Apa Itu TKJ

Apa Itu TKJ?

TKJ atau Teknik Komputer dan Jaringan merupakan salah satu jurusan atau program keahlian SMK yang membahas seputar informasi dan teknologi. Jurusan ini termasuk salah satu jurusan yang diminati banyak siswa, baik laki-laki maupun perempuan.

Dalam satu kelas, biasanya malah dominan siswa perempuan. Ya mungkin saja mereka bingung mau ambil program keahlian apalagi kalau bukan TKJ. Secara, jurusan yang lain bisa dikatakan jurusan maskulin yang lebih dominan untuk laki-laki.

Walaupun begitu, tetap ada kok siswa perempuan yang masuk ke jurusan Teknik Pemesinan, Teknik Kendaraan Ringan, ataupun Teknik Sepeda Motor. Ya kalau memang suka, kenapa tidak?

Kenapa Memilih TKJ?

Kalau saya , alasan memilih jurusan TKJ karena sejak kecil memang dekat dengan komputer. Hampir setiap hari main di warnet, lebih tepatnya main game online, lebih spesifiknya lagi game Point Blank.

Dari pengalaman jadi Anwar alias anak warnet, saya penasaran dengan cara kerja komputer, apa saja komponen komputer, dan bagaimana cara merakit komputer. Nah, dari situlah saya memutuskan untuk memilih jurusan TKJ setelah menyelesaikan jenjang pendidikan SMP.

Tapi, saat pertama daftar SMK, jurusan yang saya pilih bukan TKJ loh, melainkan Teknik Pemesinan. Jurusan ini adalah pilihan dari bapak saya. Karena tidak suka, saya nekat pindah jurusan ke TKJ karena memang saya lebih minat dengan TKJ.

Update Sudah Lulus (2017)

Di bawah ini akan saya tambahkan beberapa alasan memilih TKJ setelah saya lulus. Ini sekadar opini saja loh ya, kalau ada yang berbeda pendapat ya tidak masalah.

1. Mengenal Apa Itu Sistem Operasi

Sistem operasi yang saya ketahui pertama kali adalah Windows, lebih tepatnya Windows XP. Zaman saya bermain game, hampir semua komputer menggunakan sistem operasi Windows XP. Saat itu, Windows XP sudah bisa dikatakan top untuk menjalankan aplikasi dan game.

Di TKJ, kita akan mengenal lebih jauh tentang sistem operasi mulai dari pengertian, macam-macam, serta kelebihan dan kekurangan masing-masing sistem operasi. Bukan hanya itu, kita juga akan diajarkan cara menginstall sistem operasi baik itu Windows, Ubuntu, ataupun Debian.

2. Mengetahui Software dan Hardware Komputer

Nah, sejak saya kenal komputer di warnet, saya memang sudah penasaran dengan komponen komputer. Sebelumnya, saya sama sekali tidak tahu apa itu software dan hardware. Ya tahu sih software, tapi sebatas Mozilla dan Point Blank saja.

Di jurusan TKJ, kita akan dibimbing untuk mengetahui macam-macam software dan hardware komputer. Untuk melengkapinya, kita juga akan dijelaskan fungsi dan cara kerja dari komponen tersebut.

3. Memahami Jaringan Lebih Jauh

Saat bermain di warnet, saya tidak tahu sama sekali tentang jaringan komputer. Yang saya tahu sebatas internet yang bisa kita gunakan untuk browsing dan bermain game online.

Nah, materi jaringan juga akan dibahas mulai dari pengenalan sampai praktik. Kalau tidak salah, pembahasan pertama tentang jaringan adalah PAN, LAN, MAN, dan WAN. Untuk praktik, kita akan disuruh membuat kabel straight dan crossover. Dan itu akan berlanjut sampai ke materi Mikrotik juga.

4. Praktik

Ya, alasan kenapa saya memilih TKJ adalah banyak praktik. Sebenarnya bukan hanya TKJ sih, semua jurusan di SMK memang lebih banyak praktik daripada teori. Dengan adanya praktik, kita akan lebih cepat paham dengan apa yang dijelaskan.

Sebenarnya banyak sekali ya alasan kenapa memilih jurusan TKJ. Intinya sih, semua tetap kembali ke pribadi masing-masing, apa alasan kuat pengen memilih jurusan TKJ. Pokoknya, kalau alasan tetap ada pada diri sendiri, bukan pada orang lain.

Kelebihan Jurusan TKJ

Setiap jurusan pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, termasuk jurusan TKJ. Di bawah ini, saya akan memberikan sedikit opini mengenai kelebihan TKJ yang saya rasakan selama duduk di bangku SMK.

1. Materi Mantap

Sebenarnya, materi di jurusan SMK mantap semua. Untuk TKJ, kita akan memulai pembelajaran dengan materi pengenalan sistem operasi. Semua itu dijelaskan secara urut, sehingga kita akan tahu lebih jauh tentang materi ini.

Materi yang diajarkan di jurusan TKJ juga bermacam-macam. Seperti namanya Teknik Komputer dan Jaringan, maka pembahasannya seputar komputer dan jaringan.

2. Praktik

Ya, di SMK memang lebih cenderung banyak praktik dibandingan dengan teori. Setelah adanya pembahasan, pasti dilanjutkan dengan praktik. Seperti contoh, kita baru saya membahas cara instalasi Ubuntu, maka akan dilanjutkan dengan praktik instalasi Ubuntu.

Sebagian siswa TKJ lebih suka praktik dibandingkan dengan teori. Namun, jangan sampai menyalahgunakan waktu praktik untuk bermain game atau browsing sosial media, karena kalau tidak bisa akan rugi sendiri.

3. Melek Teknologi

Dengan masuk jurusan TKJ, kita akan melek teknologi dalam arti sempitnya tahu lebih jauh dengan komputer dan jaringan. Ya mungkin saja sebelumnya belum kenal dengan komputer dan jaringan.

Selain itu, kita bisa juga memanfaatkan lab praktik untuk browsing berita terbaru sehingga kita tahu sedang ada apa di dunia ini. Atau kalau tidak, kita juga bisa memanfaatkannya untuk belajar ngeblog atau belajar hal lain.

Itulah sedikit penjelasan tentang pengertian TKJ yang bisa saya sampaikan. Semoga artikel singkat ini bisa memberikan gambaran kepada Anda semua terkait jurusan TKJ.

Seorang pembelajar dari Magelang, Jawa Tengah yang suka dengan komputer dan menulis blog.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *