Cara Agar Laptop Tidak Sleep

Cara Agar Laptop Tidak Sleep

Secara default, Windows akan secara otomatis mematikan layar jika tidak ada aktivitas dalam waktu tertentu. Sebagai penggunanya, kita tentu bisa mengatur berapa lama agar laptop mati ataupun mengatur agar laptop selalu menyala.

Setiap orang pasti memiliki keperluan yang berbeda-beda. Bagi Anda yang sering memantau grafik ataupun statistik menggunakan laptop, tentu memerlukan layar laptop yang selalu menyala.

Berbeda lagi dengan Anda yang menggunakan laptop sekadar untuk menulis atau mengerjakan tugas. Pasti memilih mengatur sleep otomatis dengan alasan agar baterai lebih awet.

Cara Agar Laptop Tidak Mati Sendiri

Untuk mengatur laptop agar tidak sleep otomatis, kita bisa menggunakan 2 cara, pertama tanpa aplikasi dan yang kedua menggunakan aplikasi. Bagaimana caranya? silahkan simak penjelasan di bawah ini.

Tanpa Aplikasi

Windows memang sudah memberikan fitur untuk mengatur pengaturan sleep ini. Jadi, kita bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan kita.

  • Pertama, klik kanan pada icon baterai dan pilih Power Options.
  • Setelah masuk ke Power Options, silahkan pilih Change when the computer sleeps.
    Cara Agar Laptop Tidak Mati Sendiri
  • Pada Turn off the display dan Put the computer to sleep, silahkan ubah menjadi never semua.
    Cara Agar Laptop Tetap Hidup
  • Selesai.

Untuk pengguna komputer, karena tidak ada icon baterai, maka silahkan klik Start > ketikkan Power Options > lalu setting seperti cara yang sudah saya paparkan di atas.

Dengan Aplikasi

Menurut saya, cara pertama masih kurang efektif karena langkahnya bisa dikatakan lumayan panjang. Nah, untuk mempersingkat waktu, kita bisa menggunakan aplikasi bernama Caffeine. Silahkan unduh terlebih disini > unduh Caffeine.

  • Setelah aplikasi dijalankan, maka akan tampil di Icon Tray.
  • Agar laptop tidak sleep otomatis, silahkan double klik sampai cangkirnya penuh (berwarna putih).
    Cara Agar Laptop Tetap Menyala
  • Jika Anda ingin laptop sleep otomatis, silahkan double klik lagi icon tersebut sampai cangkirnya kosong (warna putih tadi hilang).
    Cara Agar Layar Laptop Selalu Hidup
  • Selain itu, Anda juga bisa mengatur manual, mau diaktifkan berapa lama dan dinonaktifkan berapa lama, sesuaikan kebutuhan saja.
    Cara Agar Laptop Selalu Menyala

Nah, kira-kira seperti itulah cara agar laptop selalu menyala.

Kalau menurut saya, cara yang kedua jauh lebih praktis dan tidak memakan banyak waktu. Kita tidak perlu membuka banyak jendela, cukup klik icon tray sudah bisa mengaturnya.

Mungkin hanya ini saja artikel yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Seorang pembelajar dari Magelang, Jawa Tengah yang suka dengan komputer dan menulis blog.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *