Harga Jual Laptop Rusak

Bagi sebagian orang, laptop rusak dianggap sebagai barang yang tidak bisa dipakai lagi, bingung mau buat apa. Daripada mubazir, lebih baik dijual saja, uangnya lumayan untuk tambahan buat beli laptop baru.

Tapi, sebelum Anda benar-benar menjual laptop rusak tersebut, alangkah baiknya Anda membaca artikel ini sampai selesai. Saya akan memberikan sedikit gambaran tentang harga laptop rusak yang sering diberikan pembeli.

Artikel ini berdasarkan pengalaman saya saat bekerja (anggap saja magang lah) di tempat servis komputer selama 3 bulan. Dalam waktu tersebut, saya menjumpai banyak orang yang menjual laptop rusak milik mereka.

Di bawah ini adalah beberapa topik pembahasan yang akan saya jelaskan dalam artikel ini:

Harga Pasaran Laptop Rusak

Laptop Rusak

Karena hampir semua orang umum tidak mau membeli laptop rusak, maka kita langsung mengarah pada teknisi komputer saja ya, biasanya mereka mau membelinya.

Setiap pembeli (tukang servis komputer) memiliki patokan harga masing-masing, terlepas dari kerusakan pada laptop. Yang saya tahu, hampir semua teknisi komputer memberikan harga di bawah 1 juta.

Ingat, ini terlepas dari kerusakan pada laptop ya, jadi ini harga umumnya. Nah, kalau sudah tahu kerusakan laptop tersebut, barulah bisa ditentukan harga pastinya. Saya katakan lagi, harga laptop rusak sudah pasti di bawah 1 juta.

Mungkin ada yang bertanya, “Loh, kok murah banget?” Pada awalnya saya juga heran, tapi setelah diberi sedikit penjelasan, akhirnya saya lumayan setuju kalau laptop rusak harganya memang murah.

Jika laptop Anda lemot, jangan langsung menganggapnya sebagai barang rusak. Silahkan baca terlebih dahulu cara mengatasi laptop lemot.

Jadi, ketika berbicara barang rusak, jangan hubungkan dengan barang yang masih normal ataupun masih baru, karena sudah pasti tidak nyambung. Harga barang rusak dengan barang normal bagaikan langit dan bumi, jauh banget.

Laptop Rusak Berdasarkan Kerusakan

Kata “rusak” ini akan dipecah lagi oleh teknisi, jadi mereka akan mencari tahu terlebih dahulu apa kerusakan laptop yang akan Anda jual. Ini dilakukan untuk menentukan harga yang akan mereka berikan.

Jika kerusakan masih dianggap ringan, mungkin Anda akan mendapatkan uang yang lumayan. Tapi kalau kerusakannya sudah parah, contohnya kerusakan mainboard, maka harganya pasti sangat murah.

Hardisk laptop Anda rusak? silahkan baca cara memperbaiki hardisk rusak sebelum memutuskan untuk membawanya ke tempat servis hardisk.

Hal ini sama halnya dengan service center kok. Jika laptop Anda mati total, pegawainya akan mengatakan kalau kerusakan terjadi pada mainboard. Dan yang perlu Anda ketahui, biaya ganti mainboard itu sangat mahal, hampir sama dengan harga laptopnya.

Saran saya, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu apa kerusakan yang terjadi. Ini menjadi penting, karena jika Anda tidak tahu kerusakannya dan cuma bilang ke teknisinya “pak, mau jual laptop rusak”, saya yakin harganya sangat murah.

Pernah suatu ketika ada yang mau jual laptop Sony VAIO, lupa serinya. Spesifikasi processor Intel Core i5 (generasinya lupa) dengan RAM 8GB (lumayan lah). Saya kaget banget, laptop tersebut cuma terjual dengan harga Rp500.000 saja.

Dalam hati saya bilang “saya juga mau kalau harganya segitu”. Soalnya, laptop tersebut hampir tidak ada kerusakan, cuma CD Room saja yang tidak berfungsi. Pokoknya masih lumayan bagus lah kondisi fisiknya.

Menurut saya, harga laptop tersebut (bisa dikatakan) murah karena orang yang menjual tidak terlalu paham dengan kondisi laptopnya. Ini terbukti dengan boss saya (yang beli laptop tadi) terlihat senang banget gitu.

Jadi, sebelum memutuskan menjual laptop rusak Anda, setidaknya Anda tahu kondisi ataupun kerusakan yang ada. Jadi nanti bisa melakukan tawar-menawar agar tidak dapat harga yang murah banget.

Kenapa Harga Laptop Rusak Murah?

Yang namanya barang rusak ya pasti murah, intinya lebih murah daripada barang dengan kondisi normal. Selain itu, semua tergantung dengan kerusakannya juga, semakin banyak kerusakan maka akan semakin murah.

Khusus untuk teknisi komputer, saya mendapatkan penjelasan bahwasannya alasan harga laptop rusak murah karena teknisi tersebut juga masih belum tentu, apakah nanti barangnya terjual lagi atau tidak.

Kebanyakan teknisi komputer akan selalu membeli laptop rusak yang ditawarkan. Namun, mereka tetap memberikan harga yang murah, alasannya seperti yang sudah saya paparkan tadi. Ini adalah penjelasan dari salah satu teknisi ya, mungkin ada pendapat berbeda dari teknisi lain.

Oh ya, ada kemungkinan juga harga laptop setiap daerah mungkin berbeda. Misal untuk Cikarang, Bandung, Tangerang, Surabaya, Jakarta, Medan, Jambi, Palembang, Jogja ataupun kota-kota besar lainnya.

Apa Manfaat Laptop Rusak?

Bagi teknisi, laptop rusak memiliki berbagai macam manfaat. Berbeda dengan kita yang tidak terlalu memerlukan laptop rusak. Nah, di bawah ini akan saya berikan sedikit penjelasan tentang manfaatnya untuk teknisi.

Berdasarkan pengalaman saat magang dulu, teknisi komputer memanfaatkan laptop rusak untuk diambil bagian-bagiannya. Bagian tersebut nantinya akan dijual kembali ataupun diaplikasikan saat ada yang servis.

Misal, ada yang servis laptop dengan masalah RAM rusak. Nah, teknisi tersebut akan mengambil RAM dari laptop rusak yang sebelumnya dibeli. Dengan ini, mereka akan mendapatkan keuntungan dari laptop yang dibelinya.

Hal ini berlaku untuk semua hardware yang masih normal. Jadi, jika laptop rusak yang dibeli memiliki banyak hadware yang masih normal (misal LCD, hardisk, RAM, dan lainnya), maka ini akan digunakan saat ada orang yang mau servis.

Kesimpulan

Jika Anda hendak menjual laptop rusak, alangkah baiknya ketahui bagian-bagian apa yang rusak. Dengan ini, nantinya Anda bisa mengajukan harga. Jika pembeli memberikan harga terlalu murah, Anda bisa minta untuk sedikit dinaikkan.

Tapi jika Anda menjual laptop mati total, dan kebetulan tidak tahu masalahnya apa, silahkan minta pembeli untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu. Intinya jangan terlalu polos banget lah, takutnya kalau terlalu polos, mereka memberikan harga sangat murah.

Mungkin cukup sekian artikel yang dapat saya sampaikan mengenai harga laptop mati. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Featured Image Credit:
Icon dibuat oleh Smashicons dari www.flaticon.com
Dimodifikasi oleh penulis.

Charis

Sekadar bocah dari Magelang, Jawa Tengah yang suka dengan komputer dan menulis blog.

73 pemikiran pada “Harga Jual Laptop Rusak”

  1. Mau nanya, laptop saya merk HP MINI nah itu mati total. Ternyata hardisk rusak dan mesin juga. Kalo di service totalnya 700rban. Kalo dijual, kira2 bisa kena berapa ya? Adakah saran? Terimakasih

    • Kalau sekiranya masih layak dipakai, di service aja nggak masalah mbak.
      Terkait harga, biasanya beda-beda setiap tukang service, yang pasti sih udah murah banget untuk saat ini, mengingat spesifikasinya juga sudah termasuk jadul.

    • Kalau gitu mending dijual per komponen aja ka, misal RAM sendiri, LCD sendiri, Hardisk sendiri, dll.
      Jadi harganya bisa masuk akal, kalau langsung dijual laptopnya biasanya akan murah.

  2. Mas, laptop saya keyboard dan touchpad nya udh rusak kena air. Tapi msh bisa dipake kalo pke external keyboard sama mouse, harganya kira2 brp ya? Jarang jual beli soalnya, trima kasih

  3. Assalamualaikum kak , selamat malam , Saya punya Laptop Acer Aspire 2920z , kerusakannya kena air aja , abis itu engga bisa nyala lagi kenapa ya kak ?
    Kalau dijual harganya sekitaran berapa ya kak?
    Terima kasih kak.

    • Kalau pas kena air langsung dinyalain, kemungkinan konsleting ya.
      Wah untuk harganya kurang tahu ya untuk saat ini, itu udah laptop lama banget kan ya?

      • laptop itu saya beli ditahun 2018 , udah ketukang service katanya si engga bisa dibenerin kak , nah disini saya bertanya sama kakak , kira kira sekitaran berapa kak ? dari pada engga kepakai mending saya buat tambahan beli laptop baru lagi.

  4. Laptop saya merk hp amda layarnya hidup sebelah, sistem normal tapi batrenya juga rusak. Prakira total service maksimal 1,5juta. Kira² kalo dijual berapa ya??

    • Saya kemarin juga baru jual kak, hampir mirip speknya dengan laptop tersebut, saya jual harga 850k.
      Tapi saya jual dengan teman, untuk harga di luar tersebut mungkin bisa lebih tinggi sedikit, tapi bisa juga lebih rendah.

  5. Mas leptop saya asus A450cc mati total.. kata tukang servis ada yg bilang yg rusak batrenya.. ada yg bilang lg motherboard nya. Kira2 klo d jual laku brapa?

  6. Assalamualaikum, selamat malam kak. Mau nanya nihh aku punya notebook acer aspire E 11. Kerusakannyaa ada di tombol on lampu birunya hidup nyala gitu jadi notebook nya ga bisa hidup. Dulu udah pernah diservice sekitaran 1 setengah tahun trus balik kaya gitu lagi. Sepenelitian aku kendala nya terletak ditombol on nya selain itu semuanya masih bagus termasuk casan. Kalo dijual kira” brp yah kak?
    Sebelumnya terimakasih banyak🙌

  7. Laptop saya asus. Mati total dan keyboard nya juga ada yg ngk fungsi

    Kira kira hemat mana .. beli bekas atau service dlu

  8. mas laptop acer N214 sy udah mati total terakhir krn instal app line. gada kerusakan lain sih. cuma body udh ga mulus aja. itu bisa dijual lagi ga?

        • Jogja banyak sih mbak.
          Kalau beli bekas jangan di toko (saran saya), lebih baik beli ke orang yang mau jual aja.
          Kalau beli baru itu lebih bagus lagi, soalnya barangnya terjamin.

    • Hmm, penawaran setiap orang mungkin berbeda ya.
      Jadi, silahkan langsung coba tawarkan ke penjualnya saja, biar dapat harga yang pas. Jangan sampai malah tanya “ini kalau dijual harganya berapa?” bisa-bisa malah dapat harga murah.

  9. Kak laptopku lenovo, tapi rusak. Pas dinyalain layarnya hitam sebelah kiri, sebelah kanan garis2. Batasnya pas sejajar posisi kamera. Itu rusak apa nya yaaa.

      • Itungannya itu rusak parah ga kalo LCD, brrti ga bisa masuk safe mode ya? Mau jual tapi belum hapus file2 di dalamnya. Ada cara ga ka?

        • Bisa dikatakan cukup parah.
          Kalau kasusnya cuma rusak LCD, harusnya tetap bisa masuk Safe Mode, masuk Windows pun seharusnya tetap bisa.
          Kalau mau hapus file-file pada laptop tersebut, bisa pake monitor aja buat lihat display-nya.

  10. Assalamu’alaikum
    Laptop saya acer aspire 5736z, awalnya black screen trus pas service katanya hardisk nya yg rusak, kira2 kalo jual laku brp ya?
    Sudah pernah instal ulang tp brp bulan black screen lagi. Terima kasih 🙏

    • Wa’alaikumussalam.
      Kalau hardisk rusak, walau diinstall ulang tetap bakal kayak gitu, harus ganti.
      Untuk harganya saya pribadi nggak bisa jawab ya, mohon maaf.

        • Sebenarnya sesuai kebutuhan sih.
          Kalau perlu program / aplikasi yang berat-berat, kayaknya lebih baik beli baru deh. Soalnya spek laptop itu udah cukup jadul.

  11. kak, laptop saya lenovo, chipsetnya kebakar, kalo disuruh ganti mobo, mending diganti apa beli baru? trus kalo ganti mobo itu bakal ngembalikan file yang di memory laptop ga si?

    • Kalau yang rusak mobo mending ganti aja.
      Perkara file, itu urusannya sama hardisk sih. Jadi ambil aja hardisknya terus copy datanya ke laptop lain.

  12. Mas, saya punya notebook asus x200m/x200ma (agak lupa tapi antara 2 itu) beli tahun 2016. Nah notebook saya ini ada beberapa masalah mas :
    1. Dulu keyboardnya pernah ketumpahan kuah soto anget, abis itu beberapa tombol keyboard yang kena airnya eror gak bisa buat ngetik tapi lain hari keyboardnya normal lagi tapi sekarang eror lagi.
    2. Baterainya suka gak bisa dicharge, kalau dicharger nggak penah mentok 100%, kadang notebooknya nggak nyala kalau nggak sambil dicharger.
    3. Pinggiran layarnya ada garis putih.
    4. Terus tadi malem pas mau nyalain notebooknya blank abu garis2 mas, abis itu jadi blank putih. Udah aku sleep sama on off hasilnya tetep sama. Yang terakhir malah layarnya gak nyala sama sekali.
    Kira2 itu rusak bagian apanya ya mas?
    Kalau servis habis berapa?
    Atau kalau dijual laku berapa ya kira2?

    • 1. Kalau beberapa tombol udah nggak berfungsi, lebih baik langsung ganti keyboard saja.
      2. Itu tanda-tanda baterai udah mulai drop, bisa ganti juga.
      3. Kemungkinan LCDnya udah kena. Nggak ganti dulu juga gpp, selama nggak ganggu fokus mata ke layar.
      4. Coba sambil di charge, mau nyala apa nggak.

      Kalau mau hidup tapi nggak bisa masuk Windows, coba install dulu aja.

  13. Udah sambil dicas cuma blank putih polos mas, gak bisa diapa2in.
    Udah ditanyain ke 2 tempat servis komputer katanya yang rusak LEDnya. Terus kalau mau servis lcdnya 785 ribu, keyboardnya 225 ribu, baterai 600 ribu, total servis kurang lebih 1 juta 600an. Terus pas tanya harga jual katanya cuma 200 ribu/300 ribu soalnya rusak banyak.
    Dulu harga belinya 3 juta 100 ribu, mending diservis habis 1 juta 600 ribu atau beli dijual tapi laku 200 ribu/300 ribu ya mas?
    Itu spesifikasinya 2 gb/500 gb intel celeron tahun 2016 masih worth it gak ya mas misalnya buat kuliah jurusan hukum/komunikasi 4 tahun ke depan?

    • Kalau dibenerin udah nggak worth it banget itu.
      Solusi terbaik tetap ganti laptop, mengingat masih dibutuhkan 4 tahun kedepan.

