Printer Canon IP2770 Error 5B00

Printer Canon IP2770 Error 5B00

Ada banyak masalah yang bisa terjadi pada printer, salah satunya adalah Error 5B00. Masalah ini dapat muncul pada hampir semua printer. Namun, yang akan saya bahas kali ini adalah masalah Error 5B00 pada Printer Canon IP2770.

Printer merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mencetak file, biasanya dalam bentuk dokumen. Perangkat ini sudah tidak asing lagi bagi kita semua, terlebih untuk para pekerja kantoran yang tidak jauh dari yang namanya dokumen.

Printer memang dapat memudahkan pekerjaan manusia, namun bisa juga sedikit menyulitkan. Kenapa menyulitkan? Karena sering munculnya error-error pada printer, seperti contoh Error 5B00 pada Canon IP2770.

Penyebab Error 5B00 pada Printer

Biasanya, error 5B00 terjadi karena ink absorter dan limbah pad yang hampir penuh. Hal ini akan menyebabkan terhambatnya proses print, bahkan biasanya proses akan terhenti atau macet. Masalah 5B00 ini sering dijumpai muncul pada printer Canon IP2770, Canon MP287, Canon MG2870, Canon G2000, ataupun merk printer lainnya.

Ketika printer mengalami error, biasanya akan memberikan indikasi seperti lampu yang berkedip-kedip. Bukan hanya itu, printer juga akan memberikan notifikasi pada layar komputer jika terjadi error. Seperti contoh di bawah ini yaitu printer sedang mengalami Error 5B00.

Tampilan error dari masalah 5B00 adalah seperti gambar di atas. Tampilan error yang muncul pada printer Canon sama saja, paling yang membedakan cuma nomor serinya saja.

#Service Tool IP2770

Dari pihak Canon sendiri memang sudah menyediakan penawar untuk mengatasi masalah Error 5B00, yaitu dengan Service Tool atau Software Resetter. Ada beberapa versi yang sering digunakan dan berhasil mengatasi masalah ini.

Berikut adalah software Service Tool untuk mengatasi printer Canon yang error, silahkan diunduh semua ya.

Untuk pertama kali, silahkan Anda gunakan Service Tool versi 1074 terlebih dahulu. Namun kalau ternyata tidak bisa atau ketika proses reset mengalami not responding, silahkan ulangi menggunakan Service Tool versi 3400.

Kebanyakan pengguna sudah berhasil memakai Service Tool v1074. Namun ada juga yang harus menggunakan Service Tool v3400 agar printer Canon tidak error 5B00 lagi. Jadi, silahkan sesuaikan saja mana yang bisa digunakan pada laptop atau komputer Anda.

Cara Memperbaiki Printer Canon Error 5B00

Langkah Pertama » Untuk mengatasi printer Canon IP2770 yang mengalami error 5B00, kita akan melakukan flashing BIOS pada printer. Namun, sebelumnya kita harus masuk ke service mode terlebih dahulu agar nanti sukses ketika proses flashing.

Di bawah ini adalah langkah untuk masuk BIOS printer Canon:

  1. Berikan arus listrik pada printer dengan mencolokkan kabel power ke aliran listrik tanpa menyalakan printer tersebut (Ingat, jangan nyalakan printer, cukup mencolokkan kabel power printer saja).
  2. Tekan tombol RESUME selama dua detik sambil menekan tombol POWER sampai lampu indikator menyala hijau.
  3. Jika lampu indikator sudah berwarna hijau, lepas tombol RESUME namun tombol POWER tetap ditekan.
  4. Tekan lagi tombol RESUME sebanyak 5 kali (caranya dengan menakan tombol lalu lepaskan, sebanyak 5 kali).
  5. Jika sudah ditekan sebanyak 5 kali, lepaskan kedua tombol secara bersamaan, maka akan diikuti dengan lampu indikator yang berkedip dan menyala hijau.
  6. Setelah melakukan langkah ini, biasanya komputer atau laptop akan mendeteksi printer sebagai perangkat baru, namun tidak masalah dan cukup dibiarkan saja.

Setelah melakukan langkah di atas, maka printer Anda sudah masuk ke service mode. Sekarang, Anda bisa melakukan reset atau flashing agar printer bisa digunakan kembali.

Langkah Kedua » Langkah untuk reset printer Canon ini tidaklah rumit. Sebelumnya, silahkan siapkan beberapa lembar kertas untuk proses print saat melakukan reset nanti. Kertas ini akan digunakan untuk print atau digunakan untuk mengetahui kalau proses reset berhasil atau tidak.

Di bawah ini adalah langkah reset printer Canon:

  1. Extract file yang diunduh tadi, lalu buka aplikasi Service Tool.
  2. Klik Main, secara otomatis printer akan melakukan print dengan hasil D=000*0
  3. Jika proses print sudah selesai, silahkan klik EEPROM Clear seperti yang saya tandai nomor 2.
  4. Langkah terakhir, silahkan klik EEPROM, maka secara otomatis printer akan melakukan print dengan hasil tulisan yang banyak. Namun, yang terpenting terdapat tulisan TPAGE(TTL=00000)
  5. Jika terdapat tulisan tersebut, maka printer Anda sudah berhasil direset dan dapat digunakan kembali.
  6. Selesai.

Dengan melakukan langkah ini dengan benar, seharusnya printer Canon IP2770 milik Anda sudah bisa digunakan dengan normal. Setelah melakukan langkah di atas, alangkah lebih baik Anda merestart komputer dan printer Anda terlebih dahulu.

Jika ada masalah pada aplikasi Service Tool seperti not responding, silahkan ulangi lagi dengan menggunakan Service Tool yang versi 3400. Karena memang ada komputer yang not responding ketika menggunakan Service Tool versi 1074.

Permasalahan pada printer memang sangat beragam, salah satunya yang dibahas pada artikel ini. Selain itu ada juga permasalahan lain yang sebenarnya penyebabnya sangat sepele, yaitu footer tidak tercetak saat di print.

Mungkin hanya ini saja artikel yang dapat saya sampaikan mengenai cara mengatasi Error 5B00 pada Canon IP2770. Semoga artikel singkat ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *