BukuWarung

Permasalahan yang kerap dihadapi para pemilik UKM maupun warung adalah ketidakdisiplinan dalam mencatat transaksi. Padahal, pencatatan arus keuangan sangat penting di dalam bisnis. Untuk itulah tercipta aplikasi BukuWarung untuk mempermudah pencatatan tersebut.

Seringkali kerugian yang dialami pemilik warung bukan hanya karena ketidakdisiplinan saja, tetapi juga kesalahan dalam penghitungan laju uang keluar masuk. Hal ini bisa dihindari dengan memakai teknologi digital yang mudah digunakan.

Nah, bagi Anda para pemilik UKM ataupun warung yang sebelumnya tidak memiliki catatan keuangan, BukuWarung menawarkan solusi pembukuan sederhana dan gratis. Tertarik? Simak ulasan berikut ini.

Apa Itu Aplikasi BukuWarung?

Aplikasi BukuWarung

Aplikasi ini adalah alat yang diciptakan untuk mempermudah pencatatan transaksi, seperti utang dan piutang, pemasukan serta pengeluaran lainnya. Segala hal yang berkaitan dengan kegiatan keluar masuk uang akan dicatat di dalam aplikasi digital ini.

Fitur Aplikasi BukuWarung

Sebagai sebuah alat pembukuan bagi UKM maka tentunya fitur yang di sediakan disini menyesuaikan kebutuhan penggunanya. Ada fitur pencatatan utang piutang, pencatatan penjualan, pencatatan pemasukan dan pengeluaran serta masih banyak lagi.

Dengan menggunakan aplikasi BukuWarung, Anda juga dapat mengetahui siapa saja yang berutang di warung Anda dan Anda bisa melayangkan tagihan jika sudah jatuh tempo. Bahkan laporan transaksi pun bisa Anda unduh lewat bentuk PDF.

Cara Menggunakan Aplikasi BukuWarung

Untuk menggunakan aplikasi BukuWarung, Anda tidak perlu ribet melakukan instalasi ataupun setup aplikasi. Semuanya bisa Anda lakukan dengan mudah dan cepat.

Unduh di Google Play Store

Anda memang harus memiliki smartphone untuk bisa menggunakan aplikasi ini. Caranya mudah, Anda tinggal masuk ke laman PlayStore dan mengetik di papan pencari dengan nama BukuWarung. Setelahnya, Anda tinggal mengunduh seperti yang biasa Anda lakukan dengan aplikasi yang lain.

Atau kalau mau lebih mudah, bisa download melalui link Google PlayStore di bawah ini:

Mendaftar BukuWarung Gratis

Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda tinggal klik ikon aplikasi, dan masuk ke menu utama. Selanjutnya Anda bisa mendaftar menggunakan nomor Hp. Di sana akan ada video tutorial yang bisa Anda saksikan untuk langkah selanjutnya.

Menambahkan Transaksi

Jika Anda sudah paham dengan tutorial yang Anda tonton, Anda sudah bisa mulai menambahkan pelanggan dan mulai mencatat transaksi harian, mingguan maupun bulanan Anda dengan mudah.

Kelebihan Aplikasi BukuWarung

Sebenarnya, Anda tidak perlu ragu ketika ingin menggunakan apikasi BukuWarung ini. Sebab, kelebihan yang dimiliki akan selalu mensupport pembukuan keuangan dalam bisnis Anda.

Berikut adalah beberapa kelebihan yang dimiliki aplikasi BukuWarung:

Jaminan Data Aman

Setiap data yang Anda catatkan di dalam aplikasi tidak akan hilang. Semuanya tersimpan di dalam server. Jadi Anda tidak perlu takut akan kehilangan data tersebut seperti ketika mencatat manual menggunakan buku.

Anda bisa mengaksesnya kapanpun ketika Anda membutuhkannya. Bahkan ketika Anda tidak memiliki akses internet, data bisa dibuka dengan cara offline.

Fitur Lengkap

Selain semua alat untuk mencatat jurnal tersedia, aplikasi ini juga memiliki pengingat tagihan yang harus dibayar pelanggan Anda. Tagihan tersebut akan otomatis dikirimkan ke pelanggan yang nomor SMS maupun WhatsApp-nya Anda daftarkan.

Jumlah tagihan juga otomatis diperbarui oleh sistem. Aplikasi ini membantu menagih dengan cara sopan dan modern.

Selain itu, jika Anda memiliki lebih dari satu bisnis, aplikasi ini menyediakan pembukuan ganda tanpa harus mengunduh aplikasi lagi. Aplikasi ini juga gratis dan Anda bebas menggunakan semua fiturnya tanpa bayaran, kecuali data internet saja yang terpotong.

Mudah Digunakan

Antar muka dan tampilan dari aplikasi ini memang di desain secara sederhana, sehingga siapapun bisa menggunakannya. Bahkan untuk mereka yang tidak terlalu paham teknologi, aplikasi ini bisa sangat membantu.

Keberadaan video tutorial yang ada di halaman muka juga sangat membantu. Semua orang bisa menggunakan aplikasi karya anak bangsa ini, baik yang memiliki usaha, maupun bagi yang hanya ingin mencatatkan transaksi personal mereka saja.

Memperbesar bisnis bukan hanya bicara masalah memperbanyak modal saja, tetapi juga terkait dengan ketelitian dalam mengelola keuangan. Pembukuan menjadi penting karena bisa mengontrol arus uang, dan aplikasi BukuWarung membuat semua itu lebih mudah dibandingkan cara tradisional.

Featured Image Credit:
Icon dibuat oleh Smashicons dari www.flaticon.com
Dimodifikasi oleh penulis.

Charis

Sekadar bocah dari Magelang, Jawa Tengah yang suka dengan komputer dan menulis blog.

Tinggalkan komentar