      • Ok mas, terimakasih saran dan artikelnya, bermanfaat banget buat orang awan kaya saya tentang laptop. 😊

  14. Mau tanya notebook saya merek acer,tiba2 mati dan saat di cas lampu indikatornya ngak nyalah.
    Kira2 klo di jual itu laku brpa ya?

  15. Assalamualaikum.. mas, laptop saya Asus tipe N46VJ, rusak pada speaker, engsel, ketika laptop dihidupkan keluar Bnyak tulisan trus begitu, kl ga dimatikan ga berhenti, kira2 rusaknya apa nya ya mas?

    • Wa’alaikumussalan.
      Banyak tulisan kayak gimana? Blue screen kah?
      Kalau blue screen, coba bersihkan RAM pake penghapus karet.

  16. Kak saya punya notebook asus. Kemarin habis kena air hujan. Setelah dibawa ke tempat service katanya mainboard koslet terus biaya perbaikan 400k. Sama keyboard rusak total kalo ganti baru 350k.
    Nah itu baiknya diservice apa ganti baru ya kak?

  17. Ka laptop saya asus a3 trus btrenya tanam rusak cassnya juga rusak aku juga blom nanyak ke tukanh service. Kata tmn aku klo batre tanam rusak gabisa diperbaiki bisanya harus ganti laptop gitu ka. Trus keyboardnya juga rusak ka .Gimana ka ?
    mending dijual apa diservuce dlu br dijual yg intinya ga rugi2 amat ka

  18. Assalamu’alaikum, kak mau tanya, kira2 berapa harga laptop Asus x441s yang baterai tanamnya rusak ya? Kalo tuker tambah enaknya ganti merk apa nggak ya kak?
    Makasih kak

    • Untuk laptop Asus x441s kayaknya agak susah deh kalau tukar tambah, soalnya speknya masih rendah, ditambah lagi baterai tanamnya rusak.
      Kalau posisinya masih normal, bisa coba ganti baterainya aja, terus dipakai lagi kalau masih memungkinkan.

  19. Kak saya mau jual laptop saya Asus a555l kerusakan di RAM bawaan mati ..
    Keyboard ada yg tidak kebaca
    Lokasi syaa di Ngawi jatim

    • Mohon maaf, saya tidak menerima jual/beli laptop.
      Jika memang mau dijual, bisa melalui group terkait di wilayah Anda.

  20. mas.. saya mau minta pendapat..
    kalo misalkan laptop toshiba saya engsel nya patah.. jadi layarnya mati nyala tapi harddisk masih bisa.. cuma masalah engsel sisi kiri patah..
    kira kira kalo dijual berapa ya ?
    makasih

    • Kalau spek laptopnya masih mumpuni untuk digunakan, saya pribadi lebih memilih untuk memperbaiki engselnya.
      Tapi ya itu, memperbaiki engsel terbilang nggak pasti, soalnya sparepartnya nggak pasti cocok antara laptop A dengan laptop B. Jadi harus dicarikan yang benar-benar cocok dulu, baru bisa diganti.
      Kalau misal mau dijual sih udah pasti lumayan turunnya.

  21. Halo mas Charis, laptop saya Acer Swift 3 core i5, baru aja ketumpahan kopi. Kata pihak servis center resminya, kerusakannya ada di mainboard, yg selamat cuma LCD nya aja. Jadi kalau mau diservis ya seharga beli baru, lebih mahal malah. Masih ada garansi si, cuma kan jenis kerusakannya termasuk yg gabisa tercover garansi. Sebetulnya mau saya coba bawa ke servis biasa dulu, siapa tau biaya servisnya jauuuuh lbh murah. Tapi, kalau saya mau jual aja, kira2 bakal dihargain di kisaran berapa ya? Terima kasih.

    • Kalau mau dijual eceran, pisahin dulu hardware yang sekiranya masih bisa dipake, lakukan pengecekan juga untuk memastikannya masih berfungsi.
      Hardware yang biasa dijual ecer biasanya LCD, Hardisk, sama RAM.
      Tapi kalau ada hardware lain yang sekiranya masih bisa dijual ya dijual aja, coba dulu.

Komentar ditutup.