Pengertian dan Fungsi HTML

Pengertian dan Fungsi HTML

Mungkin, anak TKJ sudah pada tahu ya apa itu HTML? Ya, karena di TKJ ada sebuah pelajaran pemrograman WEB yang menggunakan bahasa dasar yaitu HTML. Kita disuruh membuat website sederhana menggunakan bahasa ini.

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit penjelasan seputar HTML, lebih tepatnya pengertian dan fungsinya. Ya walaupun sudah pada tahu semua tidak apa-apa lah, lagi pengen nulis juga soalnya.

Apa Itu HTML?

HTML merupakan singkatan dari Hypertext Markup Language yaitu sebuah bahasa pemrograman dasar yang digunakan untuk membuat atau mendesain suatu website. Website yang telah dibuat bisa diunggah di internet dan ditampilkan menggunakan browser.

Di HTML, ada bermacam-macam perintah yang menghasilkan output yang berbeda-beda pula. Contoh sederhananya adalah sebuah link. Jika kita tulis <a href=”https://www.charis.id/”>text yang akan ditampilkan</a> maka hasilnya text yang akan ditampilkan.

Apa Fungsi HTML

Secara umum, fungsi HTML adalah mengelola rangkaian data yang berasal dari kode HTML sehingga bisa ditampilkan melalui web browser. Untuk contoh mudahnya adalah membuat sebuah dan mendesain website.

Namun, kalau untuk mendesain tidak bisa menggunakan HTML saja. Ya sebenarnya bisa sih, cuma hasilnya kurang maksimal. Agar lebih maksimal, biasanya web designer akan memadukannya dengan Java Script ataupun CSS.

Itulah sekelumit artikel mengenai HTML yang bisa saya sampaikan. Jika terdapat kesalahan dalam penjelasan maupun penulisan mohon dimaafkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *