Cara Mengatasi No Internet Access

Cara Mengatasi No Internet Access

Perangkat komputer dan laptop dapat terhubung dengan jaringan internet melalui beberapa cara, diantaranya adalah melalui LAN dan WiFi. Kedua media tersebut merupakan yang paling sering digunakan karena kemudahannya.

Namun, dibalik itu terdapat masalah yang sering muncul yaitu No Internet Access atau muncul tanda seru pada icon PC atau icon WiFi. Hal ini tentu akan menjadikan komputer dan laptop tidak bisa terhubung dengan internet.

Padahal, kalau dilihat dari iconnya, perangkat kita sudah terhubung dengan jaringan tersebut. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Bagaimana cara mengatasi No Internet Access pada Windows dan menghilangkan tanda seru agar perangkat dapat terhubung dengan internet?

Cara Mengatasi Tanda Seru No Internet Access

Ada beberapa langkah yang bisa digunakan untuk mengatasi no internet access ini. Saat ini saya sering mengalami masalah no internet access. Jadi, setiap menghidupkan laptop, saya harus mengatasinya agar tanda seru pada network access internet bisa hilang.

Berikut ini langkah mengatasi no internet access pada Windows (saya sering menggunakan cara pertama).

Mematikan Koneksi

Cara ini memang terbilang paling mudah, tapi memang terbukti berhasil. Setiap hari, saya melakukan hal ini agar bisa terhubung ke internet, karena laptop saya selalu mengalami masalah ini setiap dihidupkan. Masalah ini disebabkan karena modem atau jaringan LAN yang ngadat, jadi tidak bisa langsung terhubung ke internet.

  • Pertama, Anda buka Control Panel dan ubah View by menjadi Small icons (lihat gambar dibawah).
  • Setelah itu, pilih Network and Sharing Center.
    Cara Mengatasi Tanda Seru Pada Wifi
  • Jika sudah, pilih Change adapter settings pada sisi kanan.
    Cara Memperbaiki No Internet Access
  • Klik kanan pada jaringan yang Anda gunakan, kemudian pilih Disable untuk mematikan sementara koneksi internet.
    Cara Menghilangkan Tanda Seru Laptop
  • Langkah terakhir adalah menghidupkan kembali koneksi internet. Caranya, klik kanan pada jaringan yang Anda gunakan, lalu pilih Enable.
  • Selesai.

Dengan mengikuti langkah ini, harusnya Anda sudah berhasil terhubung dengan internet. Namun jika ternyata masih belum berhasil, silahkan lanjut dengan cara berikutnya.

Memeriksa Settingan Modem

Bagi pengguna modem, masalah no internet access ini juga sering terjadi. Terlebih bagi yang menggunakan modem HiLink. Pengalaman saya menggunakan modem Huawei E3276 juga seperti itu, setiap laptop dinyalakan, selalu ada tanda seru pada icon wifi.

Masalah ini muncul karena modem menggunakan settingan defaultnya. Untuk mengatasinya, kita hanya perlu mengubah APN pada modem sesuai dengan provider yang digunakan. Berikut adalah langkahnya.

  • Pertama, ketikkan 192.168.1.1 pada Google Chrome, maka akan muncul tampilan HiLink.
  • Jika sudah, klik Settings > Dial-up > Profile Management.
  • Untuk membuat APN baru, silahkan klik New Profile.
    Cara Mengatasi Modem No Internet Access
  • Selanjutnya isi APN sesuai provider yang digunakan. Atau saran saya, buat APN sendiri saja, bagian Profile name isi bebas, bagian APN isi internet, sedangkan User name dan Password silahkan dikosongkan saja.
    Cara Mengatasi Modem Tanda Seru
  • Jika sudah, gunakan profile yang baru dibuat. Caranya klik Profile name pada Profile Management lalu pilih profil tadi, jika sudah klik Apply.
  • Selesai.

Itulah beberapa cara mengatasi no internet access pada Windows. Saya hanya memberikan dua cara karena cara itulah yang sering saya gunakan dan terbukti berhasil. Mungkin masih ada cara mengatasi tanda seru pada Windows lainnya yang belum saya coba.

Mungkin hanya ini saja artikel yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan dapat membantu Anda mengatasi masalah internet pada laptop dan komputer Anda.

Seorang pembelajar dari Magelang, Jawa Tengah yang suka dengan komputer dan menulis blog.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *