi.
  • Mudah, bukan?

5. Nitro PDF (Bonus)

Sebenarnya, NitroPDF merupakan aplikasi berbayar, namun kita tetap bisa menggunakannya dengan versi trial. Selain untuk mengecilkan file PDF, aplikasi ini juga bisa digunakan sebagai PDF viewer. Untuk menggunakannya, terlebih dahulu Anda harus mengunduh dan menginstall  dari website Nitro PDF.

  • Pertama, buka file PDF dengan Nitro PDF.
  • Pada bagian pojok kanan atas, silahkan klik File lalu pilih Optimize.
  • Setelah itu, akan muncul jendela seperti di bawah ini. Untuk memperkecil file PDF, silahkan pilih Reduce Size lalu klik Optimize.Cara Memperkecil PDF dengan Nitro PDF
  • Setelah proses compress selesai, Anda akan ditampilkan perbandingan antara file asli dan file yang telah diperkecil.
  • Kemudian, silahkan klik Accept.
  • Untuk menyimpan file yang telah dicompress tersebut, silahkan pilih Save.

Cara Mengecilkan File PDF Menjadi 200kb

Untuk mengecilkan file PDF menjadi 200kb atau kurang, sebenarnya sama saja caranya dengan yang sudah saya tuliskan di atas. Yang membedakan hanyalah prosesnya. Jika proses compress pertama ukuran yang dihasilkan belum sesuai keinginan, silahkan ulangi langkah tadi hingga ukurannya sesuai keinginan.

Penting: Jika Anda mengulang-ulang proses compress, silahkan lihat hasil dari dokumen tersebut sebelum melakukan compress lagi. Karena banyak kejadian terlalu banyak melakukan compress, sehingga kualitas PDF malah jelek.

Sedikit informasi tambahan, file PDF 200kb ataupun 300kb sangat banyak digunakan oleh sebagian besar orang. Bisa dilihat dari pencarian Google yang menunjukkan kalau volume pencarian cara mengecilkan file PDF menjadi 200kb adalah sekitar 3000, cukup banyak memang.

Mungkin hanya ini saja artikel yang dapat saya sampaikan mengenai cara mengecilkan file PDF. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu Anda dalam memperkecil file PDF. Jika masih ada yang bingung dengan artikel yang saya tuliskan, silahkan tanyakan melalui komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *