Cara Membuat Akun Facebook

Cara Membuat Akun Facebook

Facebook merupakan media sosial yang sampai saat ini masih banyak digunakan. Bukan tanpa alasan, media sosial yang didirikan oleh Mark Zuckenberg dan beberapa temannya ini memiliki banyak fungsi.

Bukan sekadar untuk update status ataupun upload foto. Facebook bisa dimanfaatkan untuk mencari uang dengan cara berjualan. Bahkan, Facebook juga sudah menyediakan layanan Ads Break, yaitu iklan pada sebuah video yang memungkinkan pemilik video tersebut mendapatkan uang.

Namun, sebelum menggunakan fitur-fitur yang disediakan Facebook, kita harus mendaftar terlebih dahulu. Untuk proses pendaftarannya tidak sulit kok, cuma butuh waktu beberapa menit saja.

Sebelumnya, Anda harus membuat alamat email terlebih dahulu. Saran saya gunakan Gmail saja, untuk membuatnya silahkan baca cara membuat akun Gmail.

Cara Mendaftar Facebook

Untuk membuat akun Facebook, kita bisa menggunakan komputer maupun android ya. Bagi pengguna android, bisa langsung menggunakan aplikasinya saja karena akan lebih mudah.

Namun, yang akan saya tuliskan kali ini adalah cara daftar Facebook menggunakan browser (Google Chrome, Mozilla Firefox, dll). Cara ini bisa Anda praktikkan melalui komputer ataupun android, caranya tetap sama.

Dalam artikel ini, akan saya bahas juga cara-cara dasar seperti mengubah foto profil dan sejenisnya. Jadi, topik pembahasannya adalah sebagai berikut:

Proses Pendaftaran

Berikut adalah cara membuat Facebook:

  • Pertama, kunjungi halaman Facebook lalu klik Buat Akun Baru.
    cara daftar facebook
  • Setelah itu, masukkan identitas Anda seperti nama, alamat email, dan lain sebagainya. Setelah itu klik Daftar.
    cara membuat facebook
  • Sampai disini, Anda sudah berhasil membuat akun Facebook.

Jika Anda menggunakan nama asli saat membuat Facebook, maka prosesnya akan sangat cepat. Tapi, jika nama yang Anda gunakan termasuk “hal yang tidak biasa”, silahkan ikuti langkah berikut:

  • Kalau ada hal yang tidak biasa menurut Facebook, semisal nama yang saya gunakan “Charis Dotid”, Anda akan dihadapkan dengan halaman seperti gambar di bawah ini. Silahkan langsung Lanjutkan.
    cara mendaftar facebook
  • Setelah itu, Anda diharuskan melakukan verifikasi kalau Anda bukanlah robot. Centang captcha yang tersedia lalu klik Lanjutkan.
    cara daftar akun facebook
  • Anda juga diharuskan memasukkan nomor HP. Langkah ini memiliki kelebihan yaitu jika suatu saat Anda lupa password, maka akan mudah ketika memulihkannya.
    cara mendaftar akun facebook
  • Tunggu SMS berisi kode verifikasi dari Facebook. Jika SMS sudah diterima, masukkan pada kolom yang tersedia lalu klik Selanjutnya.
    cara buat akun facebook
  • Selesai.

Nah, sampai disini Anda sudah benar-benar berhasil membuat akun Facebook. Selanjutnya, Anda tinggal mengubah foto profil, foto sampul, dan menambahkan teman.

Mengubah Foto Profil

Untuk mengubah foto profil Facebook Anda, silahkan ikuti langkah berikut:

  • Silahkan masuk ke halaman profil Anda.
  • Setelah itu, klik Tambahkan Foto lalu pilih foto yang ingin Anda gunakan sebagai profil.
    cara buat facebook
  • Selesai.

Anda diperbolehkan menggunakan gambar apapun sebagai foto profil. Tapi, jika akun tersebut adalah akun pribadi, maka lebih baik gunakan foto asli saja.

Mengubah Foto Sampul

Cara mengubah foto sampul Facebook hampir mirip dengan cara mengubah foto profil, caranya sebagai berikut:

  • Pertama, silahkan masuk ke halaman profil Anda.
  • Klik Tambahkan Foto Sampul lalu pilih foto yang ingin Anda gunakan.
    cara daftar fb
  • Selesai.

Ukuran foto sampul Facebook adalah 851 x 315 pixels. Jadi, jika ingin ukuran sampul Anda pas, ubah ukurannya sesuai ketentuan.

Itu hanya opsional saja, Anda tetap bisa menggunakan foto dengan ukuran berapapun. Namun, tetap disarankan agar fotonya landscape.

Menambahkan Teman

Untuk menambahkan teman Facebook, Anda bisa menggunakan saran yang diberikan oleh Facebook. Namun, agar lebih tertarget Anda bisa menggunakan pencarian untuk mencari teman.

cara membuat akun fb

Jumlah maksimal teman yang bisa Anda tambahkan adalah 5000. Jika teman Anda sudah 5000, maka sudah tidak bisa di add lagi. Orang yang add akun Anda akan menjadi pengikut dan tetap bisa melihat update status terbaru Anda.

Namun perlu diingat, Anda tidak boleh menambahkan teman melebihi 200 dalam sehari karena biasanya Facebook tidak akan memprosesnya. Jadi, tambahkan teman yang dikenal saja, yang penting tidak membabi-buta.

Mungkin cukup sekian artikel tentang cara membuat akun Facebook. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Icon thumbnail dibuat oleh Smashicons dari www.flaticon.com

Sekadar bocah dari Magelang, Jawa Tengah yang suka dengan komputer dan menulis blog.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *