Aplikasi Edit Video PC Gratis Ringan (Terbaik di 2021)

Tidak sebatas seorang profesional saja yang bisa mengedit video melalui PC. Saya, Anda, dan pemula lainnya juga memiliki kesempatan yang sama karena saat ini sudah tersedia banyak aplikasi edit video PC, baik yang gratis maupun berbayar.

Aplikasi ini juga bisa disesuaikan dengan spesifikasi laptop atau komputer masing-masing. Untuk pengguna perangkat dengan spesifikasi standar, aplikasi edit video PC ringan bisa dijadikan sebagai pilihan utama, begitu sebaliknya.

Nah, untuk Anda yang saat ini sedang mencari aplikasi edit video PC terbaik, gratis, dan ringan, pada kesempatan kali ini akan saya berikan beberapa rekomendasi. Sudah saya pisahkan berdasarkan kategori agar Anda lebih mudah dalam memilihnya.

Aplikasi Edit Video PC Terbaik

Jika Anda adalah seorang profesional yang membutuhkan aplikasi edit video PC terbaik, list aplikasi di bawah ini sangat cocok untuk Anda. Pasalnya, fitur yang ditawarkan sangatlah lengkap dan pasti, ini adalah aplikasi edit video PC tanpa watermark.

Adobe Premiere Pro

aplikasi edit video pc gratis
wikipedia.org

Jika sudah berhadapan dengan produk Adobe, kita tidak perlu meragukannya lagi. Sebab, hampir setiap software yang ditawarkannya selalu bisa menjawab semua kebutuhan user, termasuk Adobe Premiere Pro ini.

Saat ini, banyak kalangan profesional yang menjadikan Adobe Premiere Pro sebagai aplikasi edit video untuk PC. Contoh yang sedang booming saat ini, aplikasi milik Adobe Systems ini menjadi aplikasi edit video para YouTuber.

Bahkan, film-film keren seperti Dust to Glory, Superman Returns, Captain Abu Raed, hingga Confessions Tour juga diproduksi menggunakan Adobe Premiere Pro. Intinya, aplikasi ini sering digunakan dalam pembuatan film, broadcasting, dan pertelevisian.

Bagi Anda yang tertarik menggunakan software edit video PC ini, Anda harus memastikan spesifikasi laptop atau komputer yang digunakan cukup tinggi. Kalau tidak, Adobe Premiere Pro akan berjalan sangat lambat bahkan tidak bisa berjalan sama sekali.

Selain itu, Anda juga harus membeli lisensi agar bisa menikmati semua fitur yang disediakan karena aplikasi ini memang tidak gratis. Tapi tenang, Anda tetap bisa menikmati free trial sebelum memutuskan untuk membelinya.

Vegas Pro

aplikasi edit video pc ringan
sweetwater.com

Masih dengan fungsi yang terbilang sama, Vegas Pro menjadi salah satu pesaing Adobe Premiere Pro dalam hal aplikasi edit video terbaik PC. Keduanya sama-sama bisa digunakan untuk seorang profesional.

Aplikasi ini dirilis pada tahun 2007, lebih tepatnya saat masih dikelola oleh Sony Creative Software. Namun, pada tanggal 26 September 2016, Sony Vegas Pro dikelola oleh Magix dan berganti nama menjadi Vegas Pro.

Untuk urusan fitur efek dan transisi, Anda akan mendapatkan paket lengkap diantaranya 400 Video Effects, 63 Video Transitions, dan 40 Audio Effects. Dengan semua paket yang tersedia, video Anda bisa diedit sesuai selera.

Dibandingkan dengan Adobe Premiere Pro, interface Vegas Pro masih lebih mudah dipahami, bahkan untuk pemula sekalipun. Jadi, untuk Anda yang sedang menuju proses profesional, aplikasi edit video PC ini layak untuk dicoba.

Corel Video Studio

aplikasi edit video pc terbaik
weebly.com

Pada mulanya, aplikasi ini muncul dengan nama Ulead Video Studio. Namun, saat ini lebih dikenal dengan nama Corel Video Studio bersama bundle andalannya yaitu VideoStudio Pro dan VideoStudio Ultimate.

Corel Video Studio termasuk aplikasi PC kategori edit video, lebih tepatnya untuk membuat, mengedit, dan mengolah video sesuai keinginan. Seperti namanya, aplikasi ini berkembang bersama perusahaan ternama, Corel.

Corel Video Studio hadir dengan beranekaragam pilihan yang bisa dikostumisasi, performa yang tinggi, dan lembar kerja yang user-friendly. Dengan begitu, aplikasi ini akan lebih mudah dipahami oleh penggunanya.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Corel ini sangat cocok untuk semua kalangan, baik yang masih pemula maupun yang sudah profesional. Tapi satu, Anda tidak bisa menggunakan Corel Video Studio dengan gratis, melainkan harus membeli lisensi resminya.

Wondershare Filmora

aplikasi edit video pc gratis terbaik
filmora.wondershare.com

Wondershare Filmora Video Editor atau lebih dikenal dengan nama Filmora adalah salah satu aplikasi edit video PC yang ringan. Jadi, Anda bisa menggunakan aplikasi ini pada laptop ataupun komputer dengan spesifikasi standar.

Wondershare Software selaku pengembangnya mendesain Filmora dengan tampilan yang gampang dan sederhana. Tapi jangan salah, aplikasi ini memiliki segudang fitur dan efek yang bisa digunakan untuk melakukan editing video.

Dalam mengunduh efek Filmora, Anda bisa melakukannya secara manual (satu per satu) ataupun mendownload paket efek secara keseluruhan. Ketika sudah mengunduh semua paket tersebut, Anda sudah bisa menggunakan Filmora secara leluasa.

Meskipun tidak secanggih Adobe Premiere Pro maupun Vegas Pro, Wondershare Filmora tetap mampu bersaing di dunia profesional. Pasalnya, hasil export aplikasi ini cukup bagus baik dari segi suara maupun video.

Sayangnya, lagi-lagi Anda harus membeli lisensi terlebih dahulu jika ingin menggunakannya secara lifetime. Meskipun bisa menjalankan masa trial selama 30 hari, video yang dihasilkan akan memiliki watermark dari Filmora.

Tapi tenang, saya sudah menyediakan solusinya kok. Untuk Anda yang memang ngebet pengen menggunakan Filmora tapi tidak ingin video yang dihasilkan terdapat watermark, silahkan baca cara menghilangkan watermark Wondershare Filmora.

AVS Video Editor

aplikasi edit video pc tanpa watermark
codecs.com

Apakah Anda pernah menggunakan Movie Maker, software bawaan Windows? Jika ya, maka Anda tidak akan bingung lagi ketika menggunakan AVS Video Editor ini karena tampilan lembar kerjanya yang cukup mirip.

Sama halnya dengan Movie Maker, AVS Video Editor juga termasuk aplikasi edit video PC yang cukup ringan. Bukan hanya itu, ukuran installer aplikasi ini cuma sekitar 160MB saja, jadi tidak perlu khawatir akan menghabiskan kapasitas hardisk.

Dengan aplikasi ini, Anda bisa melakukan editing berupa memotong, memisahkan video, menyematkan audio, hingga memberikan teks dengan mudah. Itu hanya sebagian fitur saja ya, masih ada fitur keren lainnya dengan tambahan 300 efek transisi.

Untuk versinya sendiri, Anda bisa memilih AVS Video Editor gratis maupun berbayar, bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Namun, jika ingin mendapatkan fitur yang lengkap, maka Anda harus menggunakan AVS Video Editor berbayar.

Aplikasi Edit Video PC Gratis

Nah, untuk Anda yang sekadar iseng-iseng ingin mencoba edit video, maka aplikasi edit video PC gratis agaknya sudah cukup. Jangan dianggap sepele ya, walaupun cuma aplikasi edit video gratis, kualitasnya tetap terbaik kok.

Avidemux

aplikasi edit video terbaik pc
codecs.com

Avidemux adalah aplikasi edit video PC gratis yang pertama. Bukan hanya gratis, aplikasi ini juga sangat ringan untuk dijalankan. Bisa dibilang, Avidemux adalah aplikasi edit video pc ringan gratis yang recommended.

Aplikasi ini sangat cocok untuk Anda yang masih kebingungan dalam memilih aplikasi edit video gratis untuk PC. Dengan antarmuka yang cukup sederhana, Anda akan dengan mudah memahami tools beserta fungsinya.

Dengan Avidemux, Anda bisa memotong, melakukan pemfliteran, hingga pengkodean sederhana. Untuk file ekspor, aplikasi ini mendukung format AVI, file MPEG yang kompatibel dengan DVD, MP4, dan ASF.

VirtualDub

download aplikasi edit video pc
wikipedia.org

Selain Avidemux, Anda juga bisa mencoba VirtualDub sebagai software edit video di PC yang gratis dan ringan. Kesamaan yang dimiliki keduanya adalah tampilan yang sederhana sehingga sangat mudah dipahami oleh pemula.

Dirilis pada 16 Agustus 2000 oleh Avery Lee, Avidemux sudah menjalani proses yang cukup panjang. Untuk final reselase (versi stable) sudah dilakukan pada 27 Oktober 2020 dan kemungkinan sudah tidak ada update lagi.

VirtualDub memiliki fungsi yang sangat simpel yakni untuk menghapus segmen video, menambah segmen baru, ataupun menyusun segmen yang sudah ada. Sangat cocok untuk Anda yang hendak melakukan editing video sederhana.

Lebih dari itu, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk merekam layar PC, sudah sepaket dengan fitur editing. Jadi, Anda bisa langsung mengedit hasil recording menggunakan fitur-fitur yang disediakan.

OpenShot

aplikasi edit video di pc
openshot.org

OpenShot Video Editor merupakan aplikasi edit video PC yang bisa digunakan secara gratis dan bersifat open-source. Aplikasi ini memiliki interface yang sederhana, sama halnya dengan kedua aplikasi sebelumnya.

Tapi tidak perlu khawatir, meskipun tampilannya sederhana, sebagian fitur populer untuk edit video bisa Anda temukan di OpenShot. Fitur-fitur tersebut antara lain efek (400 efek transisi), slow-motion, fast-motion, memotong video, menambah teks, dan sebagainya.

Oh ya, OpenShot juga memiliki banyak layer yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan (tanpa batas). Dengan begitu, Anda bisa menambahkan video, trek audio, watermark, ataupun objek lain dengan sangat mudah.

Perlu dketahui juga, aplikasi ini tidak hanya bisa dijalankan pada OS Windows saja. Anda juga bisa menjalankan OpenShot pada OS lain seperti Linux maupun macOS. Bagaimana, sangat kompatibel, bukan?

HitFilm Express

software edit video terbaik
fxhome.com

Percayalah, HitFilm Express merupakan aplikasi edit video PC gratis terbaik yang ada saat ini. Hal ini dikuatkan dengan fitur dan efek keren yang disematkan, layaknya aplikasi edit video PC profesional.

Memang benar, aplikasi ini bisa digunakan secara gratis selamanya. Namun, FXhome selaku pengembang juga memberikan opsi untuk menggunakan versi berbayar. Tentu, HitFilm Express berbayar akan memiliki fitur yang lebih lengkap.

Beberapa fitur keren pada HitFilm Express adalah efek video, grading, sampai VFX (visual effects). Itu baru beberapa fitur saja ya, untuk menilik fitur lainnya, bisa langsung coba saja aplikasi edit video PC yang satu ini.

VSDC Free Video Editor

aplikasi edit video untuk pc
videosoftdev.com

Tidak kalah dengan HitFilm Express, VSDC Free Video Editor juga hadir dengan fitur dan antarmuka yang profesional. Bedanya, VSDC Free Video Editor benar-benar gratis, seperti nama yang diberikan untuknya.

Salah satu fitur VSDC Video editor yang paling dicari adalah mampu mengaburkan (blur) bagian tertentu dalam sebuah video, semisal saja mengaburkan wajah. Anda bisa memilih fitur Pixelize untuk menggunakannya.

Fitur-fitur keren lain yang tidak ketinggalan adalah kemampuan untuk menghapus bagian yang tidak diperlukan, memotong video, menggabungkan beberapa video menjadi satu, menduplikasi objek, hingga penggantian background video.

Terkait format file yang didukung, Anda tidak perlu memusingkannya karena VSDC Free Video Editor mendukung berbagai format video, audio, dan gambar seperti MP4, MKV, FLV, MP3, WAV, OOG, PSD, PNG, JPG, dan format lainnya.

Nah, bagi Anda yang menggunakan aplikasi ini untuk mengedit video YouTube, Anda bisa langsung mengupload video hasil ekspor ke YouTube. Dengan begitu, Anda akan lebih menghemat waktu upload video.

Aplikasi Edit Video PC Ringan

Selanjutnya, untuk Anda yang saat ini masih menggunakan laptop ataupun komputer dengan spesifikasi standar, mungkin cukup kesulitan ya ketika mencari aplikasi edit video PC. Tapi tenang, berikut adalah rekomendasi aplikasi edit video PC ringan terbaik.

Camtasia

aplikasi edit video pc ringan terbaik
techsmith.com

Untuk urutan pertama aplikasi edit video ringan di PC, saya menempatkan software Camtasia. Bukan tanpa alasan, aplikasi ini memang cukup ringan ketika dijalankan, baik di OS Windows maupun macOS.

Aplikasi buatan TechSmith ini memiliki fitur yang cukup bersaing dengan aplikasi edit video profesional lainnya. Semua fitur yang disediakan agaknya sangat cukup untuk membuat video Anda menjadi lebih keren.

Tidak sebatas untuk mengedit video saja, Camtasia juga mampu merekam layar PC dengan kualitas HD. Sangat cocok untuk Anda yang sedang merintis karir yang memanfaatkan screen recorder seperti YouTuber Gaming maupun YouTuber Tutorial.

Oh ya, ukuran file video yang dihasilkan oleh Camtasia juga tergolong kecil, berbeda dengan aplikasi edit video PC lainnya. Jujur, ini adalah salah satu hal yang saya suka dari Camtasia (opini pribadi).

Namun sayang, Anda hanya memiliki waktu selama 30 hari saja untuk menikmati Camtasia secara gratis. Jika ingin menggunakannya secara terus-menerus, Anda harus membeli lisensi yang disediakan oleh TechSmith.

VideoPad Video Editor

aplikasi edit foto jadi video pc
nchsoftware.com

VideoPad menjadi aplikasi edit video di PC yang bisa Anda gunakan secara gratis. Ya, benar, gratis! Anda bisa menggunakan VideoPad Video Editor secara gratis selama video yang dibuat tidak ditujukan untuk keperluan komersil.

Meskipun gratis, aplikasi video editor yang satu ini tetap powerful kok. Dan satu hal lagi, hasil video yang diekspor dari VideoPad Video Editor bebas dari watermark, jadi tidak akan mengganggu video Anda.

Hal lain yang tidak kalah penting adalah VideoPad Video Editor bisa dijalankan pada PC dengan spesifikasi standar karena aplikasi ini memang sangat ringan. Tidak perlu khawatir laptop atau komputer Anda akan lemot.

Bagi Anda yang pernah menggunakan Windows Movie Maker ataupun AVS Video Editor, mungkin tidak akan dipusingkan lagi ketika menggunakan VideoPad, karena secara keseluruhan tampilannya cukup mirip.

Lightworks

aplikasi edit video ringan
videohelp.com

Lightworks merupakan salah satu aplikasi edit video PC ringan yang memiliki lembar kerja profesional. Aplikasi ini mampu berjalan secara cepat dan fleksibel, termasuk di PC dengan spesifikasi standar sekalipun.

Fitur umum seperti memotong video, mengubah ukuran video, ataupun menggabungkan video sudah pasti ada pada Lightworks. Namun, untuk membuka semua fitur yang ada, Anda harus upgrade ke versi Pro.

Lisensi gratis Lightworks hanya 7 hari saja. Namun, Anda bisa memperpanjang lisensi gratis tersebut dengan cara mendaftar melalui website resmi. Sedangkan untuk membuka semua tools dan format ekspor, Anda harus upgrade ke versi berbayar.

Nah, itulah beberapa rekomendasi aplikasi edit video PC terbaik, gratis, dan ringan yang bisa Anda pilih. Dengan adanya artikel ini, semoga Anda tidak bingung lagi dalam memilih aplikasi yang sesuai kebutuhan.

Charis

Pemuda Magelang yang suka dengan komputer, smartphone, dan menulis blog.

Tinggalkan komentar