Struktur Komputer dan Fungsinya

Struktur Komputer dan Fungsinya

Pada kesempatan kali ini, kita akan belajar bersama-sama tentang pengertian struktur komputer serta fungsi komputer. Mungkin sudah banyak ya yang membahas materi ini, namun tujuan saya disini selain untuk berbagi adalah untuk menyimpan materi yang saya pelajari agar sewaktu-waktu bisa dibaca lagi.

Pengertian struktur komputer adalah cara-cara dari setiap komponen komputer yang saling terhubung. Secara sederhana, struktur komputer bisa digambarkan dalam diagram pada gambar di atas. Sedangkan pengertian fungsi komputer adalah masing-masing komponen sebagai bagian daripada struktur.

Struktur Komputer

Jika dilihat dari gambar di atas, maka terdapat susunan struktur komputer yang saling berkaitan. Dari setiap komponen, tentunya memiliki fungsi yang berbeda-beda. Berikut ini adalah fungsi dari struktur komputer tersebut.

1. Input Device

Input device atau perangkat masukan adalah hardware yang digunakan untuk memasukkan suatu data atau perintah ke sistem komputer. Perangkat keras ini tidak dapat bekerja sesuai fungsinya tanpa adanya software pendukung. Perlu diketahui, perangkat input terbagi menjadi dua jenis yaitu:

  • Perangkat input langsung adalah perangkat input komputer yang bisa langsung diproses atau digunakan tanpa adanya konfigurasi terlebih dahulu. Dalam hal ini, contoh perangkat input langsung adalah mouse dan keyboard.
  • Perangkat input tidak langsung adalah perangkat input komputer yang tidak bisa langsung digunakan, melainkan harus melalui proses tertentu. Dalam hal ini, contoh perangkat input tidak langsung adalah hardisk.

Ada banyak input device yang dapat digunakan pada komputer antara lain: keyboard, mouse, joystick, webcam, barcode scanner, finger print, flashdisk, trackball, touchpad, microphone, headphone, light pen, graphic pad, kabel data, card reader, CD/DVD rom dan masih banyak lagi.

2. Output Device

Output device atau perangkat keluaran adalah hardware yang digunakan untuk menghasilkan keluaran seperti gambar, suara, ataupun dokumen hardcopy. Beberapa contoh output device yang sering digunakan adalah monitor, printer, plotter, ataupun speaker.

Contoh sederhananya adalah penggunaan printer. Printer merupakan sebuah perangkat output device yang digunakan untuk mencetak dokumen. Sedangkan dokumen hardcopy tersebut merupakan output yang dihasilkan oleh printer.

3. I/O Ports

Port I/O adalah suatu port dimana setiap port I/O di bawah control processor. Jadi mudahnya, port ini adalah port yang sering digunakan untuk memasang perangkat tambahan seperti flashdisk ataupun yang lainnya.

Adapun macam-macam port I/O adalah sebagai berikut:

  • Port Parallel adalah port yang memiliki kemampuan transfer data dengan kecepatan 200kb/s. Port ini dapat digunakan oleh hardware seperti printer ataupun scanner.
  • Port Serial adalah port yang memiliki kemampuan transfer data dengan kecepatan yang lebih rendah daripada port parallel. Port ini dibedakan menjadi dua, yaitu COM1 dan COM2. Yang membedakan adalah, kabel connector COM 1 menggunakan 9 pin, sedangkan untuk COM2 menggunakan 25 pin.
  • Port PS/2 adalah port yang sering digunakan untuk menghubungkan keyboard ataupun mouse ke komputer. Namun, saat ini port PS/2 sudah jarang ditemui pada keluaran komputer terbaru, karena sebagian besar sudah menggunakan USB.
  • Port USB atau Universal Serial Bus adalah port yang digunakan untuk device yang bekerja dengan transmisi data secara serial. Contoh device yang bisa menggunakan USB adalah flashdisk, keyboard dan mouse USB, serta perangkat lainnya.
  • Port VGA adalah port yang berhubungan langsung dengan monitor. Port ini biasanya terdapat di dalam cassing komputer. Fungsi dari port ini adalah untuk menambahkan kartu grafis pada komputer agar memiliki performa yang lebih.
  • Port Audio adalah port yang berhubungan langsung dengan audio device seperti speaker, radio, dan lain sebagainya.
  • Port LAN adalah port yang digunakan untuk komunikasi antar komputer. Dengan ini, maka setiap komputer bisa saling bertukar informasi.

4. CPU

CPU atau Central Processing Unit adalah perangkat keras atau hardware yang berfungsi sebagai pemroses data utama pada suatu komputer. CPU juga bisa diartikan sebagai hardware yang berfungsi menerima dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak atau software.

CPU juga bisa disebut dengan otak komputer karena perangkat ini mengatur seluruh aktivitas serta jalannya program dan aplikasi di dalamnya. Tanpa adanya CPU, maka komputer tidak akan bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

5. Memori

Memori adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menyimpan data atau informasi pada komputer yang bersifat sementara ataupun permanen. Dalam hal ini, memori terbagi menjadi 2 yaitu memori internal dan memori eksternal.

  • Memori internal adalah memori utama yang dapat diakses langsung oleh prosesor. Karena data yang disimpan pada memori bersifat volatile atau sementara, maka ketika tidak ada sumber listrik atau ketika kimputer dimatikan, maka datanya akan hilang. Biasanya, data yang disimpan dalam memori ini adalah program dan data.
  • Memori eksternal adalah memori tambahan yang berfungsi sebagai tambahan untuk menyimpan data atau program namun bersifat permanen atau non volatile. Ada beberapa jenis memori eksternal yang sering digunakan, yaitu: hardisk, flashdisk, dan floppy disk.

6. Data Bus

Data bus adalah jalur perpindahan data antar modul pada sistem komputer. Pada suatu saat tertentu, biasanya masing-masing saluran hanya bisa membawa 1 bit data. Oleh karena itu, jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Data bus biasanya terdiri dari 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.

7. Address Bus

Address bus adalah jalur yang digunakan untuk menandakan lokasi sumber atau tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang ditulis dan dibaca. Address bus biasanya terdiri dari 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel.

8. Control Bus

Control bus adalah jalur yang digunakan untuk mengontrol penggunaan dan akses data ke Data Bus maupun Address Bus. Control bus biasanya terdiri dari 5 sampai 10 jalur paralel.

Itulah artikel mengenai struktur komputer, lebih tepatnya pengertian struktur komputer dan fungsi komputer. Mungkin hanya ini saja artikel yang dapat saya sampaikan. Semoga artikel singkat ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *